Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Dalam Islam

Friday, September 9th 2016. | Ziarah Kubur

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doa Ziarah Kubur – Pengertian tentang Ziarah Kubur dalam Ajaran Islam sendiri mempunyai artian sebagai salah satu ibadah dalam Islam yg dapat dan boleh dilakukan oleh setiap Muslim dengan cara mendatangi atau berkunjung ke Kuburan dan mendoakan Orang Tua, Saudara, Anak, Kerabat, Teman dan Para Ulama ataupun seorang Muslim lainnya yg telah Meninggal Dunia. Lalu Ibadah Ziarah Kubur di Indonesia sendiri sdh sering dilakukan oleh setiap Muslim, apalagi saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha maka banyak sekali Masyarakat Muslim di Indonesia yg berziarah kubur Orang Tua dan Keluarganya yg telah tiada.

Adapun Hukum Melakukan Ziarah Kubur dalam islam sendiri dibolehkan dan tidak dilarang oleh Islam karena Hukum Ziarah Kubur tersebut telah melihat dari Sabda Nabi Muhammad Saw yg telah memerintahkan kepada umatnya untuk Berziarah Kubur dan Sabda Nabi Muhammad Saw tentang Perintah Berziarah Kubur yg berbunyi, ” Dulu aku melarang kalian untuk melakukan Ziarah Kubur. Sekarang lakukan-lah Ziarah Kubur karna Ziarah Kubur dapat mengingatkan kalian akan Akhirat (Hadist Riwayat Ahmad no 1236) ”. Oleh sebab itu bagi kalian seorang Muslim sangat baik sekali dan tidak berdosa saat melakukan Ziarah Kubur dan membaca Doa Untuk Orang Tua, Saudara dan Orang Muslim yg telah meninggal dunia karena selain sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw, Manfaat Ziarah Kubur pun cukup banyak.

Karena untuk Keutamaan Ziarah Kubur dalam Islam antara lain akan mendapatkan Pahala karena kita sebagai seorang Muslim telah melakukan Perintah Nabi dan melaksanakan Sunnah Nabi Muhammad Saw, Keistimewaan Ziarah Kubur selanjutnya dapat mengingatkan kita akan kematian dan kehidupan dunia yg fana bahwa suatu saat kita yang hidup juga kan mengalami kematian sehingga kita harus benar – benar mempunyai bekal utama berupa iman dan amal sholeh, lalu Hikmah Ziarah Kubur selanjutnya ialah kita sebagai seorang Anak Muslim masih bisa berbakti kepada Bapak Ibu ataupun Kedua Orang Tua kita yang sudah meninggal dunia dengan cara mengunjungi kuburannya dan mendoakan arwah beliau agar diampuni dosa – dosanya dan tenang di alam kubur karena salah satu Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang sudah meninggal dalam islam ialah dengan mendoakan mereka.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab dan Latin di Ajaran Islam

doa-ziarah-kubur

Sebelum membahas tentang Amalan Doa Ziarah Kubur dan Tata Cara Ziarah Kubur yang baik dan benar ada baiknya jika kalian sebagai seorang Muslim mengetahui bahwa semua Amalan Seorang Muslim itu akan terputus ketika mereka sudah meninggal dunia, tetapi ada Tiga Macam Amalan atau Ibadah yang pahalanya tidak akan terputus sampai Mati (Meninggal Dunia) dan Nabi Muhammad Saw bersabda yg berbunyi,

” Jika seorang Muslim telah Meninggal maka putuslah semua amalan (Ibadahnya) kecuali Tiga Amalan yakni Ilmu yang bermanfaat, Sedekah Jariyah dan doa dari anak yg Sholeh (HR. Muslim no 1631) ”. Oleh karena itu kalian jangan sampai lupa untuk mendoakan kedua orang tua kalian jika sudah meninggal dunia baik mendoakan setelah selesai mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu disetiap hari maupun mendoakan saat melakukan Ziarah Kubur.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Doa Memasuki Kuburan Dalam Islam

doa-memasuki-kuburan

Bacaan Doa Memasuki Pemakaman diatas merupakan salah satu Amalan Doa yg bisa kalian bacakan ketika kalian memasuki kearea Kuburan (Pemakaman), tujuannya untuk mendoakan setiap Muslim dan Muslimah yang sudah meninggal dunia agar di Rahmati dan diberikan keselamatan oleh Allah Swt.

Bacaan Doa Ziarah Kubur Latin dan Arab

doa-ziarah-kubur-untuk-kedua-orang-tua

Bacaan Doa Ziarah Kubur diatas bisa kalian amalkan dan bacakan karena mempunyai tujuan untuk memohon ampun kepada Allah Swt atas dosa – dosa kalian, dosa – dosa kedua orang tua kalian dan dosa – dosa setiap Muslim dan Muslimah yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.

Tentunya kalian bisa membaca doa yang lain saat sedang Berziarah Kubur seperti membaca Surat Al Qadar, membaca Surat Al Fatihah, membaca Surat Al Falaq, membaca Surat An Nas, membaca Surat Al Ikhlas, membaca Surat Kursi dan membaca Surat Yasin serta dapat ditambahkan dengan membaca doa kepada Ahli Kubur dlm Bahasa Indonesia yang diakhiri dengan membaca Bacaan Surat Al Fatihah dengan Maksud untuk memohon ampunan kepada Allah Swt atas semua dosa – dosa yg pernah dilakukan oleh Bapak, Ibu, Kedua Orang Tua atau Keluarga dan semua Muslim Muslimah yang sudah meninggal dunia.

Adapun untuk Waktu Ziarah Kubur sendiri bisa dilakukan kapan saja karena Waktu Berziarah Kubur tidak ada anjuran khususnya, oleh karena itu kalian sebagai seorang Muslim boleh melakukan Ziarah Kubur kapanpun baik setiap hari atau disetiap Hari Jum’at atau disetiap hari apa saja yang kalian bisa sehingga tidak perlu menunggu Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha karena sekali lagi Orang Tua dan Keluarga yg sudah meninggal dunia membutuhkan doa – doa dari sanak keluarganya yg masih hidup.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...