Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits

Lafadz Doa Menjenguk Orang Sakit – Pengertian tentang Sakit adalah suatu keadaan dari kondisi badan atau sebagian dari Organ Badan Manusia dimana Fungsinya sedang terganggu sehingga membuat keadaan menjadi tidak menyenangkan dan dapat mengganggu aktivitas Seseorang baik itu Aktivitas Jasmani maupun Aktivitas Rohani. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa Sakit bisa datang ke semua Manusia baik itu Laki – Laki dan Perempuan sehingga sangat baik sekali bagi kalian Umat Islam untuk selalu menjaga kesehatan dan pola hidup kalian, agar bisa terhindar dari berbagai macam Penyakit.

Namun terlepas dari itu semua jika terdapat Orang Tua, Saudara, Teman dan Tetangga Muslim yang sedang mengalami Sakit, maka kita semua Sebagai Masyarakat Muslim (Umat Islam) telah diwajibkan untuk mengunjungi dan menjenguk nya. Hal tersebut dikarenakan menjenguk orang yang sedang sakit itu termasuk kedalam Amalan Shaleh dan termasuk kedalam Perbuatan Yang Mulia sehingga sudah tentu didalamnya terdapat Keutamaan yang banyak serta akan mendapatkan Pahala yang besar. Selain itu Hukum Menjenguk Orang Sakit telah disunnahkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam kepada Umat Islam.

Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Hak Seorang Muslim atas Muslim lainnya itu ada Lima yakni : Menjawab Salam, Menjenguk Muslim Yg Sakit, Mengantar Jenazahnya, Memenuhi Undangan dan Mendoakan Yg Bersin (Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih dari Abu Musa Al Asy’ari RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Berilah makan oleh kalian orang yg lapar, jenguklah orang yg sakit dan bebaskan tawanan Muslim (Hadits Shahih Riwayat Al Bukhari) ”.

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah dan Hadits

bacaan doa menjenguk orang sakit didalam ajaran islam

Dengan melihat Kedua Hadits Shahih diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa menjenguk sesama Muslim yang sedang sakit merupakan termasuk kedalam kewajiban kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah, apalagi jika Seseorang Muslim yang Sakit tersebut masih Saudara, Teman dan Tetangga maka sudah seharusnya kita menjenguk mereka. Dan salah satu Adab Menjenguk Orang Sakit adalah dengan mendoakan Seseorang yang sakit tersebut, oleh karena itu dibawah ini telah saya buatkan kepada kalian Kumpulan Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits Shahih yang bisa kalian amalkan ketika Menjenguk Orang Sakit.

1. Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit

doa saat menjenguk orang sakit didalam ajaran islam

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit tersebut bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian sedang menjenguk Tetangga, Teman, Sanak Keluarga dan Seseorang Muslim – Muslimah yang sedang sakit. Dan perlu kalian ketahui bahwa Bacaan Doa Saat Menjenguk Orang Sakit diatas merupakan bacaan doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam ketika kalian menjenguk orang sakit, yang telah diriwayatkan oleh Bukhari dan At Tirmidzi serta Abu Daud.

2. Bacaan Doa Untuk Orang Sakit

doa untuk orang sakit didalam ajaran islam

Kemudian Bacaan Doa Menengok Orang Sakit diatas juga bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian menjenguk Orang Sakit. Terdapat Kisah Sahabat bahwa Abdul Aziz dan Tsabit pernah menemui Sahabat Anas bin Malik. Lalu Tsabit berkata pada Anas bin Malik berbunyi : ” Wahai Abu Hamzah (sebutan Anas), Aku Sedang Sakit ”. Lalu Anas bin Malik berkata : ‘ Maukah Aku Meruqyah (Menyembuhkan) Mu dengan Ruqyah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam ‘. Lantas Tsabit menjawabnya : ‘ Iya, Boleh ‘. Lalu Anas bin Malik membacakan doa diatas.

Itulah Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits Shahih, dan tentunya kalian bisa mengamalkan doa tersebut ataupun mengamalkan doa yang lain baik dengan Bahasa Arab ataupun dengan Bahasa Indonesia karena perlu kalian ketahui bahwa tidak ada Doa Bagi Orang Sakit yang khusus sehingga kalian boleh memilih doa mana yang akan dibacakan ketika menjenguk orang sakit, selain itu Allah Subhana wa ta’ala itu Maha Melihat, Maha Mengetahui dan Maha Mendengarkan sehingga akan selalu mendengarkan segala doa doa para hambanya.

Mungkin hanya seperti itu saja ulasan tentang Bacaan Doa Mengunjungi Orang Sakit dan semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim yang membutuhkannya. Dan sebagai tambahan informasi saja bahwa kalian (Para Pembaca Muslim) bisa membaca ulasan tentang Cara dan Niat Shalat Sunnah Hajat karena perlu kalian ketahui bahwa salah satu cara untuk memohon dan meminta kepada Allah Subhana wa ta’ala agar permintaan nya dikabulkan oleh Allah Subhana wa ta’ala ialah dengan mengerjakan Shalat Sunnah Hajat dan menjalani segala Perintah – Perintah serta menjauhi larang – larangan Allah Subhana wa ta’ala.

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadits | Rukun | 4.5