Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat dan Artinya

Lafadz Doa Iftitah Pendek – Sebelum membahas terlebih jauh tentang Bacaan Doa Iftitah Yang Pendek didalam Sholat, baik itu Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah maka ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim di Website Rukun Islam ini untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat secara lebih dalam. Hal tersebut dikarenakan, saya pribadi sebagai Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih ada Pembaca Muslim (Masyarakat Muslim) Indonesia yang belum begitu memahami tentang Doa Iftitah Dalam Sholat secara lebih dalam.

Dan langsung saja untuk Pengertian Doa Iftitah di Ajaran Islam adalah salah satu doa yang bisa dibacakan di dalam Sholat, lebih tepatnya dibacakan setelah Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan sebelum membaca Suratan Al Fatihah di Rakaat Pertama disetiap Sholat, baik itu di Rakaat Pertama Sholat Wajib Lima Waktu maupun Rakaat Pertama Sholat Sunnah. Kemudian didalam Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat ialah Sunnah, dan lebih tepatnya Sunnah Haiat yakni Amalan Sunnah didalam Sholat yang boleh dilakukan dan boleh tidak dilakukan (tidak dibacakan).

Oleh karena itu bagi kalian Umat Muslim dalam mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu tidak membaca Doa Iftitah maka kalian tidak mendapatkan Dosa dan Sholat yang dikerjakan kalian tidaklah Batal (masih tetap Sah) karena sekali lagi Hukum Doa Iftitah Saat Sholat adalah Sunnah, dan bukan termasuk kedalam Rukun – Rukun Sholat. Hanya saja sangat disayangkan sekali bagi kalian Muslim – Muslimah jika tidak mengamalkan (Membaca) Doa Iftitah Dalam Sholat ini karena tentunya akan mendapatkan Pahala Sunnah yang banyak.

Selain itu Bacaan Doa Iftitah tidaklah sulit untuk dihafalkan dan terdapat Bacaan Doa Iftitah Pendek yang bisa dan boleh dibacakan ketika mengerjakan Sholat sehingga sangat disayangkan sekali jika Bacaan Doa Iftitah tidak dibacakan saat mengerjakan Sholat. Untuk itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan Bacaan Doa Iftitah Pendek dan Terjemahannya kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Rukun Islam ini karena sekali lagi Penulis sangat yakin bahwa masih banyak Masyarakat Indonesia yang belum begitu memahami tentang Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Yang Baik dan Benar Menurut Hadits.

Bacaan Doa Iftitah Pendek dan Terjemahan Lengkap

lafadz doa iftitah pendek dalam sholat

Dibawah ini telah saya berikan 3 Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Sesuai Hadits Shahih yang bisa kalian bacakan dan amalkan ketika kalian mengerjakan Sholat, baik itu Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah. Hal tersebut dikarenakan didalam Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat itu ada beberapa macam karena ada yang panjang dan ada yang pendek, untuk itu disini saya akan memberikan 3 Macam Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat yang bisa kalian amalkan.

Doa Iftitah Pendek Pertama

doa iftitah yang pendek dalam sholat

Bacaan Doa Iftitah Yang Pendek Dalam Sholat ini bisa kalian bacakan dan amalkan, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Aisyah, Anas bin Malik dan Jabir RA bahwa : ” Umar bin Khattab pernah Menjahrkan Doa ini Ketika Sholat (Hadits Riwayat Muslim NO. 399) ”.

Doa Iftitah Pendek Kedua

bacaan doa iftitah pendek dalam sholat

Kemudian Bacaan Doa Iftitah Yang Pendek Kedua diatas juga bisa kalian amalkan dan bacakan di dalam mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah. Terdapat Hadits Shahih dari Ibnu Umar RA bahwa ia berkata : ” Ketika kami Sholat bersama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, ada Seorang Laki – Laki membaca Doa Iftitah (lalu disebutkan doa diatas). Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Aku Heran, dibukakan baginya pintu2 langit ”. Ibnu Umar pun berkata lagi bahwa : ” Aku tidak pernah meninggalkan doa ini sejak Rasulullah SAW berkata demikian ”.

Doa Iftitah Pendek Ketiga

doa iftitah dalam sholat yang pendek

Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Pendek diatas juga bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian mengerjakan Sholat. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA bahwa ketika ada Seorang Lelaki membaca Doa Iftitah diatas maka Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Aku melihat 12 Malaikat bersegera menuju kepada-nya. Mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Demikianlah pembahasan tentang Tiga Bacaan Doa Iftitah Saat Sholat Yang Pendek Menurut Hadits Shahih yang bisa kalian amalkan dan bacakan saat mengerjakan Sholat Wajib dan Sholat Sunnah. Semoga ulasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Situs Rukun Islam ini, dan sebagai tambahan informasi saja jika kalian ingin mengetahui Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Panjang Sesuai Sunnah dan Hadits Shahih, maka bisa kalian langsung menuju tautan tersebut karena disitu telah dibahas secara lebih detail dan lebih dalam lagi tentang Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat.

Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat dan Artinya | Rukun | 4.5