Bacaan Doa Memasuki Kuburan di Ajaran Islam

Monday, September 19th 2016. | Ziarah Kubur

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doa Memasuki Kuburan – Sebelumnya penulis sudah menjelaskan atau menulis secara detail tentang Cara, Hukum dan Doa Ziarah Kubur didalam Ajaran Islam kepada kalian para pembaca setia dilaman Rukun Islam dan di kesempatan ini penulis akan mencoba untuk memberikan ulasan lengkap tentang Bacaan Doa Saat Memasuki Kuburan karena kita sebagai seorang Muslim yang hendak melakukan Ziarah Kubur sudah disunnahkan dan sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw untuk membaca dan mengucapkan Doa Saat Memasuki Pemakaman.

Adapun didalam Hukum Melakukan Ziarah Kubur dalam Agama Islam sendiri ialah Sunnah bagi Muslim Laki – Laki dan Dibolehkan bagi Muslimah Perempuan sehingga bisa disimpulkan bahwa Ziarah Kubur bukan termasuk kedalam Perkara atau Ibadah Bid’ah. Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad Saw telah memerintahkan kita sebagai pengikutnya untuk melakukan Ziarah Kubur dan Sabda Nabi Muhammad Saw tentang perintah Ziarah Kubur yg berbunyi, ” Berziarah Kuburlah kalian karena Ziarah Kubur akan mengingatkan kalian semua akan Kematian atau Maut (HR. Ahmad dan Muslim) ”.

Kemudian Perintah Melakukan Ziarah Kubur yang lain seperti telah dijelaskan didalam Hadist Shahih Ahmad nomor 1236 bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda yang berbunyi, ” Dahulu aku melarang km untuk Berziarah Kubur, tetapi sekarang laksanakan atau lakukanlah Ziarah Kubur karena itu (Ziarah Kubur) bisa mengingatkan kalian semua akan Akhirat (HR. Ahmad no. 1236) ”. Oleh sebab itu mulai sekarang kalian sebagai seorang Muslim sudah tidak boleh Ragu dalam Berziarah Kubur karena Ziarah Kubur sdh dan telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW dan bukan termasuk kedalam Perkara Bid’ah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Memasuki Kuburan dalam Islam

doa-ziarah-kubur

Sedangkan untuk Tata Cara Ziarah Kubur didalam Islam sangat baik sekali jika seorang Muslim yang sedang Ziarah Kubur atau mendatangi Kuburan (Pemakaman) Orang Tua, Saudara, Wali dan Teman Yang Sudah Meninggal Dunia dengan membaca Doa Ketika Memasuki Kuburan terlebih dahulu dan membaca Doa Ziarah Kubur dengan maksud untuk mendoakan Orang Tua, Saudara, Teman, Wali dan Semua Muslim Muslimah yang telah Meninggal Dunia.

Cara Melakukan Ziarah Kubur tersebut telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Para Sahabatnya jika mereka sedang melakukan atau pergi Berziarah Kubur agar ada yang membaca atau mengucapkan, ” Assalamu’alaikum kepada semua Ahli Kubur (Penghuni Kubur) dari semua Golongan Muslim Muslimah Yang Beriman dan Beragama Islam dan Kami memohon kepada Allah SWT supaya kami begitu pun kamu (Ahli Kubur) diberikan keselamatan oleh Allah SWT (Hadist Riwayat Muslim dan Ahmad) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Doa Memasuki Kuburan dan Terjemahannya

doa-memasuki-kubur

Bacaan Doa Memasuki Pemakaman yang telah dijelaskan didalam Hadist Shahih Riwayat Ahmad, Muslim dan Ibnu Hibban diatas bisa kalian amalkan saat memasuki makam dan sedang Berziarah Kubur karena Doa Ketika Masuk Makam tersebut merupakan doa yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah Ra ketika Aisyah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang doa apa yang dibacakan saat melakukan Ziarah Kubur.

doa-memasuki-pemakaman

Adapun untuk Doa Masuk Kuburan diatas yang lebih pendek juga bisa kalian amalkan saat kalian akan memasuki area Kuburan dan tentunya Doa Akan Masuk Kuburan diatas telah ditulis secara lengkap karena sudah ditulis dalam Bahasa Arab, Bahasa Latin dan Terjemahan dlm Bahasa Indonesia sehingga dapat memudahkan kalian dalam membaca dan menghafalkan doa tersebut.

Lalu sebagai tambahan saja bahwa kalian sebagai seorang Muslim yang akan melakukan Ziarah Kubur juga bisa membaca Doa Memasuki Kuburan dalam Bahasa Indonesia seperti cukup mengucapkan ” Assalamu’alaikum wahai Ahli Kubur, Semoga Allah Swt mengampuni kalian dan kami ” didalam Hati maupun diucapkan dimulut secara rilih (Lembut) sehingga kita boleh mengucapkan dan membaca Doa Saat Akan Berziarah Kubur dalam Bahasa Arab dan dalam Bahasa Indonesia.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...