Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Thursday, March 26th 2015. | Takbir Hari Raya

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bacaan Takbir Hari Raya – Hari Raya atau Lebaran itu ada dua didalam Agama Islam yaitu Hari Raya Idul Fitri (Pada 1 Syawal) dan Hari Raya Idul Adha (Pada 10 Dul Hijjah). Ketika sudah masuk waktu kedalam kedua Hari Raya tersebut di Sunah Muakkad kan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia baik Pria, Wanita, Musafir, Anak – Anak, Remaja dan Mukim untuk mengerjakan Shalat Hari Raya atau Shalat Id yg dimulai dari terbit Matahari sampai tergelincirnya.

Tetapi sebelum mengerjakan kedua Shalat Id ini disunahkan bagi setiap Muslim untuk membaca Bacaan Takbir dimalam harinya baik Takbir Idul Fitri maupun Takbir Idul Adha, hal tersebut seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi, ” Hiasilah Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) kalian dg memperbanyak membaca takbir ” dan seperti pada Kitab Fathul Qarib yang berbunyi, ”’ Disunnahkan membaca Takbir bagi Pria dan Wanita, dirumah maupun di perjalanan, di mana saja, dijalanan, di masjid dan juga di pasar – pasar mulai dari terbenamnya Matahari malam Idul Fitri hingga Imam melakukan Shalat id (Kitab Fathul Qarib) ”’.

Adapun Hukum Membaca Takbir Hari Raya adalah Sunah dan Manfaat Takbir Hari Raya ialah untuk melebur atau menghapus dosa – dosa anda, Keutamaan Bacaan Takbir Hari Raya tersebut seperti dituangkan didlm Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ”’ Perbanyaklah membaca Takbiran pada malam Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) karena hal itu dapat melebur dosa – dosa ”’.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Takbir Idul Adha

bacaan takbiran hari raya

Kami ingatkan kepada anda bahwa Bacaan Takbir Idul Fitri dan Bacaan Takbir Idul Adha itu sama Bacaan Takbiran nya sehingga anda tidak perlu bingung untuk membedakan Bacaan Takbir kedua Hari Raya ini dan untuk Bacaan Takbir Hari Raya sudah kami buat dibawah ini lengkap dg Terjemahan dan Artianya sekalian sehinggaa anda bisa dg mudah untuk menghafalkannya.

bacaan takbiran hari raya idul fitri dan idul adha


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Dan dibawah ini Untuk Terjemahan Lafal Takbiran Hari Raya nya

terjamahan bacaan takbiran hari raya

Kemudian untuk Artian Bacaan Takbir Hari Raya dalam Bahasa Indonesia ialah, ”’ Alloh Maha Besar (3 kali ), Tidak ada Tuhan melainkan Alloh, Alloh Maha Besar dan segalla puji bagii Alloh, Alloh Maha Besar dan Maha Agung dan segalla puji bagi Alloh. Maha Suci Alloh pd paggi dan petang, Tidak atau tiada Tuhan melainkan Alloh dan tidak ada yg kami sembah kecuali hanya Alloh, dg ikhlas kami beragama kepada-nya, walaupun orang – orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan Alolh sendirinya, benar janjinya dan Dia (Alloh) menolong akan hambanya dan dia mengusir musuh Nabi-nya dg sendirinya, tiada Tuhan melainkan Alloh, Alloh Maha Besar Alloh Maha Besar dan baginya segala puji ”’.

Sedangkan untuk Waktu Bacaan Takbir Hari Raya ini di mulai sebagai berikut, Untuk Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dimulai dari terbenamnya Matahari hingga Imam berdiri untuk mengerjakan Shalat Hari Raya Idul Fitri dan untuk Bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha sendiri dimulai dari Subuh pada hari Arafah tanggal 9 Dzul Hijjah (Ingat Idul Adha Tanggal 10 Dzul Hijjah) dan pada tiap – tiap Shalat Wajib yg 5 (Lima) waktu pada hari – hari di tanggal tersebut.

Itulah penjelasan yg bisa kami sampaikan kepada anda sekalian tentang Bacaan Takbiran Hari Raya dan perlu kami beritahukan kpd anda semuanya bahwa pada Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) setiap umat Muslim supaya atau disunahkan baik pria, wanita, anak anak besar ataupun kecil, tua ataupun muda untuk meramaikannya. Bahkan Wanita Haid pun dianjurkan untuk keluar ke Lapangan maupun depan rumah untuk ikut meramaikannya sekalipun mereka tidak bisa Shalat.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...