Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Arab Dan Artinya Lengkap

Sholat tahajud di malam hari begitu istimewa, terutama jika ditambah doa. Berikut ini bacaan doa setelah sholat tahajudSholat tahajud merupakan sholat yang cukup berat dilakukan karena diharuskan terjaga dimalam hari. Namun dibalik sulitnya menahan kantuk tersebut ternyata menyimpan rahasia Ilahi. Pada waktu pelaksanaan sholat tahajud merupakan  waktu dimana  turunnya Allah SWT dan Malaikat Jibril. Sholat yang disebut-sebut sebagai ibadah istimewa ini memang gampang-gampang susah dilakukan, maka ada baiknya ketika diberi kesempatan bisa memanfaatkan dengan benar. Salah satunya dengan berdoa, berikut bacaan doa setelah sholat tahajud 

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa merupakan senjata bagi orang yang beriman, bagaimana tidak ?. Hanya dengan menyempatkan waktu dan mengutarakan apa yang kita inginkan serta dilakukan berulang-ulang, pada saatnya Allah SWT Yang Maha Kuasa akan mengabulkan. Namun, perkara yang enteng ini kadang diacuhkan oleh banyak orang, pada hakikatnya, berdoa adalah kebutuhan manusia sebagai mahkluk Allah SWT. Jika ditelusuri kehidupan setiap makhluk, sumber utama kehidupan adalah Allah SWT. Sebagai contoh, aktifitas keseharian yaitu makan. Secara kasat mata memang nasi yang berasal dari  beras dibeli dari petani, beras didapat dari padi, padi memerlukan sawah, sawah dan tanahnya memerlukan air serta matahari, matahari perlu bahan bakar, dan begitu seterusnya. Semua makhluk bergantung dengan yang lain, berbeda dengan Allah SWT Yang Esa.

Mari kita renungkan, banyak dari kebutuhan kita yang tersedia tanpa kita minta. Udara yang bersih ditiap pagi, jari berjumlah 5 yang mempermudah setiap aktifitas, dua orang tua yang begitu menyayangi keluarga. Bukankah itu adalah sebagaian dari kebutuhan yang ada tanpa kita minta ?, dan begitu besar kasih sayang dan rahmat Allah SWT didalamnya, jika Allah mampu memberi segala kebutuhan tanpa diminta, bagiamana dengan keinginan maupun cita-cita ?. Dua hal tersebut merupakan kondisi manusiawi, hanya tinggal bagaimana mewujudkannya. Rupanya Islam sebagai agama yang rahmatal lil ‘alamin telah menyiapkan sebuah solusi, yaitu sholat tahajud.

Sangat perlu diketahui bahwa sholat tahajud merupakan salah satu ibadah yang memberikan manfaat baik secara jasmani maupun rohani. Sebagai contoh secara jasmani adalah adanya pasokan oksigen yang baru ketika bangun malam menjelang pagi serta kondisi air yang lebih menyegarkan. Secara rohani, sholat tahajud yang hening dilakukan akan menenangkan pikiran dan menjadi waktu khusus beroda.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sholat tahajud sangat istimewa, jika dilakukan secara rutin maka kemungkinan besar atas izin Allah SWT setiap doa yang dipanjatkan akan segera dikabulkan. Maka sangat perlu mengetahui bagaimana bacaan doa setelah sholat tahajud, berikut ini penjelasnnya.

Salah satu sholat sunah yang begitu dahsyat fadilahnya adalah sholat tahajud. Hal tersebut dikarena sholat ini dilakukan pada waktu ketika pada umumnya orang tidur. Menyempatkan untuk sholat disaat yang lain tidur adalah keputusan  baik, artinya orang tersebut menginginkan terus mengingat Allah SWT. Pandangan hidup tersebut nantinya akan mengetuk qadrat dan iradat Allah SWT agar memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya.

Pada dasarnya tidak ada tuntunan khusus dalam berdoa, khususnya setelah sholat tahajud. Namun pembahasan berikut ini diharapkan mampu menjadi acuan dalam memahami bagaimana  bacaan doa setelah sholat tahajud :

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Mulai dengan membaca basmallah dan surat Al Fatihah.

Segala sesuatu ada baiknya dimulai dengan membaca basmallah karena dalam bacaan tersbeut terdapat unsur tawakkal, artinya ketika berdoa dengan bacaan basmallah seseorang tidak memaksa Allah. Sebaliknya Ia lebih percaya keputusan Allah lebih baik.

Kemudian lanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah karena surat pertama ini mampu membuka segala macam tabir. Berikut ini bacaan keduanya :

surat Al Fatihah

Arti surat Al Fatihah

Lanjutkan dengan membaca istighfar sebanyak mungkin.

Karena hendak memohon dan meminta suatu hajat, maka baiknya berusaha merendah dengan beristighfar. Memohon ampunan dan maaf atas segala macam dosa, kesalahan dan kelalaian yang telah dilakuakan. Ada baiknya yang dibaca adalah sayyidul istighfar, karena istighfar jenis ini dianggap paling ampuh.

Berikut bacaannya :

sayyidul istighfar

sayyidul istighfar arti
Kemudian bacalah sholawat
Sholawat adalah pembuka langit ketujuh, dengan mambacanya sebelum berdoa diharapkan doa tersebut sampai ke Allah SWT. Berikut bacaannya :

bacaan sholawat

Bacalah doa berikut.

Berikut ini doa yang sering dibaca setelah sholat tahajud :

doa setelah shalat tahajud

Ucapkan apapun hajat yang diminta.

Setelah membaca doa tersebut, panjatkan segala doa yang diinginkan dengan bahasa apapun yang dimengerti. Allah SWT memiliki sifat Maha Mendengar, maka bahasa tidak menjadi masalah bagi Allah SWt dalam memahami keinginan hamba-Nya.

Akhiri dengan hamdalah.

Setelah usai,bacaalah hamdalah sebagai wujud syukur dan terima kasih telah diberi kesempatan untuk melaksanakan sholat tahajud dan kesempaan berdoa.
Berikut bacaannya :

Pembahasan bacaan doa setelah sholat tahajud diatas diharapkan mampu merubah pola pikir khalayak umum bahwa sholat tahajud dan doanya begitu besar manfaatnya dalam kehidupan pribadi maupun umat.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Arab Dan Artinya Lengkap | Rukun Islam | 4.5