5 Cara Agar Hati Tenang dan Bahagia Secara Islam

Cara Agar Hati Tenang – Setiap Manusia yang hidup di Dunia ini pastinya pernah merasakan Bahagia, Sedih, mempunyai Masalah, Beruntung dan lain lain karena hal itu semua merupakan sesuatu yg sangat wajar bagi Kehidupan Manusia. Setiap Masalah dan Rejeki membuat Manusia Muslim menjadi lebih bertakwa dan bersukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena mereka sadar bahwa semua yg mereka dapatkan itu telah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, tetapi tak jarang pula setiap Masalah dan Keberuntungan malahan membuat Manusia Muslim menjadi menjauh terhadap Allah subhanahu wa ta’ala karena mereka memiliki sifat yg Sombong.

Dan yang paling buruk ialah jika Masalah Hidup malah membuat Seseorang Muslim menjadi resah, stress, menyerah dan tidak tenang dalam menjalani kehidupan mereka, dan dengan adanya Masalah itu mereka merasa bahwa hidup mereka benar – benar terbebani. Oleh karena itu jika terdapat Seseorang Muslim yg seperti itu, maka Seseorang tersebut sangatlah merugi karena mereka mudah menyerah dengan keadaan (masalah) tersebut dan menjadi bukti kuat bahwa mereka sebagai Seorang Muslim tidak ingat dan tidak sadar bahwa setiap Masalah dan Urusan itu telah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Didalam Ajaran Islam sendiri telah mengajar kepada Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim) bahwa ketika kita sedang merasakan Gundah, Sedih dan Hati Tidak Tenang karena suatu Masalah maka Islam mengajarkan kepada Setiap Muslim – Muslimah untuk kembali kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan tetap tabah serta kuat dalam menghadapinya karena setiap Masalah bukanlah akhir dari segalanya. Selain itu terdapat Cara Supaya Hati Tenang dan Bahagia yg bisa kalian lakukan dan amalkan, baik ketika sedang mengalami Musibah dan Masalah didalam Ajaran Islam seperti yang telah dijelaskan dibawah ini secara lebih detail.

5 Cara Agar Hati Tenang dan Bahagia Menurut Islam

cara agar hati tenang dalam islam

Langsung saja dibawah ini bisa kalian pahami Cara Hati Tenang dan Bahagia menurut Ajaran Agama Islam yang bisa kalian praktekan sendiri dirumah sebagai Seorang Muslim – Muslimah.

1. Menjaga Sholat Wajib Lima Waktu

Cara Agar Hati Tenang Yang Pertama ialah kembali pada Allah Subhanahu wa ta’ala, dengan cara selalu menjaga dan mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya. Hal ini dikarenakan Sholat Wajib Lima Waktu merupakan salah satu Rukun Islam, Kewajiban Seorang Muslim dan telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dikerjakan dan dilakukan. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala tentang Sholat Wajib Lima Waktu bisa kalian lihat didalam Al Qur’an, salah satunya didalam Surat Al Baqarah Ayat 43 berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, tunaikan’lah Zakat dan Ruku-lah bersama orang-orang yg ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”.

2. Memperbanyak Membaca Dzikir

Cara Membuat Hati Tenang Yang Kedua ialah memperbanyak Berdzikir kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena maksud dari Berdzikir sendiri ialah selalu mengingat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Perlu kalian ketahui juga bahwa didalam salah satu Keutamaan Membaca Dzikir adalah dapat membuat hati kita menjadi Tenang dan Tentram. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Ar Rad Ayat 28 bahwa Allah SWT berfirman berbunyi : ” Yaitu Orang2 yg beriman dan hati mereka menjadi tentram dg mengingat Allah. Ingat-lah, hanya dg mengingati Allah-lah hati menjadi tentram (QS. Ar-Ra’d Ayat : 28) ”.

3. Mengerjakan Sholat Sunnah Malam

Cara Agar Hati Menjadi Tenang Ketiga ialah menjaga dan mengerjakan Sholat – Sholat Sunnah, terutama Sholat Sunnah Malam seperti Sholat Sunnah Malam Witir, Sholat Sunnah Malam Taubat, Sholat Sunnah Malam Istikharah dan Sholat Sunnah Malam Tahajud dan Sholat Sunnah lainnya. Hal ini dikarenakan Seorang Muslim yg rajin mengamalkan Amalan Ibadah Sunnah secara umum, maka dia akan menjadi wali Allah yg istimewa. Firman Allah Ta’ala berbunyi : ” Ingat’lah, sesungguhnya Wali2 Allah itu, tidak ada ke’khawatiran terhadap mereka dan tak pula mereka Bersedih Hati. Yaitu Orang2 yg beriman dan mereka selalu bertakwa (QS. Yunus, Ayat 62 dan 63) ”.

4. Membaca dan Mendengarkan Kitab Suci Al Qur’an

Cara Agar Hati Bisa Tenang Yang Keempat adalah dengan membaca, mengamalkan dan mendengarkan Al Qur’an. Hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah Ta’alaa berbunyi : ” Allah sudah menurun’kan perkataan yg paling baik yakni Al-Qur’an yg serupa (mutu Ayat2’nya) lagi berulang-ulang, gemetar karna kulit orang2 yg takut kepada Tuhan’nya, kemudian menjadi Tenang Kulit dan Hati mereka di Waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dg kitab itu Dia menunjuki siapa yg dikehendaki’nya. Dan barangsiapa yg disesatkan Allah, niscaya tak ada bagi’nya seorang pemimpin pun (QS. Az-Zumar, Ayat : 23) ”.

5. Sabar, Percaya dan Bersukur Kepada Allah Ta’alaa

Cara Agar Hati Tenang Kelima adalah dengan selalu bersabar dan percaya bahwa ini semua telah Allah atur, serta selalu bersukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai hambanya. Ingat bahwa dengan Bersukur maka kita sebagai Seorang Muslim akan selalu sadar bahwa apa – apa yg kita miliki dan kita hadapi, itu tidak lain dan tidak bukan telah Allah Subhanahu wa ta’ala mengaturnya, sehingga jika kita yakin dan berserah diri hanya kepada Allah Ta’alaa maka tentunya kita tidak akan merasa khawatir dan takut, karena kita percaya bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala akan selalu ada bagi Orang Yg Beriman.

Demikianlah ulasan yang bisa Penulis sampaikan di Laman Website Rukun Islam dan semoga saja apa yang telah dibahas disini mengenai Cara Agar Hati Tenang menurut Ajaran Islam ini bermanfaat dan berguna bagi Para Pembacanya karena Penulis Rukun Islam sangat yakin bahwa masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang menjalani kehidupan ini dengan penuh ketakutan, kekhawatiran dan kehampaan karena mendapatkan Musibah maupun Masalah. Untuk itu dengan adanya ulasan ini, semoga saja bisa menjadi jalan keluar bagi kalian Para Pembaca Muslim supaya bisa lebih Berpikiran Positif dan lebih bersemangat dalam menjadi kehidupan yg indah ini.

5 Cara Agar Hati Tenang dan Bahagia Secara Islam | Rukun | 4.5