Doa Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha

Tuesday, August 2nd 2016. | Qurban

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban – Pengertian Qurban didalam Islam ialah salah satu Ibadah yang bisa dilakukan atau dilaksanakan oleh seluruh Umat Muslim dan Ibadah Qurban dapat dilakukan disetiap tanggal 10 Dzulhijjah sampai tanggal 13 Dzulhijjah dalam Kalender Islam (Kalender Hijriah) dan Qurban ini dilakukan sebagai bentuk taqarrub atau sebagai sarana untuk mendekatkan diri kpd Alloh Swt karna di dlm ajaran Islam sendiri Berqurban sudah diperintahkan oleh Alloh Swt yg tertera di dlm Al Qur’an yang merupakan Kitab Suci Umat Muslim.

Adapun untuk Hukum Berqurban ialah Sunnah Muakkad atau Sunnah yg sangat dianjurkan untuk ditunaikan dan Alloh Swt sudah Berfirman dlm Surat Al Kautsar Ayat 1 – 3 yg berbunyi, ” Sesungguhnya kami tlah memberikan kepada kamu nikmat yg banyak. Maka kerjakanlah (dirikanlah) Sholat karena Tuhan mu dan Berqurbanlah karena sesungguhnya Orang2 yg membencimu dialah yg terputus (QS. Al Kautsar, Ayat : 1-3). Lalu didlm Al Qur’an Surat Al Hajj Ayat 36 Alloh Swt juga berfirman, ” Dan tlah kami jadikan untuk km Unta – Unta itu sebagai Syiar Alloh. Km banyak memperoleh kebaikan dari pada-nya, maka sebutlah nama Alloh ketika km menyembelih-nya (QS. Al-Hajj, Ayat : 36) ”.

Sedangkan didalam Waktu Melakukan Qurban itu sendiri dilakukan di tanggal 10 Dzulhijjah dalam Kalender Hijriah saat Hari Raya Idul Adha dan Berqurban dapat dilaksanakan sampai tanggal 13 Dzulhijjah sehingga kalian sebagai seorang Muslim bisa Berqurban ditanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah. Hanya saja untuk Waktu Menyembelih Hewan Qurban yg terbaik adlh saat masuk tanggal 10 Dzulhijjah atau saat Hari Raya Idul Adha. Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa, ” Barangsiapa yg menyembelih Hewan Qurban setelah menunaikan Sholat Idul Adha maka sembelihan nya tersebut telah sempurna dan ia sesuai dengan Sunnah Kaum Muslimin (HR. Bukhari no 5545) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban di Idul Adha

doa berqurban

Kemudian Keutamaan Berqurban bagi setiap Muslim selain mendapatkan Pahala yang banyak karena telah melaksanakan atau menunaikan perintah Alloh Swt adalah akan mendapatkan banyak sekali kebaikan didalamnya karena Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ” Kurban ialah Sunnah Nabi Ibrahim dan Keutamaan Qurban ialah setiap satu Helai Rambut Hewan Qurban yang dikurbankan adalah Satu Kebaikan dan setiap satu Helai Bulunya juga satu kebaikan (Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah) ”.

Lalu Keistimewaan Berqurban selanjutkan juga sudah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Tak ada Amalan (Ibadah) anak cucu adam pada Hari Raya Idul Adha yg lebih disukai oleh Alloh Swt melebihi dari Menyembelih Hewan Qurban (Berqurban) karena sesungguhnya pada hari kiamat kelak hewan – hewan Qurban tersebut akan datang kepada kalian lengkap dg tanduk2 nya, kuku2 nya dan bulu2 nya. Sesungguhnya darah nya akan sampai kpd Alloh Swt sebagai Qurban dan dimanapun hewan qurban itu disembelih sebelum darah nya sampai ke tanah maka Ikhlaskanlah menyembelihnya (Hadist Riwayat Ibnu Majah dan Tirmidzi) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Lafadz Doa Menyembelih Hewan Qurban

doa menyembelih hewan qurban

Bacaan Doa Ketika Menyembelih Hewan Qurban diatas dibacakan saat kalian akan menyembelih Hewan Qurban baik itu Hewan Sapi, Hewan Kerbau, Hewan Kambing ataupun Hewan Unta milik sendiri bukan Hewan Qurban Orang lain karena saat proses penyembelihan Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha pastinya ada yang disembelih sendiri dan ada pula yang disembelihkan oleh orang lain.

niat menyembelih hewan qurban

Lalu Doa Saat Menyembelih Hewan Qurban diatas dibacakan saat kalian menyembelih Hewan Qurban milik orang lain karena kebanyakan tradisi yang ada di Indonesia banyak Orang yang menyembelih Hewan Kurban milik Orang Lain dan hal tersebut memang dibolehkan, hanya saja harus disertakan dengan membaca Doa dan Niat Menyembelih Hewan Qurban dengan mengikut sertakan Nama Orang yang Berqurban.

Kemudian untuk Hukum Membaca Doa Menyembelih Hewan Qurban itu Wajib karena hal tersebut merupakan salah satu Syarat Berqurban dan perlu kalian ketahui bahwa anda juga bisa membaca Doa Menyembelih Hewan Kurban tersebut menggunakan Bahasa Arab ataupun Bahasa Indonesia saja karna Allah Swt itu Maha Mengetahui serta Maha Mendengar sehingga akan selalu mengerti doa apa yang diucapkan oleh kalian, hanya saja kalian jangan sampai lupa untuk mengucapkan doa Bismillah atau Basmallah sebelum menyembelih Hewan Qurban.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , ,
Artikel Terkait :
loading...