Cara, Doa dan Niat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Terlengkap

Niat Sholat TahajudPengertian Sholat Sunah Tahajud sendiri adalah Sholat Sunah yg dikerjakan pd waktu malam sedikitnya 2 (dua) Raka’at dan sebanyak – banyaknya tidak ada batasan karena Sholat Malam Tahajud termasuk ibadah sunnah dan amalan kebaikan sehingga tidak ada batasannya, hanya saja disetiap 2 Raka’at Sholat Sunnah Malam Tahajud terdapat 1 salam didalamnya. Dan perlu ditekankan dan disampaikan disini bahwa salah satu Syarat dan Ketentuan Sholat Tahajud ini adalah dikerjakan setelah Sholat Wajib Isya dan kalian harus tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

Menurut Jumhur Ulama mengatakan bahwa jika mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud, tidak dengan tidur terlebih dahulu walaupun tidurnya hanya sebentar saja maka itu bukanlah Sholat Sunnah Malam Tahajud, melainkan ia mengerjakan Sholat Sunnah Malam yang lain seperti Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Taubat, Sholat Sunnah Istikharah maupun Sholat Sunnah Witir. Dalam hal ini bisa kalian lihat bahwa Syekh Sulaiman bin Muhammad bin Umar Al Bujairomi mengatakan bahwa : ” Dan Sunnah mengerjakan Sholat Tahajud yaitu Sholat Sunnah Setelah Tidur ”.

Oleh karena itu perlu ditekankan sekali lagi bahwa salah satu Syarat Mengerjakan Sholat Malam Tahajud ialah harus tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya hanya sebentar saja. Selain itu didalam Hukum Mengerjakan Sholat Tahajud ini sudah tentu Sunnah, bukanlah Wajib sehingga akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud yang banyak bagi setiap Umat Muslim yang mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud ini, tetapi tidak apa – apa dan tidak akan mendapatkan Dosa bagi setiap Muslim yang tidak mengerjakan Sholat Tahajud ini karena sekali lagi Sholat Malam Tahajud adalah Sholat Sunnah, bukan Sholat Wajib.

Dalil Hadits Mengerjakan Sholat Tahajud Yg Shahih

Terlepas fakta bahwa Sholat Tahajud itu termasuk kedalam salah satu Sholat Sunnah, ternyata terdapat Dalil Hadits bahwa Sholat Malam Tahajud itu telah disunnahkan untuk dikerjakan bagi setiap orang – orang yg beriman (Umat Muslim). Sebagai buktinya bisa kalian lihat Dalil Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 bahwa Firman Allah Subhanahu wa ta’ala yang berbunyi : ” Dan pada sebagian Malam hari bersembahyang Tahajud’lah km sebagai suatu ibadah tambahan bagi km, mudah-mudahan Tuhan’mu mengangkat km ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra, Ayat : 79) ”.

Selain itu terdapat Hadits Tentang Mengerjakan Sholat Tahajud riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Di setiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia, sampai tersisa Sepertiga Malam yg terakhir. Allah Subhanahu wa ta’ala pun berfirman, ” Adakah hamba’ku yg meminta sehingga pasti Aku berikan apa yg dia minta ?, adakah hamba’ku yg berdoa sehingga pasti Aku akan kabulkan doanya ?, dan Adakah hamba’ku yg memohon ampun (Beristighfar) sehingga Aku akan ampuni dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Dengan melihat Dalil Hadits Sholat Malam Tahajud diatas maka sudah sangat jelas bahwa Sholat Sunnah Tahajud ini sangat baik sekali dikerjakan bagi Setiap Umat Muslim (Orang – Orang Yg Beriman). Untuk itu sudah sepantasnya bagi kalian (Umat Muslim) untuk mengetahui dan memahami mengenai Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud dan Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Yang Benar, dan dibawah ini Penulis di Rukun Islam telah memberikan ulasan mengenai Cara dan Niat Sholat Malam Tahajud secara lebih detail dan lebih dalam.

Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat dan Terjemahannya

Cara mengerjakan Sholat Tahajud

Dibawah ini Penulis telah memberikan Bacaan Niat Sholat Sunnah Tahajud Dua Rakaat dan Terjemahan Arab Indonesia secara lebih lengkap. Hal tersebut dikarenakan Penulis ingin Pembaca di Laman Rukun Islam ini bisa membaca dan memahami dengan mudah Bacaan Niat Sholat Tahajud yang telah diberikan oleh Penulis dibawah ini.

Niat Sholat Tahajud dan Terjemahan Arab Latin.

bacaan niat sholat tahajud

USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya :

Aku niat Sholat Sunah Tahajud dua Raka’at karena Alloh Ta’ala

Bacaan Niat Sholat Tahajud Dua Rakaat dan Terjemahan Lengkap diatas semoga bisa dengan mudah dibaca dan dihafalkan oleh kalian sebagai Pembaca Muslim di Laman Rukun Islam. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa didalam membaca Niat Sholat Tahajud ini bisa dilakukan didalam hati maupun didalam Mulut secara lirih, karena menurut Madzhab Syafi’i (Ulama Syafi’i) itu dibolehkan untuk membaca niat sholat sebelum mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah, asalkan tidak dibacakan secara berlebihan (keras-keras).

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Menurut Sunnah

Setelah kalian mengetahui tentang Bacaan Niat Sholat Tahajud maka sudah sewajarnya bagi kalian untuk mengetahui Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Tahajud sesuai Anjuran Sunnah, karena pada dasarnya Sholat Malam Tahajud ini dikerjakan dengan Minimal 2 Rakaat dan maksimal sebanyak – banyaknya tanpa ada batasan. Hanya saja sekali lagi bahwa disetiap 2 Rakaat itu harus dilakukan dengan 1 Salam, sehingga jika kalian mengerjakan Sholat Tahajud 2 Rakaat maka dilakukan 1 kali, tapi jika dikerjakan sebanyak 4 Rakaat maka Sholat Tahajud dilakukan sebanyak 2 Kali, dan dilakukan dengan awalan membaca Bacaan Niat Sholat Tahajud Dua Rakaat seperti diatas.

Namun terdapat Hadits Shahih dari Zaid bin Al Juhani yg mengatakan bahwa : ” Aku pernah memperhatikan Sholat Malam yg dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau pun mengerjakan 2 Rakaat ringan, sesudah itu Beliau mengerjakan 2 Rakaat yg panjang2, lalu Beliau kerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Setelah itu Beliau kerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Beliau pun kerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya, dan Beliau pun kerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Dan yang terakhir Beliau Berwitir sehingga jadilah Beliau mengerjakan Sholat Malam ketika itu sebanyak 13 Rakaat dengan Sholat Witir sebanyak 1 Rakaat ”.

Namun terlepas dari itu, jika terdapat pertanyaan bahwa Bolehkah Mengerjakan Sholat Malam seperti Sholat Sunnah Tahajud dan Sholat Sunnah Malam lainnya lebih dari 13 Rakaat seperti yg dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam ?. Maka jawabannya boleh karena Sholat Sunnah itu Amalan Ibadah yg baik sehingga tidak ada batasan jumlah raka’atnya. Dalam hal ini terdapat Hadits dari Al Qodhi Iyadh yg mengatakan bahwa : ” Tidak ada Khilaf diantara Umat Muslimin bahwa Sholat Malam itu tidak ada Batasan Raka’atnya karena Sholat Malam itu Sholat Nafilah (Sholat Sunnah) dan termasuk Amalan kebaikan.

Sehingga tak mengapa Seseorang menambahkan atau mengurangi Jumlah Rakaat’nya karena jika Seorang Muslim menambahkan Jumlah Rakaat’nya maka ia akan bertambah pula Pahalanya. Dan jika dilakukan secara demikian maka itu hanya menyelisihi perbuatan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan menyelisihi pilihan yg beliau pilih untuk dirinya sendiri ”. Oleh karena itu dengan melihat pendapat dari Al Qodhi Iyadh bahwa jika mengerjakan Sholat Sunnah Malam baik Sholat Sunnah Tahajud maupun Sholat Sunnah Malam lainnya lebih dari 13 Rakaat, maka itu bukan termasuk kedalam Perbuatan Bid’ah.

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Lengkap

sholat sunah tahajud terlengkapp

Setelah kalian sudah cukup hafal dengan Bacaan Niat Sholat Tahajud Dua Rakaat diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Yang Baik dan Benar. Namun sebelumnya perlu ditekankan sekali lagi disini bahwa Tata Cara Sholat Sunnah Tahajud ini dilakukan dengan 2 Rakaat dengan 1 Salam didalamnya sehingga Panduan Sholat Malam Tahajud dibawah ini merupakan Panduan Sholat Tahajud Dua Rakaat Sesuai Sunnah.

Untuk Tata Cara Sholat Malam Tahajud itu diawali dengan membaca Bacaan Niat Sholat Tahajud dan diteruskan dengan melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar). Setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca Doa Iftitah dan diteruskan dengan membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an (baik Suratan Pendek maupun Suratan Panjang) di Rakaat Pertama. Sesudah selesai membaca Suratan di Rakaat Pertama, maka bisa diteruskan dg Gerakan Sholat Ruku dan membaca Doa Ruku, dilanjutkan dg Gerakan Sholat I’tidal dan membaca Doa I’tidal, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Sujud Pertama dan membaca doanya, dilanjut dg Gerakan Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doanya, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Sujud Kedua dan membaca doanya, dan diteruskan dengan Berdiri kembali untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud Rakaat Kedua.

Kemudian didalam Langkah – Langkah Mengerjakan Sholat Tahajud setelah kembali berdiri di Rakaat Kedua ini ialah, langsung dengan membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an (baik Suratan Pendek maupun Suratan Panjang) di Rakaat Kedua. Sesudah selesai membaca Suratan di Rakaat Kedua, maka bisa diteruskan dg Gerakan Sholat Ruku dan membaca Doa Ruku, dilanjutkan dg Gerakan Sholat I’tidal dan membaca Doa I’tidal, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Sujud Pertama dan membaca doanya, dilanjut dg Gerakan Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doanya, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Sujud Kedua dan membaca doanya, dan diteruskan dengan melakukan Gerakan Sholat Duduk Tahiyat Akhir dan membaca Doa Tahiyat Akhir, setelah selesai membaca Tahiyat Akhir maka diteruskan dg melakukan Gerakan Sholat SALAM.

Setelah kalian melakukan Gerakan Salam di Rakaat Kedua Sholat Sunnah Malam Tahajud, maka kalian telah selesai mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini. Dan jika kalian berniat untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud dengan Jumlah Rakaat lebih dari Dua Rakaat, maka kalian bisa melakukan tata cara sholat tahajud seperti diatas, sebanyak dengan keniatan jumlah rakaat yg akan dikerjakan dan dilakukan oleh kalian (Umat Muslim) dalam mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud ini, karena sekali lagi yg terpenting bahwa Sholat Sunnah Tahajud ini setiap 2 Rakaat, terdapat 1 salam didalamnya.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud Lengkap

Setelah anda selesai mengerjakan Sholat Tahajud maka dianjurkan anda membaca Dzikir Sesudah Sholat Tahajud seperti Dzikir Istighfar, Dzikir Shalawat Nabi Muhammad Saw, Dzikir Tahmid dan Dzikir Tasbih karena ber-Dzikir sangat berguna untuk mendekatkan diri kepada Alloh Subhanahu wa ta’ala dan akan menambah Pahala yg diperoleh oleh kalian semua sehingga anda akan semakin dekat, dicintai dan disayangi oleh Alloh Subhanahu wa ta’ala.

doa sholat taubat istighfar1

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Malam Tahajud Istighfar diatas sebaiknya dibacakan sebanyak banyaknya atau minimal 32 kali sampai 100 kali setelah itu dilanjutkan dg membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam seperti dibawah ini :

Doa sholat tahajud Sholawat Nabi Saw

Membaca Dzikir Sholat Tahajud dengan Dzikir Shalawat Nabi diatas sebanyak minimal 32 kali, setelah itu anda bisa melanjutkan dengan membaca Dzikir lainnya seperti Dzikir Takbir (Allahu Akbar), Dzikir Tahmid (Alhamdulillah), Dzikir Tasbih (Subhanalloh) dan Dzikir Tahlil (Laa ilaaha illalloh) sebanyak dengan keikhlasan hati kalian karena memperbanyak dzikir banyak sekali manfaat dan keistimewaannya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Terjemahannya

Setelah kalian selesai membaca dan mengamalkan Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat Tahajud, maka kalian bisa langsung dilanjutkan untuk mengamalkan Doa Sesudah Sholat Tahajud seperti dibawah ini :

doa setelah sholat tahajud

doa setelah sholat sunah tahajud

terjemahan doa setelah sholat tahajud latin

Artian Doa Setelah Sholat Tahajud diatas adalah, ”’ Ya Alloh, bagimu segala puji. Engkau-lah (Alloh) penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, Engkau (Alloh) Raja penguasa langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, Engkau-lah (Alloh) yg hak dan janjimu adalah benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adlh benar, dan surga adlh hak dan Neraka adlh hak dan Nabi – Nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar, dan saat hari Kiamat itu benar. Ya Alloh kepadamulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kpd engkaulah kami Berhukum,

Ampunilah kami atas kesalahan yg sudah kami lakukan dan yg sebelumnya baik yg kami sembunyikan maupun yg kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yg terdahulu dan Tuhan yg terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Alloh Rabbul Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dg Alloh ”’.

Hanya sebagai tambahan informasi saja bahwa didalam membaca Doa Setelah Sholat Malam Tahajud, sudah tentu kalian sebagai Pembaca Muslim dapat dan boleh mengamalkan Bacaan Doa Sholat Tahajud yang lainnya (tidak harus membaca Doa Sholat Tahajud seperti diatas) karena didalam Sholat Sunnah Malam Tahajud ini, tidak ada doa khusus yang harus dibacakan setelah kalian selesai menunaikan Sholat Sunnah Tahajud ini.

Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Tahajud

Kemudian didalam pembahasan Waktu Sholat Tahajud, pada dasarnya bahwa Waktu Mengerjakan Sholat itu dapat dikerjakan dan dilakukan kapan saja di Waktu Malam Hari, dengan Awal Waktu Sholat Tahajud yang dimulai ketika masuk waktu sholat isya dan berakhir ketika telah masuk waktu sholat wajib subuh dipagi hari. Oleh karena itu kalian bisa menunaikan Sholat Sunnah Tahajud ini kapan saja di Waktu Malam, yang terpenting kalian sebagai Umat Muslim telah mengerjakan Sholat Wajib Isya dan sudah tidur terlebih dahulu, walaupun sebentar saja tidurnya.

Hanya saja perlu kalian ketahui bahwa terdapat Waktu Sholat Sunnah Malam Tahajud Yang Paling baik adalah dilakukan di Malam Hari di sisa Waktu Sepertiga Malam Yg Terakhir. Konteks Sepertiga Malam Terakhir ini ialah di Waktu Dini Hari (Tengah Malam) karena diwaktu tersebut tentunya kondisi Malam sudah Tenang sehingga kalian lebih bisa berkonsentrasi dan khusyu dlm mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud, selain itu tentunya Allah SWT lebih senang karena kalian sebagai Hambanya telah memilih untuk Bersujud dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, daripada tidur.

Terdapat Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Di setiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia, sampai tersisa Sepertiga Malam yg terakhir. Allah Subhanahu wa ta’ala pun berfirman, ” Adakah hamba’ku yg meminta sehingga pasti Aku berikan apa yg dia minta ?, adakah hamba’ku yg berdoa sehingga pasti Aku akan kabulkan doanya ?, dan Adakah hamba’ku yg memohon ampun (Beristighfar) sehingga Aku akan ampuni dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Keutamaan Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Sedangkan untuk Keutamaan dan Keistimewaan Sholat Tahajud ini tentunya sangatlah banyak sekali yang bisa didapatkan oleh Seorang Muslim yang mengerjakannya, walaupun Sholat Tahajud ini Sholat Sunnah. Oleh karena itu dibawah ini telah Penulis berikan beberapa Keutamaan Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud Sesuai Sunnah yang bisa kalian ketahui, agar bisa menjadi suatu Motivasi tambahan sehingga kalian bisa lebih rajin dalam mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud.

1. Sholat Sunnah Yg Diperintahkan oleh Allah SWT

Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud ini ialah termasuk kedalam Sholat Sunnah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan dan dikerjakan bagi Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim). Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 yang berbunyi : ” Dan pada sebagian Malam hari bersembahyang Tahajud’lah km sebagai suatu ibadah tambahan bagi km, mudah-mudahan Tuhan’mu mengangkat km ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra, Ayat : 79) ”.

2. Salah satu Kunci Masuk kedalam Surga

Lalu untuk Keistimewaan Mengerjakan Sholat Tahajud Kedua adalah sebagai salah satu kunci atau cara masuk kedalam Surga. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi: ” Sebarkan’lah Salam, berilah makan kepada Orang-Orang yg membutuhkan, sembungkanlah silaturahmi dan Sholatlah di Malam Hari saat Orang Muslim lain sedang tertidur., niscaya kalian akan masuk kedalam Surga dengan selamat (Hadits Riwayat Tirmidzi).

3. Akan Mendapatkan Pahala Sunnah Yg Banyak

Hikmah Mengerjakan Sholat Tahajud Yang Ketiga ialah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah yg banyak, karena dalam hal ini kalian sebagai Seorang Muslim telah menghidupkan atas apa yg telah disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Terdapat Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan 1 sunnah dari sunnah2 ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala orang2 yg mengamalkan’nya, dg tak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah) ”.

4. Dapat Mengabulkan Segala Hajat dan Ampunan Dosa

Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud Menurut Sunnah Yang Keempat adalah salah satu cara agar hajat2 (keinginan) kalian akan dikabulkan oleh Allah SWT dan akan diampuni dosa2 nya oleh Allah SWT. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Di setiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia, sampai tersisa Sepertiga Malam yg terakhir. Allah Subhanahu wa ta’ala pun berfirman, ” Adakah hamba’ku yg meminta sehingga pasti Aku berikan apa yg dia minta ?, adakah hamba’ku yg berdoa sehingga pasti Aku akan kabulkan doanya ?, dan Adakah hamba’ku yg memohon ampun (Beristighfar) sehingga Aku akan ampuni dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Dan sebagai tambahan informasi saja bahwa dibawah ini telah Penulis berikan Panduan Video Tutorial Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud Sesuai Sunnah, sehingga diharapkan dengan adanya Vidoe Tutorial Cara dan Niat Sholat Tahajud ini maka bisa memberikan kemudahan bagi kalian Para Pembaca dalam memahami tentang materi sholat sunnah malam tahajud.

Demikianlah pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud yang telah ditulis oleh Penulis benar – benar lebih dalam dan detail menurut Sunnah. Oleh karena itu Penulis sangat berharap bahwa ulasan tentang Niat Sholat Tahajud ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim Indonesia di Laman Website Rukun Islam ini, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Malam Tahajud ini termasuk kedalam Sholat Sunnah didalam Ajaran Islam yang sangat sering sekali di lakukan oleh Umat Muslim.

Selain itu diluar sana tentunya masih banyak Orang Muslim yg belum begitu mengetahui tentang Cara, Doa dan Niat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah yang baik dan benar. Untuk itu dengan adanya ulasan ini maka sekali lagi Penulis sangat berharap agar ulasan tentang Sholat Tahajud ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Pembaca Muslim yang benar – benar membutuhkannya, karena memang sudah tugas kita sesama Muslim untuk memberikan Ilmu dan Informasi yang bermanfaat bagi sesama Muslim lainnya. Akhir kata Penulis mengucapkan Terima kasih dan memohon maaf jika terdapat Penulis kata atau kalimat yg salah di Artikel ini, selain itu jika menurut kalian Artikel ini bermanfaat maka silahkan di Share dan dibagian bagi Sesama Muslim lainnya yg membutuhkannya.

Cara, Doa dan Niat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Terlengkap | Rukun | 4.5