Bacaan Doa Malam Nuzulul Qur’an di Bulan Ramadhan

Friday, December 23rd 2016. | Nuzulul Qur'an
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doa Malam Nuzulul Qur’an – Secara Etimologi Nuzulul Quran mempunyai Dua Kata yakni Kata Pertama Nuzul yang mempunyai artian turun atau jatuhnya sesuatu (Menurut Ibn Faris), Meluncur atau Turun dari Atas ke Bawah (Menurut Al Raghib Al Isfahaniy) dan Kata Kedua ialah Qur’an atau Al Qur’an yang merupakan Kitab Suci Agama Islam yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan Nabi dan Rosul Terakhir.

Lalu Pengertian Nuzulul Qur’an secara harfiah ialah turunnya Al Qur’an sebagai Kitab Suci Agama Islam yang merujuk kepada Peristiwa Penting Penurunan Al Qur’an. Hadist Shahih An Nasai meriwayatkan, ” Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit Dunia dan diturunkan berangsur – angsur kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan Peristiwa – Peristiwa dlm Jangka Waktu Sekitar 23 tahun (HR. Thobari, An Nasai yang telah di Shahihkan oleh Al Hakim dan Disetujui oleh Adz Dahabi dan Ibnu Hajar) ”.

Untuk Wahyu atau Ayat Al Qur’an pada Nuzulul Quran yang pertama kali diturunkan dan di Wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Surat Al Alaq Ayat 1 – 5 melalui Malaikat Jibril, saat Wahyu yang pertama itu diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang menyendiri (Bertahannus) di Gua Hira dan secara tiba – tiba Malaikat Jibril langsung datang untuk menyampaikan Wahyu Pertama Berupa Surat Al Alaq Ayat 1 – 5 kepada Nabi Muhammad SAW.

Adapun untuk Waktu Nuzulul Qur’an yang pertama tersebut terjadi di Bulan Ramadhan Kalender Islam (Kalender Hijriyah) dan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 185 menerangkan bahwa, ” Bulan Ramadhan, Bulan yg di dlmnya diturunkan (Permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi Manusia dan penjelasan2 mengenai petunjuk itu dan pembeda (Antara yg Hak dan yg Bathil). Karena itu barangsiapa diantara km hadir di Bulan itu, maka hendaklah dia berpuasa di Bulan itu dan barangsiapa sakit atau dlm perjalanan (Lalu dia berbuka) maka (wajiblah bagi dia berpuasa), sebanyak hari yg ditinggalkanya itu pada hari – hari yg lain.

nuzulul qur'an

Allah SWT menghendaki kemudahan bagi-mu dan tak menghendaki kesukaran bagi-mu dan hendak-lah km mencukupkan bilangan-nya dan hendak-lah km mengagungkan Allah SWT atas petunjuknya yg diberikan kepada kamu supaya kamu bersyukur (QS. Al Baqarah, Ayat 185) ”. Lalu Waktu Nuzulul Al Qur’an telah dikuatkan pula didalam Al Qur’an Surat Al Qadr yang berbunyi, ” Sesungguhnya kami tlah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemulian, dan tahukah km apakah malam kemulian itu ?, malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun Malaikat2 dan Malaikat Jibril dg izin Tuhan-nya untuk mengatur semua (segala) urusan, Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar (QS. Al Qadr Ayat 1 – 5) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keistimewaan Nuzulul Qur’an Dalam Islam

Kemudian didalam Keistimewaan Malam Nuzulul Al Qur’an tentunya sangat istimewa karena Al Qur’an merupakan hal yang sangat penting sebagai penuntun dan sebagai pedoman Bagi Seluruh Manusia dan Umat Muslim, apalagi Nuzulul Quran pertama kali diturunkan di Bulan Ramadhan dan diturunkan di Malam Kemuliaan atau Malam Lailatul Qadar yang merupakan malam lebih baik dari Seribu Bulan.

Sehingga bagi kalian Umat Muslim yang telah diberikan kesempatan hadir atau menjalani di Waktu tersebut maka ada baiknya jika kalian menghargai, menghormati dan memperingati Malam Nuzulul Quran karena didalam Hukum Memperingati Malam Nuzulul Qur’an itu dibolehkan dan tidak dilarang didalam Ajaran Islam. Adapun Tata Cara Memperingati Malam Nuzulul Quran bisa dilakukan dengan membaca doa, membaca Al Qur’an, memperbanyak Dzikir, mengerjakan Shalat Wajib dan Shalat Sunnah Malam, Berpuasa di Bulan Ramadhan secara khusus dan ikhlas serta melakukan Ibadah – Ibadah yang lain.

Bacaan Doa Nuzulul Qur’an Terjemahan Indonesia

doa malam nuzulul qur'an

Bacaan Doa Nuzulul Al Qur’an diatas bisa kalian amalkan disaat kalian sedang memperingati atau menjalani atau melewati Nuzulul Quran karena doa diatas mempunyai maksud untuk memohon dan meminta Ampunan kepada Allah SWT atas semua kesalahan2 (Dosa) diri kita sendiri maupun Kedua Orang Tua kita.

doa nuzulul qur'an

Lalu Bacaan Doa Malam Nuzulul Qur’an diatas bisa kalian amalkan pula karena sudah pernah diriwayatkan oleh Aisyah Ra bahwa ia pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang bacaan doa apa yang harus dibaca saat bertepatan dengan Malam Lailatul Qadar ?, lalu Nabi Muhammad SAW menyuruh untuk membaca Bacaan Doa seperti diatas.

doa malam nuzulul al qur'an

Sedangkan Bacaan Doa Nuzulul Qur’an diatas mempunyai maksud untuk diberikan Rezeki yang lancar dan dipermudahkan segala urusan oleh Allah SWT karena perlu kalian ketahui bahwa di Indonesia, Malam Nuzulul Quran biasanya di peringati pada tanggal 17 Bulan Ramadhan dalam Sistem Kalender Islam dan kita ketahui semua bahwa di Bulan Ramadhan merupakan Bulan Mulia, Bulan Penuh Berkah dan Bulan Penuh Keistimewaan sehingga sangatlah baik sekali bagi kita sebagai seorang Muslim untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Selain Doa – Doa Malam Nuzulul Quran diatas, kalian sebagai seorang Muslim Muslimah bisa memanjatkan doa – doa yang lain, baik doa dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Arab karena sejatinya tidak ada doa – doa khusus yang harus dibaca atau diamalkan disaat Malam Nuzulul Qur’an. Hanya saja sangat merugi jika kalian tidak mengamalkan atau melakukan ibadah – ibadah karena Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Malam Nuzulul Quran yang begitu Istimewa sehingga sangat baik sekali jika kalian sebagai seorang Muslim lebih mengamalkan ibadah disaat Malam Nuzulul Qur’an seperti membaca Al Qur’an, mengerjakan Shalat Wajib dan Shalat Sunnah serta Berdzikir berserah diri kepada Allah SWT.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,