Bacaan Doa Bulan Ramadhan Arab Indonesia

Monday, June 6th 2016. | Bulan Ramadhan

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doa Bulan Ramadhan – Pembahasan mengenai Bulan Ramadhan di Ajaran Islam adalah salah satu Bulan didalam Kalender Hijriah (Kalender Islam) yang paling mulia, paling baik dan paling utama diantara Bulan – Bulan didalam Kalender Hijriah yg lainnya karena didalam Bulan Ramadhan ini terdapat salah satu Malam Teristimewa yaitu Malam Lailatul Qadar, Bulan Ramadhan jg merupakan Bulan dimana Al Qur’an diturunkan, Bulan dimana diwajibkan untuk membayar Zakat Fitrah untuk mensucikan diri setiap Muslim dan di Bulan Ramadhan setiap Muslim diwajibkan untuk mengerjakan atau melaksanakan Puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Untuk Keutamaan di Bulan Ramadhan tersebut sudah diterangkan didalam Al Qur’an pada Surat Al Baqarah Ayat 185 mengatakan bahwa, ” Bulan Ramadhan ialah Bulan yg di dlmnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi Setiap Manusia & penjelasan2 mengenai petunjuk ittu dan pembeda karna itu barangsiapa diantara km hadir di Bulan Ramadhan maka hendaklah km berpuasa di Bulan Ramadhan (QS. Al Baqarah Ayat : 185) ”. Lalu Keistimewaan di Bulan Ramadhan terdapatnya Malam Lailatul Qadar dan tlah diterangkan oleh Surat Al Qadr Ayat 1 – 3, ” (1) Sesungguhnya kami tlah menurunkan Al Qur’an pd malam kemuliaan, (2) Dan tahukah km apa malam kemuliaan itu ?, (3) Malam Kemuliaan itu lebih baik dari Seribu Bulan (QS. Al Qadr Ayat 1 – 3) ”.

Nabi Muhammad Saw Bersabda mengenai Keistimewaan Bulan Ramadhan bahwa, ” Apabila Bulan Ramadhan itu tiba maka Pintu Surga akan selalu dibuka dan Pintu Neraka akan ditutup serta Setan2 pun dibelenggu (Hadist Riwayat Muslim). Maksud dari Sabda Nabi Muhammad Saw yg dijelaskan oleh Hadist Muslim ialah Pintu Surga akan selalu dibuka karena banyaknya Amal Shaleh yg dikerjakan sekaligus oleh Umat Muslim dan Pintu Neraka akan ditutup karena sedikit Maksiat yg dilakukan oleh Muslim serta Setan akan dibelenggu dan diikat tidak dibiarkan lepas seperti di Bulan biasa selain Bulan Ramadhan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Kemudian Keutamaan Bulan Ramadhan selanjutnya ialah salah satu Waktu dikabulkan doa – doa yg dipanjatkan oleh setiap Muslim karna sudah dijelaskan langsung oleh Sabda Nabi Muhammad Saw yg mengatakan bahwa, ” Sesungguhnya Alloh Swt tlah membebaskan beberapa Orang dari Api Neraka pd setiap hari di Bulan Ramadhan dan setiap Muslim yg memohon doa maka pasti akan dikabulkan oleh Alloh Swt (HR. Al Bazaar) ”. Lalu setiap Muslim yg mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan akan diampuni segala dosa – dosanya yg lalu dan Nabi Muhammad Saw Bersabda bahwa, ” Barangsiapa yg menunaikan Puasa Bulan Ramadhan karena Iman dan mengharapkan Pahala dari Alloh Swt maka dosa2 mereka dimasa lampau (Lalu) akan diampuni oleh Alloh Swt (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Lalu tentang perihal tiga orang yg akan dikabulkan doa – doa nya oleh Alloh Swt seperti yg diterangkan oleh Hadist Shahih At Tirmidzi yg mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda , ” Ada golongan Tiga Orang yg tak ditolak doa mereka yaitu (1) Orang yg berpuasa hingga dia berbuka puasa, (2) Seorang penguasa yg adil dlm memerintah rakyatnya, (3) Dan doa orang2 yg dianiaya atau dizalimi (Hadist Riwayat Tirmidzi) ”. Oleh karena itu sudah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw bahwa di dalam Bulan Ramadhan dan Puasa di Bulan Ramadhan merupakan salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa karena salah satu Waktu Mustajab Berdoa yakni di Bulan Ramadhan sehingga sangat baik sekali jika kalian membaca Bacaan Doa di Bulan Ramadhan apa pun baik meminta Jodoh, memohon Ampunan ataupun permohonan doa lainnya karena Insa Alloh akan dikabulkan oleh Alloh Swt.

Bacaan Doa Bulan Ramadhan dan Terjemahan Lengkap

doa di bulan ramadhan berniat puasa


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Untuk Bacaan Doa Bulan Ramadhan yg harus km bacakan setiap hari ialah Doa Berpuasa Ramadhan atau membaca Niat Mengerjakan Puasa Ramadhan karena kalian sebagai seorang Muslim sdh diwajibkan untuk mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan dan kalian juga harus membaca Niat Puasa Ramadhan baik yg diucapkan dlm hati maupun dibacakan secara lisan di malam hari setelah Shalat Maghrib dan sebelum Waktu Imsak (Terbitnya Fajar) karna jika kalian belum mempunyai niat mengerjakan puasa ramadhan atau belum membaca Niat Puasa Ramadhan dimalam hari sampai terbitnya Fajar (Waktu Imsak) maka Puasa Ramadhan yg dikerjakan oleh kalian tidak sah.

Amalan Doa Bulan Puasa Ramadhan Dzikir

doa bulan ramadhan istighfar

Bacaan Doa Bulan Ramadhan Harian selanjutnya yg bisa km bacaan di Bulan Ramadhan adalah Bacaan Dzikir dan Doa Dzikir diatas merupakan Dzikir Istighfar yg dpt km semua bacakan setelah mengerjakan Sholat (Sholat Fardhu maupun Sholat Sunnah) di Bulan Ramadhan karna Doa Dzikir Istighfar mempunyai maksud untuk memohon dan minta ampunan kepada Alloh Swt atas segala dosa2 yg pernah kalian perbuat di masa lalu baik yg dilakukan secara sengaja maupun tak disengaja.

doa bulan ramadhan

Bacaan Dzikir di Bulan Ramadhan seperti Dzikir Tasbih, Dzikir Tahmid, Dzikir Takbir dan Dzikir Tahlil diatas juga dpt km bacakan atau amalkan sebagai amalan Doa di Bulan Puasa Ramadhan karena perlu kalian ketahui didalam Keutamaan Membaca Dzikir itu sangat banyak dan salah satunya ialah akan memperoleh Pahala, membaca Dzikir merupakan salah satu dari Sedekah dan sebagai sarana untuk mendekatkan serta berpasrah diri kepada Alloh Swt sehingga sangat baik sekali jika km memperbanyak membaca Bacaan Doa Dzikir yg dpt dibacakan setelah mengerjakan Shalat (Shalat Fardhu dan Shalat Sunnah) maupun disetiap kesempatan disetiap harinya di Bulan Ramadhan.

Bacaan Doa di Bulan Ramadhan Lailatul Qadar

doa bulan puasa ramadhan malam lailatul qadar
Bacaan Doa Bulan Ramadhan diatas bisa kalian amalkan saat Bulan Ramadhan karna merupakan salah satu doa yg diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw kpda Aisyah Ra di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan atau lebih tepatnya saat menunggu datangnya Malam teristimewa dari Seribu Bulan (Malam Lailatul Qadar). Hadist Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah mengatakan bahwa Aisyah Ra berkata, ” Aku pernah bertanya kpd Nabi Muhammad Saw yakni jika saja ada suatu hari yg aku tau bahwa hari atau malam itu merupakan Lailatul Qadar maka doa apa yg seharusnya ku ucapkan ? ”. Lalu Nabi Muhammad Saw menjawab Berdoalah, Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’Fu’annii (Hadist Riwayat Tirmidzi 3513 dan Ibnu Majah 3850) ”.

Kemudian tentunya kalian sebagai seorang Muslim dpt membaca dan mengamalkan Bacaan Doa Bulan Ramadhan yg lain seperti membaca Doa Diberikan Kesehatan, Doa Agar Dimudahkan Urusan, Doa Supaya Cepat Mendapatkan Jodoh atau Keturunan, Doa Dilancarkan Rezeki, Doa Dilancarkan Puasa Ramadhan dan bacaan doa menurut Permintaan (Hajat) kalian yg dibacakan setelah mengerjakan Shalat Fardhu dan Shalat Sunnah di Bulan Ramadhan karena salah satu Waktu Mustajab Berdoa ialah di Bulan Ramadhan, Orang Mengerjakan Puasa Sampai Berbuka dan Setelah Mengerjakan Shalat baik Shalat Fardhu maupun Shalat Sunnah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...