Doa dan Niat Aqiqah Anak Laki – Laki dan Perempuan

Doa dan Niat Aqiqah – Pengertian Aqiqah menurut Syariat Islam adalah bentuk rasa sukur Umat Islam terhadap Allah SWT atas diberikannya keturunan Anak kepadanya, dan Aqiqah ini dilaksanakan dengan menyembelih Hewan Aqiqah yang biasanya Kambing (Domba) pada hari Ketujuh Kelahiran Seorang Anak baik itu Anak Laki – Laki maupun Anak Perempuan sebagai bentuk Rasa Sukur atas Rahmat Allah SWT berupa Kelahiran Seorang Anak.

Adapun untuk Hukum Melakukan Aqiqah menurut pendapat yang kuat adalah Sunnah Muakkad bagi mereka yang mampu melakukan Aqiqah terhadap Anaknya. Maksud dari Hukum Aqiqah yang Sunnah Muakkad ini adalah dianjurkan untuk dilaksanakan bagi mereka yang mampu agar mereka mendapatkan Pahala dan Keutamaan Aqiqah, namun tidak akan mendapatkan Dosa bagi mereka yang tidak melakukan Aqiqah karena Aqiqah bukanlah Ibadah Wajib, tetapi Ibadah Sunnah Muakkad.

Hanya saja bagi Orang Tua Muslim yang mampu tetapi mereka tidak melakukan Aqiqah kepada Anak – Anak nya maka hal tersebut merupakan Kerugian karena mereka mensia – siakan Ibadah Sunnah Muakkad yang bisa memberikan Pahala yang banyak, apalagi Aqiqah merupakan salah satu Sunnah Nabi Muhammad SAW. Didalam Hadist Shahih Riwayat Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda yang berbunyi, ” Bagi Anak Pria (Laki – Laki) disembelihkan 2 Ekor Kambing dan Bagi Anak Perempuan disembelihkan 1 Ekor Kambing (HR. Ahmad dan Tirmidzi) ”.

Doa dan Niat Aqiqah Anak Laki dan Perempuan

niat aqiqah dalam islam

Setelah kalian mengetahui tentang Perintah dan Hukum Melakukan Aqiqah di dalam Ajaran Islam, sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Bacaan Niat Melakukan Aqiqah karena segala Amal Ibadah itu tergantung kepada Niatnya. Hal ini seperti diterangkan didalam Hadist Bukhari Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi :

” Amal Ibadah itu tergantung kepada Niatnya dan seorang Muslim hanya akan mendapatkan Pahala sesuai niatnya. Barang siapa yg Hijrahnya kepada Allah SWT dan Rosul nya maka Hijrahnya kepada Allah SWT dan Rosulnya. Dan barang siapa yg Hijrahnya karena Wanita ataupun Dunia maka Hijrahnya itu sesuai kemana dia Hijrah (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim ) ”.

Bacaan Niat Aqiqah dan Terjemahannya

doa menyembelih hewan aqiqah

Bacaan Niat dan Doa Aqiqah diatas bisa kalian bacakan baik untuk Aqiqah Anak Laki – Laki maupun Aqiqah untuk Anak Perempuan karena tinggal menambahkan Nama Anak kalian yang akan di Aqiqahi didalam kalimat Fulaan pada bacaan diatas.

Kemudian sebagai tambahan informasi saja bahwa Keutamaan dan Manfaat Aqiqah yang akan didapatkan oleh kalian sebagai Orang Tua Muslim antara lain akan mendapatkan Pahala Ibadah Aqiqah dan menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan Aqiqah terhadap anak nya yakni Al Hasan dan Al Husain dengan masing – masing 2 Kambing.

Lalu Keistimewaan Aqiqah lainnya juga bisa untuk melindungi Anak yang terlahir dari Gangguan Jin dan Setan karena sesuai Hadist yang berbunyi bahwa ” Setiap anak itu tergadai dengan Aqiqahnya ”. Sehingga anak yang telah di Aqiqah kan oleh Orang Tua nya, insa Allah akan lebih terlindungi dari Gangguan Jin dan Setan yang sering mengganggu anak anak.

Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan tentang Doa dan Niat Aqiqah Dalam Islam, yang tentunya telah dijelaskan secara lebih detail karena didalam artikel ini telah ditambahkan dengan penjelasan tentang Perintah, Hukum dan Keutamaan Aqiqah itu sendiri sehingga kami harap tulisan ini bermanfaat dan berguna bagi Pembaca Muslim yang berniat untuk melakukan Aqiqah untuk Anak Anak nya.

Doa dan Niat Aqiqah Anak Laki – Laki dan Perempuan | Rukun | 4.5