Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun di Islam

Tuesday, August 23rd 2016. | Kumpulan Doa

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun merupakan salah satu amalan doa yang cukup banyak dicari dan diamalkan oleh setiap Muslim khususnya Masyarakat Muslim di tanah air karena kita sudah memahami bahwa Kekuatan dan Keistimewaan Doa itu sangat lah banyak seperti Doa adalah ibadah yg paling mulia disisi Alloh Swt dan Berdoa juga sudah diperintahkan oleh Alloh Swt untuk diamalkan oleh setiap Muslim sehingga kita sebagai seorang Muslim harus banyak – banyak membaca dan memanjatkan doa kepada Alloh Swt disetiap waktu dan setiap hari.

Adapun untuk Hukum Membaca Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun di Ajaran Islam sendiri tentunya dibolehkan atau tidak dilarang karena kita sebagai seorang Muslim bisa membaca Doa Memohon Ampunan, membaca Doa Agar Diberikan Perlindungan oleh Alloh Swt dan membaca Doa yang lain kepada Alloh Swt di setiap waktu dan dalam konteks membaca Doa di Akhir Tahun dan di Awal Tahun pun tentunya dibolehkan karena sekali lagi Doa merupakan Ibadah dan Alloh Swt telah berfirman dlm Al Qur’an Surat Ghafir Ayat 60 yg berbunyi, ” Berdoalah kepada ku (Alloh Swt), niscaya akan kuperkenankan (Kabulkan) bagimu. Sesungguh-nya orang2 yg menyombongkan diri dari menyembahku maka akan kumasukan ke dlm Neraka Jahannam dlm keadaan yg hina dina (QS. Ghafir Ayat 60) ”.

Kemudian di Indonesia sendiri terdapat Sistem Kalender Dua Macam yang terbagi menjadi Sistem Kalender Masehi dan Sistem Kalender Hijriah, hanya saja Sistem Kalender yg resmi dipakai di pemerintahan Indonesia yakni Sistem Kalender Masehi. Tetapi masih banyak pula Masyarakat Muslim Indonesia yg masih mengikuti Sistem Kalender Hijriah sehingga didlm Sistem Kalender Masehi Akhir Tahun ada di Bulan Desember dan Awal Tahun ada di Bulan Januari, sedangkan didlm Sistem Kalender Hijriah Akhir Tahun berada di Bulan Dzulhijjah dan Awal Tahun ada di Bulan Muharram. Oleh karena ada baiknya jika kalian sebagai seorang Muslim Indonesia untuk mengamalkan banyak amalan ibadah di Akhir Tahun dan Awal Tahun pd Kalender Hijriah karena di Bulan Dzulhijjah (Akhir Tahun Hijriah) dan Bulan Muharram (Awal Tahun Hijriah) memiliki banyak keistimewaan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun di Ajaran Islam

doa akhir tahun dan awal tahun

Lalu Bulan Dzulhijjah dan Bulan Muharram dlm Kalender Hijriah termasuk kedalam Bulan Haram atau disebut pula dengan Bulan yg dimuliakan sehingga di Bulan Haram (Bulan Dimuliakan) tersebut dilarang untuk bermaksiat dan diperintahken untuk banyak mengamalkan Amalan Ibadah, lalu Bulan Haram tersebut antara lain Bulan Dzulkaidah, Bulan Dzulhijjah, Bulan Muharram dan Bulan Rajab. Alloh Swt berfirman bahwa, ” Sesungguh-nya bilangan bulan pd Sisi Alloh Swt itu ada 12 Bulan, dlm ketetapan Alloh Swt di waktu dia menciptakan langit dan bumi, diantara-nya 4 Bulan Haram. Itulah ketetapan Agama yg lurus (Islam) maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dlm 4 Bulan Haram tersebut (QS. At Taubat, Ayat : 36) ”.

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

doa awal tahun dan doa akhir tahun meminta ampunan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Memohon Ampunan kepada Alloh Swt diatas bisa kalian bacakan dan amalkan pada saat Akhir Tahun dan Awal Tahun didalam Kalender Hijriah maupun Kalender Masehi dan tentunya bisa juga diamalkan disetiap hari setelah selesai mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah Malam karena memohon ampunan kepada Alloh Swt memang diharuskan setiap hari bukan hanya diwaktu – waktu tertentu saja.

doa awal tahun dan akhir tahun meminta perlindungan

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Tahun Baru diatas mempunyai maksud untuk memohon dan meminta kepada Alloh Swt untuk melindungi kita dari segala bentuk macam bahaya baik melindungi kita dari segala godaan – godaan setan terkutuk maupun segala bentuk bahaya yang dilakukan oleh sesama Manusia karena kita sebagai seorang Muslim sudah sepantasnya memohon perlindungan hanya kepada Alloh Swt.

doa akhir tahun dan awal tahun meminta rezeki

Bacaan Doa Dilancarkan Rezeki diatas bisa kalian bacakan pada saat Awal Tahun dan Akhir Tahun Kalender Masehi maupun Kalender Hijriah karena kita sebagai seorang Muslim sudah sewajarnya meminta kepada Alloh Swt untuk dilancarkan Rezeki yang lebih baik dari tahun sebelumnya karna sekali lagi perkara Rezeki hanya Alloh Swt yang mengatur itu semua.

Sebagai tambahan bahwa kalian bisa membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang lain baik dibacakan memakai Bahasa Indonesia maupun Bahasa Arab karena tidak ada doa – doa khusus yang dibacakan di Awal Tahun dan Akhir Tahun, hanya saja di Bulan Muharram (Awal Tahun Kalender Hijriah) dan Bulan Dzulhijjah (Akhir Tahun Kalender Hijriah) telah dianjurkan untuk memperbanyak mengamalkan Amal Ibadah dan dilarang untuk berbuat maksiat karena Bulan Muharram dan Bulan Dzulhijjah termasuk kedalam Bulan Haram atau bulan yang dimuliakan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...