Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Doa Malam Lailatul Qadar – Sebagai seorang Muslim pastinya kalian telah mengetahui apa itu Malam Lailatul Qadar didalam Ajaran Islam karena Malam Lailatul Qadar menurut Bahasa Arab mempunyai artian Malam Ketetapan dan untuk Pengertian Malam Lailatul Qadar Menurut Bahasa ialah Satu Malam yang sangat penting dan satu malam kemuliaan yang lebih baik dari Seribu Bulan yang terjadi atau ada di Bulan Ramadhan dalam Kalender Hijriyah.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang sangat mulia dan lebih baik dari Seribu Bulan tersebut telah dijelaskan oleh Kitab Suci Al Qur’an didalam Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 yang berbunyi, ” (1) Sesungguhnya kami tlah menurunkannya (Al – Qur’an) pada malam kemuliaan, (2) Dan tahukah km apa itu Malam Kemuliaan ?, (3) Malam Kemuliaan itu lebih baik dari 1.000 Bulan, (4) Pada Malam itu turun Malaikat2 dan Malaikat Jibril dengan Izin Allah SWT untuk mengatur segala urusan, (5) Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar (QS. Al – Qadr : Ayat 1 – 5) ”.

Kemudian Keistimewaan dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar pun telah dijelaskan didalam Surat Al Qur’an yang lain yakni didalam Surat Ad Dukhan Ayat 3 – 5 yang berbunyi, ” (3) Sesungguhnya kami telah menurunkan-nya (Al Qur’an) pada suatu malam dan sesungguhnya kamilah yg memberi peringatan, (4) Pada Malam itu dijelaskan semua urusan yg penuh Hikmah, (5) Yaitu urusan yg besar di sisi kami. Sesungguhnya kami yang mengutus Rasul – Rasul (QS. Ad – Dukhan : Ayat 3 – 5) ”.

Melihat Firman Allah SWT didalam Surat Ad Dukhan Ayat 3 – 5 dan Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 didalam Kitab Suci Al Qur’an diatas, maka sudah bisa dipastikan bahwa Malam Lailatul Qadar itu ada dan Malam Lailatul Qadar memang sangat istimewa dan mulia sampai – sampai lebih mulia dari Seribu Bulan sekaligus. Oleh sebab itu sangatlah beruntung sekali bagi setiap Muslim Muslimah yang dipilih oleh Allah SWT untuk mendapatkan atau merasakan Malam Istimewa dan Mulia Lailatul Qadar ini.

Waktu Malam Lailatul Qadar di Ajaran Islam

Sebelum membahas tentang Doa Malam Lailatul Qadar, ada baiknya bagi kalian para pembaca untuk mengetahui Kapan Malam Lailatul Qadar itu terjadi karena terdapat Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim yang menerangkan bahwa Waktu Malam Lailatul Qadar itu terjadi di Bulan Ramadhan yang lebih tepatnya di Sepuluh Malam Terakhir Bulan Ramadhan dalam Kalender Islam (Hijriyah).

Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim tersebut menerangkan bahwa dari Aisyah Ra mengatakan bahwa, ” Nabi Muhammad SAW beri’tikaf di 10 (Sepuluh) Hari terakhir di Bulan Ramadhan dan Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya ” Carilah Malam Lailatul Qadar (Malam Kemuliaan dari Seribu Bulan) di Malam Ganjil pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan (Hadist Riwayat Bukhari No 4/225 dan Muslim No 1169) ”.

Oleh sebab itu dengan melihat Sabda Nabi Muhammad SAW yang diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Muslim dan Bukhari diatas, maka kita menjadi tahu bahwa Waktu Terjadinya Malam Lailatul Qadar itu di Bulan Ramadhan dan tepatnya di Sepuluh Hari Terakhir di Bulan Ramadhan yang merupakan salah satu Bulan didalam Sistem Kalender Hijriyah, dimana kita sebagai Umat Muslim Muslimah telah diwajibkan untuk mengerjakan Puasa Ramadhan Satu Bulan Penuh.

doa yang dibaca di malam lailatul qadar

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

doa malam lailatul qadar di bulan ramadhan

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar diatas merupakan salah satu Doa Lailatul Qadar yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah Ra. Hal tersebut seperti diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Tirmidzi yang menjelaskan bahwa dari Aisyah Ra, dia berkata bahwa

” Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW yakni jika saja ada suatu hari yg aku tau bahwa malam itu adalah Malam Lailatul Qadar, maka Doa apa yang mesti aku bacakan ??, Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab, ” Berdoalah : Allaahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘ Afwa Fa’Fu ‘Annii (HR. Tirmidzi Nomor 3513) ”.

Kemudian selain Doa Pada Malam Lailatul Qadar diatas, kalian sebagai seorang Muslim bisa membaca Doa Ketika Malam Lailatul Qadar yang lain seperti bacaan doa dibawah ini

doa lailatul qadar di bulan ramadhan

Karena Bacaan Doa Yang Dibaca Pada Malam Lailatul Qadar diatas mempunyai maksud dan tujuan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas semua dosa – dosa yang sudah pernah kita perbuat baik itu yang kita lakukan secara sengaja maupun doa yang kita lakukan secara tidak sengaja karena sangat baik dan dianjurkan sekali jika di Bulan Ramadhan, kalian sebagai seorang Muslim Muslimah untuk memohon dan meminta ampunan dosa kepada Allah SWT.

Tentunya selain membaca Kedua Doa Malam Lailatul Qadar diatas, kalian bisa menambahkan dengan memperbanyak membaca Wirid Malam Lailatul Qadar dan Dzikir Malam Lailatul Qadar seperti memperbanyak Dzikir Istighfar, Dzikir Tahmid, Dzikir Tahlil, Dzikir Takbir dan Dzikir Shalawat Nabi Muhammad SAW yang banyak dibacakan di Bulan Ramadhan dan ditambahkan lagi saat memasuki 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan (Waktu Malam Lailatul Qadar).

Kemudian sangat baik sekali jika kalian menghatamkan Al Qur’an atau paling tidak sering membaca Kitab Suci Al Qur’an, mengerjakan Shalat Sunnah, Berpuasa Satu Bulan Full, Rajin Makan Sahur dan Shalat Wajib Secara Berjamaah selama Bulan Ramadhan karena didalam Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang banyak sekali keistimewaannya sehingga harus benar – benar dimanfaatkan secara maksimal untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan mencari Pahala sebanyak – banyaknya di Bulan Ramadhan.

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan | Rukun | 4.5