Cara Mengerjakan Shalat Jumat Terlengkap

Sunday, April 12th 2015. | Shalat Jum'at
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Cara Mengerjakan Shalat Jumat – Shalat jumat adalah Shalat dua rakaat yg dilakukan pada hari jum’at pada waktu masuk shalat dhuhur yg dikerjakan setelah dua khutbah dan diwajibkan oleh setiap kaum laki – laki di seluruh dunia yg sudah baligh atau dewasa dan tidak sakit. Hukum mengerjakan Shalat Jum’at ini ialah Fardhu ain atau wajib untuk pria yg sehat dan balig sedangkan untuk kaum wanita hanya diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Wajib Dhuhur biasa.

Cara Mengerjakan Shalat Jum’at masih sama dg mengerjakan shalat pada umumnya yg diawali dg niat dan takbir serta diakhiri dg dua salam, hanya saja Cara Shalat Jum’at ini di lakukan setelah kita sebagai jamaah mendengarkan dua khutbah yg dilakukan oleh Khatib setelah Adzan Shalat Jum’at. Untuk Syarat – Syarat Shalat Jum’at sendiiri ialah Jamaah yg hadir didalam shalat minimal harus 40 (Empat Puluh) orang jamaah, Masjid harus diitentukan yg cukup untuk menaampung banyak jamaah, Dikerjakan saat masuk Shalat Dhuhur dan dilakukan setelah khatib membaca dua khutbah shalat jum’at.

Kemudian disunahkan oleh kalian untuk mandi baik baik mandi wajib maupun mandi biasa, memotong rambut, memotong kuku – kuku, merapikan badan, memakai wangi – wangian dan menggunakan pakaian atau baju yg rapi dan bersih sebelum berangkat untuk mengerjakan Shalat Jum’at ke masjid karena didalam Shalat Jum’at maupun Hari Jum’at mempunyai banyak sekali manfaat dan keistimewaan sehingga jika anda mengerjakan beberapa sunah tersebut maka akan ditambahkan pahalanya oleh Alloh Swt untuk anda.

Cara Mengerjakan Shalat Jumat Terlengkap

cara mengerjakan shalat jumat terlengkap

Kemudian untuk Cara Mengerjakan Shalat Jum’at ini dilakukan dg awalan Niat Shalat Jumat dan di akhiri dg salam dan untuk bacaan doa dan gerakan Shalat Jumat sendiri masih sama dg cara mengerjakan shalat pada umumnya baik takbir, surat al fatihah, ruku, itidal, sujud dll. Hanya saja Cara Shalat Jum’at ini dilakukan dg jumlah 2 (Dua) Raka’at saja.

Bacaan Niat Shalat Jumat Lengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

bacaan niat shalat jum'at di islam

Setelah membaca Niat Shalat Jum’at di atas maka anda tinggal Takbirotul Ikhram dan Membaca Surat Iftitah dan dilanjut dg membaca Surat Al Fatihah seperti di bawah ini.

cara mengerjakan shalat jum'at surat al fatihah

Setelah anda membaca Surat Al Fatihah maka anda tinggal membaca Suratan dan di sunahkan untuk membaca Suratan yg agak panjang ayatnya. Kemudian baru Ruku, Itidal, Sujud, Duduk Diantara Sujud, Sujud Kedua dan kemballi berdiri untuk Raka’at Kedua sampai Tasyahud Akhir hingga Salam karena Cara Mengerjakan Shalat Jumat baik untuk bacaan doa dan Gerakan Shalatnya masih sama persis dg cara shalat pada umumnya hanya beda bacaan niat shalatnya saja.

Doa Setelah Shalat Jumat

Setelah anda selesai mengerjakan Shalat Jumat maka duduklah dg Khusyu dan mulai berdzikir kpd Alloh dg bacaan Dzikir sepertii Istighfar, Shalawat Nabi Muhammad Saw, Tahmid dan Tasmih yg bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt dan kemudian anda membaca Doa Setelah Shalat seperti dibawah ini

doa sesudah shalat jum'at al falaq

Surat Al Falaq di atas dibacakan sebanyak 7 (Tujuh) kali atau cukup satu kali saja dan kemudian membaca Surat Al Ikhlas dan Surat An Nas

doa setelah shalat jumat an nas

Anda juga bisa Berdoa Setelah Shalat Jumat menurut dg hajat atau permintaan anda dg bahasa Indonesia karena Alloh pasti akan mendengarkan segala doa – doa dan permintaan anda karena Alloh Swt Maha Mendengar dan Maha Tahu, setelah itu di tutup dg bacaan seperti di bawah ini.

doa setelah shalat jumat terlengkap di islam

Itulah Cara Mengerjakan Shalat Jumat yg bisa kami jelaskan kepada anda dan perlu di ingatkan sekali lagi bahwa Cara Shalat Jumat ini dilakukan secara Berjamaah dan dikerjakan setelah mendengarkan dua Khutbah setelah Adzan Shalat Jum’at. Kemudian kami harap tulisan Cara Mengerjakan Shalat Jumat ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semua karena tujuan kami dlm menulis artikel ini di tujukan hanya untuk anda.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , ,