Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri Terlengkap

Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri – Pengertian Shalat Idul Fitri sendiri ialah Shalat Sunah 2 Raka’at yg dikerjakan atau dilakukan oleh seluruh Umat Muslim di dunia pada tanggal 01 Syawal. Shalat Hari Raya Idul Fitri ini dilakukan pada pagi hari dan dikerjakan di Masjid maupun di tanah lapang yg dilakukan secara sendiri dan sebaiknya Makmum. Disunahkan bagi anda semua sebelum berangkat ke Masjid untuk mandi sunah Hari Raya terlebih dahulu dan memperbanyak membaca bacaan Takbir.

Untuk Hukum Mengerjakan Shalat Idul Fitri untuk seluruh Umat Muslim baik laki – laki maupun perempuan adalah Sunah Muakkad atau sangat perlu untuk dilakukan. Kemudian Waktu Shalat Idul Fitri bisa dikerjakan dari terbit-nya matahari hingga tergelincir-nya matahari tersebut atau bisa dibilang sekitar Jam 06.30 Wib sampai 08.00 (Kurang Lebih) dan didalam Shalat Idul Fitri ini Shalatnya dikerjakan supaya di lamakan waktunya supaya orang – orang sudah Berzakat Fitrah semuanya,

Kemudian di dalam Hari Raya Idul Fitri ini diwajibkan perkara membayar Zakat Fitrah dan disunahkan untuk saling maaf memaafkan seperti firman Alloh Swt yg berbunyi, ” Ambillah Zakat dari sebagian harta mereka dg berzakat itu maka kamu membersihkan dan mensuci-kan merekaa (At – Taubah Ayat 103) ”. dan ” Sesungguhnya beruntunglah orang yg mensucikan jiwa itu (Asy-Syams Ayat 9) dan ada lagi ” Maka Janganlah kamu mengatakan dirimu Suci (An Najm Ayat 32) ”.

Melihat Firman Alloh Swt sudah dpt disimpulan bahwa Keutamaan Zakat di Idul Fitri atau Manfaat Bulan Idul Fitri itu sangatlah besar karena selain bisa membayar Zakat Fitrah, kita juga bisa Berpuasa selama 30 Hari sebelum tanggal 01 Syawal dan setelah Shalat Idul Fitri maka anda jg bisa bermaaf – maaf’an dg orang – orang Muslim disekitar kita sehingga dosa – dosa kita kpd mereka bisa terhapus. Adapun Untuk Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri nya sendiri sudah saya tulis dan buat dibawah ini tinggal anda membaca dan memahami sendiri

Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri Terlengkap

cara mengerjakan shalat idul fitri didalam islam

Adapun untuk Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri sendiri dilakukan pd pagi hari tanggal 01 Syawal, sesudah anda mengerjakan Shalat Wajib Subuh dan disunahkan untuk mandi. Lalu berangkatlah ke Masjid ataupun tanah lapang dg memperbanyak membaca bacaan Takbir. Selanjutnya setelah sampai di Masjid atau Tanah Lapang tetap memperbanyak membaca Takbir sambil menunggu Iqamah Shalat Idul Fitri.

Bacaan Niat Shalat Idul Fitri di Islam

niat shalat idul fitri terlengkap dirukun islam

Terjemahan Niat Shalat Idul Fitri Latin, ” USHALLI SUNNATAN LI’IIDIL FITRI RAK’ATAINI (MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALAA ” dan kemudian untuk Arti Niat Shalat Idul Fitri ialah, ” Aku Niat Shalat Idul Fitri dua Raka’at (Makmum / imam) karena Alloh Ta’ala ”.

Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri

Seteelah anda membacaa Bacaan Niat Sholat Idul Fitri diatas maka takbiratul ikhram lah dan Cara Shalat Idul Fitri setelah Takbiratul Ikhram tinggal membaca Bacaan Doa Iftitah dan selanjutnya takbir sebanyak 7 (Tujuh) kali dan setiap habis membaca takbir disunahkan untuk membaca Bacaan Tasbih seperti dibawah ini

cara Shalat Idul fitri tasbih

Setelah 7 (Tujuh) Takbir dan membaca Bacaan Tasbih diatas maka tinggal anda membaca Surat Al Fatihah dan dilanjutkan dg membaca Surat yg anda sukai atau lebih utama membaca Surat Al – A’la (Pada Raka’at Pertama).

Bacaan Surat Al Fatihah pada Raka’at Pertama

Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri Al-Fatihah

Bacaan Surat Al A’la pada Raka’at Pertama

cara mengerjakan shalat idul fitri surat Al A'la

Setelah itu anda tinggal Ruku, Itidal, Sujud dan kembaali berdiri Raka’at Kedua dan kemudian Cara Shalat Idul Fitri Pada Raka’at kedua anda membaca Takbir lagi sebanyak 5 Kali dan disetiap 5 Takbir tersebut disunahkan untuk membaca Bacaan Tasbih seperti pd Raka’at Pertama. Setelah takbir 5 kali pada Raka’at Kedua anda membaca Surat Al Fatihah kembali dan membaca Surat yg anda senangi tetapi di utamakan membaca Surat Al Ghasyiyah (Pada Raka’at Kedua) ini.

cara mengerjakan shalat idul fitri surat al ghasyiah

Surat diatas merupakan Surat Al Ghasyiyah yg dibacakan di Raka’at Kedua karena Cara Mengerjakan Sholat Idul Fitri ini dilakukan dg 2 Raka’at dan dikerjakan seperti Shalat – Shalat lainnya (Gerakan dan Doa Shalatnya). Kemudian untuk Khutbahnya sendiri dibacakan setelah selesai Shalat Idul Fitri yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada Khutbah kedua membaca takbir 9 kali dan hendaknya isi Khutbah itu berisi tentang Zakat Fitrah.

Itulah pembahasan yg bisa kami berikan kepada anda tentang Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya. Kemudian untuk tambahan saja bahwa ada beberapa Hal Yang Dilakukan Sebelum Shalat Fitri ini yg antara lain, ” Disunahkan Mandi, Berhias dg memakai pakaian sebaik – baiknya dan menggunakan wangi – wangian, Disunahkan tidak makan kecuali setelah shalat, pergi mengerjakan shalat dan pulang dari shalat dg jalan yg berlainan dan Takbiran di malam hari sebelum Shalat.

Cara Mengerjakan Shalat Idul Fitri Terlengkap | Rukun | 4.5