Tata Cara dan Doa Sujud Sahwi di Ajaran Islam

Tuesday, April 11th 2017. | Sujud Sahwi

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara dan Doa Sujud Sahwi – Sebelum membahas secara lebih detail tentang Tata Cara dan Doa Sujud Sahwi, ada baiknya jika kalian sebagai pembaca untuk mengetahui Apa Itu Sujud Sahwi dan Pengertian Sujud Sahwi didalam Ajaran Islam. Dan untuk Pengertian Sujud Sahwi sendiri ialah berupa Gerakan Shalat Dua Sujud yang dilakukan oleh seorang Muslim Muslimah didalam Shalatnya dan dilakukan sebagai pengganti atas kesalahan yg terjadi saat mengerjakan Shalat karena Sahw (Lupa).

Kemudian didalam Hukum Melakukan Sujud Sahwi sendiri terdapat perbedaan pendapat yakni ada Ulama (Madzhab) yang mengatakan Sunnah dan ada pula Ulama yang berpendapat bahwa Hukum Sujud Sahwi itu Wajib. Adapun untuk salah satu Sabda Nabi Muhammad SAW tentang melakukan Sujud Sahwi ini berbunyi, ” Apabila salah seorang dari kalian Ragu dlm mengerjakan Shalatnya dan tidak mengetahui berapa Jumlah Raka’at Shalat yang telah dikerjakan baik Tiga ataupun Empat Raka’at maka buanglah keraguan itu dan ambilah yang yakin.

Lalu Sujudlah 2 kali sebelum Salam dan jika ternyata ia Shalat 5 Raka’at maka Sujudnya (Sujud Sahwi) sudah menggenapkan Shalatnya, namun jika ternyata Shalat-nya memang benar Empat Raka’at maka Sujudnya itu ialah sebagai penghinaan bagi Setan (Hadist Shahih Riwayat Muslim No. 571) ”. Dengan melihat Sabda Nabi Muhammad SAW didalam HR. Muslim diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan kita untuk melakukan Dua Sujud (Sujud Sahwi) jika terdapat Keragu – Raguan didalam shalat kita.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Sujud Sahwi Terjemahan Arab Indonesia

cara dan doa sujud sahwi

Untuk Bacaan Doa Sujud Sahwi didalam Shalat bisa kalian lihat dan pelajari dibawah ini karena telah saya buatkan secara lebih detail karena Doa Melakukan Sujud Sahwi telah ditulis dan disediakan dalam Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia.

doa sujud sahwi terjemahan arab dan indonesia


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Sujud Sahwi diatas dibacakan saat kalian sedang melakukan Sujud Sahwi Pertama dan Sujud Sahwi Kedua setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir Raka’at Kedua di Shalat Subuh dan untuk Niat Sujud Sahwi sendiri bisa kalian bacakan didalam hati dengan berniat melakukan sujud sahwi didalam Shalat Subuh.

Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi Shalat Subuh

Sedangkan untuk Tata Cara Sujud Sahwi didalam Shalat Subuh sangatlah mudah sekali karena dilakukan seperti melakukan Gerakan Shalat Sujud Pertama dan Sujud Kedua didalam Shalat Subuh. Hanya saja Sujud Sahwi ini dilakukan sebanyak Dua Kali secara Berturut – Turut setelah kalian melakukan Gerakan Shalat Tahiyat Akhir (Sebelum Salam) Shalat Subuh dengan sebab yang telah ditentukan untuk melakukan Sujud Sahwi.

Langkah – Langkah Melakukan Sujud Sahwi seperti ini, jika kalian selesai membaca Doa Tahiyat Akhir Shalat Subuh, maka kalian bisa melakukan Gerakan Shalat Sujud Sahwi Pertama dengan membaca Doa Sujud Sahwi yang telah dituliskan diatas, lalu duduk kembali dan langsung kembali melakukan Sujud Sahwi Yang Kedua dengan membaca Doa Sujud Sahwi yang sama seperti Sujud Sahwi Pertama. Setelah selesai Melakukan dan membaca Doa Sujud Sahwi Yang Kedua maka kembali Duduk seperti Duduk Gerakan Tahiyat Akhir dan dilanjutkan dengan Salam Shalat Subuh.

Kemudian yang perlu kalian ketahui bahwa Penyebab Melakukan Sujud Sahwi didalam Shalat ada Tiga Macam yang antara lain menambahkan sesuatu didalam Shalatnya, Menghilangkan Sesuatu didalam Shalatnya dan dalam keadaan ragu – ragu didalam shalatnya. Sebagai salah satu contoh Hal Yang Menyebabkan Sujud Sahwi ialah saat kalian mengerjakan Shalat Subuh dan lupa atau meninggalkan Doa Qunut di Raka’at Kedua, ataupun ketika kalian Lupa dan Ragu akan Jumlah Raka’at yg telah dikerjakan maka kalian bisa melakukan Sujud Sahwi Setelah Gerakan Shalat Tahiyat Akhir dan Sebelum Salam di Raka’at Kedua Shalat Wajib Subuh.

Oleh karena itu kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah harus konsentrasi dan selalu khusyu dalam mengerjakan Shalat Wajib 5 Waktu karena disetiap Shalat nya seorang Muslim akan selalu diganggu oleh Setan dan tidak bisa dipungkiri bahwa Keragu – Raguan seorang Muslim saat melakukan Shalat baik itu Ragu didalam Raka’at Shalat itu sangatlah sering terjadi sehingga sekali lagi kalian sebagai seorang Muslim harus benar – benar Konsentrasi dan Khusyu dalam melakukan Shalat Wajib.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...