Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan

Wednesday, March 25th 2015. | Shalat Dua Gerhana
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan – Pengetian Shalat Gerhana Bulan ialah Shalat Sunah yang dikerjakan oleh seorang muslim saat Gerhana Bulan sedang terjadi atau berlangsung dan adapun untuk Hukum Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan ini adalah Sunnah Muakkad (Sangat – Sangat ditekankan), hal tersebut seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi, ”’ Sesungguhnya matahari dan rembulan adlh 2 (Dua) tanda – tanda kekuasaan Alloh Swt, maka apabila kalian melihat Gerhana baik Gerhana Matahari atau Gerhana Bulan, maka Berdoa’alah kpd Alloh, lalu ber-Sholatlah sehingga hilang dari kalian Gelap dan bersedekahlah (HR. Bukhari – Muslim) ””.

Kemudian Waktu Shalat Gerhana Bulan sendiri dilakukan ketika mulai terjadinya Gerhana itu sampai terbit kembali atau sampai Bulan nampak utuh kembali, Sedangkan untuk Manfaat Shalat Gerhana Bulan sendiri yg paling utama adalah anda akan mendapatkan pahala yg sangat banyak. Untuk itu mulai dari sekarang jika anda mengalami Gerhana Bulan maka sebaiknya anda lekas mengambil Wudlu dan mengerjakan Shalat Sunah Gerhana Bulan.

Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan ternyata sama persis dg mengerjakan Shalat Wajib (Doa dan Gerakan-nya sama) yang diawali dg niat shalat dan diakhiri dg salam. Cara Shalat Gerhana Bulan ini dilakukan dg 2 Raka’at bisa dikerjakan secara sendiri maupun berjamaah dan untuk Bacaan Niat Shalat Gerhana Bulan bisa anda lihat dibawah ini

Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan Terlengkap

cara mengerjakan shalat gerhana bulan

Bacaan Niat Shalat Gerhana Bulan

niat shalat gerhana bulan terlengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Terjemahan Niat Shalat Gerhana Bulan latin diataas, ” USHALLI SUNNATAL KHUSUUFI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. Allaahu Akbar ”. dan untuk Artian Niat Shalat Gerhana Bulan, ”’ Aku Niat Shalat Sunah Gerhana Bulan dua Raka’at karena Alloh Ta’ala ”’.

Setelah anda membaca Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan, lalu Takbiratul Ikram (Allahu Akbar), kemudian tinggal membaca Bacaan Doa Shalat Gerhana Bulan Surat Al Fatihah dan Suratan (Diusahan dinyaringkan).

doa sholat Gerhana Bulan Surat Al Fatihah

Kami terangkan sekali lagi kepada anda bahwa Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan 2 Raka’at ini sama dg Cara Mengerjakan Shalat Wajib pd umumnya sehingga setelah anda membaca Niat Shalat, lalu Membaca Surat Al Fatihah namun setiap rakaat terdiri dari 2 kali ruku dan juga 2 kali sujud, Membacca Suratan di Raka’at Pertama dan Raka’at Kedua, Kemudian Ruku, I’tidal, Sujud kemudian yang terakhir Salam. Setelah itu anda bisa dilanjutkan dg membaca Doa Setelah Shalat Gerhana Bulan seperti dibawah ini

Doa Shalat Gerhana Bulan Terlengkap

doa setelah shalat gerhana bulan

Doa Setelah Shalat Gerhana Bulan diatas jika susah untuk dihafalkan oleh anda maka anda boleh membaca secara langsung di laman blog ini dan sebaiknya sebelum membaca doa bacaan tersebut anda sebelumnya membaca bacaan Dzikir seperti Istighfar, Dzikir Sholawat Nabi, Tasbih maupun Tahmid yg bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt.

Mungkiin cukup sekiian penjelasan yg dpt kami berikan kpd Anda semua terkait Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Bulan ini dan semoga tulisan saya yg sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda karena sesama seorang muslim sudah selayaknya untuk berbagi hal – hal yg positif.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,