Bacaan Doa Malam Jumat Dalam Ajaran Islam

Thursday, November 24th 2016. | Kumpulan Doa
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bacaan Doa Malam Jumat – Definisi dan Pengertian Berdoa ialah memohon, meminta dan menyerahkan diri sepenuh hati dan penuh keyakinan kepada Allah SWT dan perlu kalian ketahui sebagai Umat Muslim yang khususnya berada di Indonesia bahwa Berdoa merupakan Ibadah, dan dalam hal ini telah dijelaskan didalam Firman Allah SWT didalam Surat Al Qur’an Ghafir Ayat 60 yang berbunyi sebagai berikut

” Berdoa’lah kepadaku, niscaya akan kuperkenankan bagi mu. Sesungguh-nya orang2 yang menyombongkan diri dari menyembahku maka akan aku masukkan ke Neraka Jahannam dlm keadaan hina dina (QS. Ghafir, Ayat : 60) ”. Adapun Nabi Muhammad SAW pun telah bersabda yang berbunyi, ” Tidak ada sesuatu yg paling mulia di sisi Allah SWT daripada Doa (Hadist Shahih Riwayat At Tirmidzi) ”.

Oleh karena itu harus kalian ingat sebagai seorang Muslim bahwa kalian jangan sampai lupa untuk Berdoa dan Memohon kepada Allah SWT disetiap harinnya karena selain sudah diperintahkan oleh Allah SWT, berdoa juga sangat berguna untuk kita sebagai Manusia yang banyak sekali kebutuhan dan kekuranganya. Adapun untuk Berdoa sendiri dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tetapi sangat baik sekali bagi kalian untuk membaca Doa Setelah Mengerjakan Shalat Wajib karena salah satu Waktu Mustajab untuk membaca doa ialah setelah menunaikan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah disetiap harinya.

Kemudian untuk Bacaan Doa Malam Jum’at didalam Ajaran Islam sendiri boleh dilakukan karena sekali lagi membaca Doa boleh dimana saja dan kapan saja, asalkan meminta hanya kepada Allah SWT. Lalu untuk Keistimewaan Malam Jumat dan Hari Jumat cukup banyak seperti salah satunya ialah terdapatnya waktu mustajab untuk memanjatkan doa dan dlm hal ini sudah pernah diterangkan oleh Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi,

” Bahwa Nabi Muhammad SAW menyebut Hari Jumat, lalu menyatakan bahwa didalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang Muslim menepatinya dalam keadaaan berdiri mengerjakan Shalat untuk memohon dan meminta kepada Allah SWT, melainkan Allah SWT akan mengabulkan permintaannya (Doanya), seraya mengisyarakatkan dg tangannya bahwa waktunya cuma sebentar) ”. Sehingga melihat Sabda Nabi Muhammad SAW diatas maka ada baiknya jika kalian perbanyak membaca Doa dan Berdzikir baik di Malam Jum’at maupun di Hari Jum’at.

Kumpulan Bacaan Doa Malam Jumat di Islam

doa-di-malam-jumat


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Yang Dibaca di Malam Jum’at tersebut merupakan doa memohon ampun kepada Allah SWT atas semua kesalahan – kesalahan kita sebagai seorang Muslim dan Kesalahan Kedua Orang Tua kita baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak.

doa-malam-jumat

Bacaan Doa Malam Jumat diatas merupakan doa untuk meminta diberikan Rezeki yang banyak, lancar, berkah dan halal kepada Allah SWT karena kita sebagai seorang Muslim sudah diperintahkan untuk Berdoa dan Meminta kepada Allah SWT.

Lalu Amalan Doa di Malam Jum’at lainnya yang dapat kalian amalkan di Malam Jum’at ataupun di Hari Jum’at ialah membaca Surat Al Kahfi dan dalam hal ini telah diterangkan oleh Sabda Nabi Muhammad SAW yg berbunyi, ” Barangsiapa yg membaca Surat Al Kahfi di Hari Jum’at maka Allah SWT akan meneranginya dg cahaya antara hari tersebut dengan Baitul Atiq atau di antara Dua Jum’at (HR An Nasa’i) ”.

Amalan Doa Malam Jumat yang bisa kalian amalkan selanjutnya ialah membaca Surat Yassin dan mendoakan Orang Tua, Keluarga, Kerabat, Teman dan Seluruh Umat Muslim Muslimah yang sudah meninggal dunia karena Hukum Membaca Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal sendiri adalah dibolehkan atau tidak dilarang. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yg berbunyi, ” Jika seseorang sudah meninggal dunia maka terputus-lah semua amalannya kecuali tiga macam perkara yang antara lain Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan Doa anak yang Sholeh (HR. Muslim no 1631) ”.

Dan tentunya kalian sebagai seorang Muslim bisa membaca dan mengamalkan Bacaan Doa Yang Dibacakan di Malam Jum’at yang lain seperti meminta jodoh, meminta diberikan perlindungan dari Allah SWT, meminta dilancarkan segala urusan dan membaca doa yang lainnya lagi karena perlu ditekan kan kepada kalian bahwa tidak ada doa khusus yang bisa dibacakan di Malam Jum’at atau Hari Jum’at.

Hanya memang Keistimewaan Hari Jum’at cukup banyak jika dibandingkan dengan hari – hari yang lain sehingga sebaiknya kalian perbanyak membaca doa dan berdzikir di Malam Jum’at ataupun di Hari Jum’at setelah mengerjakan Sholat Wajib maupun Shalat Sunnah karena akan bermanfaat bagi kalian sebagai seorang Muslim dan manfaat salah satunya ialah akan mendapatkan Pahala yang banyak bagi kalian yang melakukannya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , ,