Niat, Doa dan Cara Mengerjakan Shalat Ghaib

Wednesday, March 25th 2015. | Shalat Ghaib
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Mengerjakan Shalat Ghaib – Pengertian Shalat Ghaib ialah Shalat yg dilakukan ketika ada salah satu keluarga anda atau kerabat atau siapapun seorang Muslim yg meninggal dunia tetapi meninggalnya tersebut di tempat yg jauh dari anda maupun sanak keluarganya maka disunahkan kita untuk melakukan Shalat ini atas mayat tersebut walaupun meninggal-nya sang mayat sudah lewat seminggu atau lebih.

Hukum Mengerjakan Shalat Ghaib ini adalah sunah yg jika dilakukan mendapatkan pahala dan jika tidak melakukan maka tak dosa. Sedangkan untuk Waktu Shalat Ghaib tersebut bisa dilakukan kapan saja baik siang dan malam baik sendiri maupun secara Mak’mum, tetapi lebih Shalat ini lebih baik dilakukan atau dikerjakan secara bersama – sama sehingga pahala yg di dapatkan oleh sang mayat menjadi lebih banyak.

Manfaat Shalat Ghaib ini sendiri adalah untuk mendapatkan pahala yg banyak, seperti sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Barang Siapa yg mengiringi Jenazah dan Turut menshalatkan maka dia akan memperoleh pahala yg sebesar 1 Qirath (Gunung Besar) HR. Muttafaq ‘ Alaih ”. Sholat Ghaib sama persis dg Shalat Jenazah hanya saja Sholat Ghaib ini dilakukan ketika sang mayat berada jauh diluar sana.

Kemudian untuk Cara Mengerjakan Shalat Ghaib ini masih sama dg Shalat Jenazah baik cara dan doanya, yang dikerjakan dg 4 (Empat) takbir dan yg diakhiri dg salam (berdiri) hanya saja terdapat perbedaan Lafal pada Niat Shalat Ghaib ini. Sedangkan untuk Niat Shalat Ghaib, Doa Shalat Ghaib dan Cara Shalat Ghaib ini sudah kami buat dibawah sehingga anda bisa langsung mempelajarinya sendiri

Niat, Doa dan Cara Mengerjakan Shalat Ghaib

shalat ghaib lengkap

Saya ingkatkan kembali kepada anda bahwa Cara Shalat Ghaib sendiri sama dg Cara Shalat Jenazah hanya saja terdapat perbedaan Bacaan Niat Shalat-nya setelah itu jumlah takbir ada 4 (Empat) Takbir dan Bacaan Doa Shalat Ghaib setelah takbir jg sama persis dg Shalat Jenazah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Shalat Ghaib, ”’ USHALLI ALAL MAYYITIL GHAAIBI AR-BA’A TAKBIIRAATIN FARDLAL KIFAAYATI (MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALAA, ALLAAHU AKBAR ”’. Untuk Niat Shalat Ghaib diatas bisa ditambahkan dg nama si mayat itu sendiri seperti contoh, ”” USHALLI ALAL MAYYITI (Fulan) AL GHAAIBI AR-BA’A TAKBIIRAATIN FARDLAL KIFAAYATI LILLAAHI TA’AALAA, ALLAAHU AKBAR ””.

Setelah anda membaca Bacaan Niat Shalat Ghaib seperti diatas maka anda tinggal mengucakan Allahu Akbar atau Takbir Pertama, kemudian tinggal membaca Surat Al Fatihah pada Takbir Pertama tersebut.

doa sholat Ghaib Surat Al Fatihah takbir pertama

Setelah membaca Surat Al Fatihah, maka kembali mengucapkan Allohu Akbar atau Takbir Kedua dan setelah itu anda membaca Doa Shalat Ghaib Shalawat Nabi Muhammad Saw

doa sholat Ghaib Shalawat nabi takbir kedua

Setelah membaca Doa Shalat Ghaib Shalawat Nabi maka kembali mengucapkan Allahu Akbar atau Takbir Ketiga dan kemudian anda membaca Doa Sholat Ghaib seperti dibawah ini

doa sholat Ghaib takbir ketiga

Kemudian setelah anda membaca Doa di atas, anda mengucapkan Takbir Keempat atau Takbir Terakhir dan setelah Takbir Keempat ini anda membaca Doa seperti ini, ” ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHU WALAA FAF-TINNAA BA’DAHU WAGHFIR LANAA WALAHU ”.

Setelah membaca doa setelah Takbir Keempat maka tinggal memberi Salam atau memalingkan muka arah kanan dan ke kiri sambil mengucapkan bacaan ” Assalaamu A’laikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh ”.

Lalu tinggal anda membaca Bacaan Doa Setelah Shalat Ghaib seperti dibawah ini

doa setelah shalat ghaib lengkap

Terjemahan Doa Setelah Shalat Ghaib diatas, ”’ Ya Alloh, Curahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw dan kpd keluarga Nabi Muhammad Saw. Ya Alloh, dg berkahnya surat Al Fatihah, bebaskan-lah dosa kami dan dosa mayat inni dari siksaan api neraka ”.

” Ya Alloh, Curahkanlah rahmat dan berikanlah ampunan kpd mayat ii. Dan jadikanlah tempat kubur-nya taman nyaman dari sorga dan janganlah Engkau jadikan kubur-nya itu lubang jurang neraka. Dan semoga Alloh memberikan rahmat kpd semulia – mulia makhluk-nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad Saw dan keluarga-nya serta sahabat2nya sekalian, dan segala puji bagi Alloh Tuhan seru sekalian alam ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,