Fardhu Wudhu dan Sunah Wudhu di Ajaran Islam

Monday, March 30th 2015. | Berwudhu

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Fardhu Wudhu – Pengertian Wudhu sendiri ialah mencuci atau membasuh seluruh anggota badan tertentu dg air sebelum mengerjakan Shalat (Shalat Wajib maupun Shalat Sunah), Kemudian Menurut Hanafiyah Pengertian Wudhu yaitu Mensucikan diri menggunakan Air untuk 4 (empat) anggota tubuh kita yaitu Wajah, Kedua Tangan, Kepala dan kedua kaki dg sifat Khusus. Mengapa Khusus karena dlm Berwudhu sendiri setidaknya ada 7 anggota badan kita yg harus di sucikan dg air (Mulut, Hidung, Muka, Tangan, Rambut, Kuping dan Kaki).

Berwudhu merupakan Syarat Sah Shalat sehingga jika anda mengerjakan suatu Shalat tetapi tidak Berwudhu terlebih dahulu maka Shalat yg anda kerjakan akan sia – sia atau mubah atau tidak sah. Seperti Sabda Nabi Muhammad Saw seperti, ” Tidak diterima Sholatmu tanpa Bersuci atau Wudhu (HR. Muslim) & ” Bersuci atau Berwudhu adalah sebagian dari iman (HR. Muslim). Sedangkan untuk Keutamaan Berwudhu dan Manfaat Wudhu sendiri sudah banyak diterangkan didlm Sabda Nabi Muhammad Saw seperti

” Barang Siapa yg Berwudhu secara Sempurna, makka dosa – dosa nya akaan gugur atau hilang di jasad-nya hingga keluar jg dari bawah kuku-kuku-nya (HR. Muslim) dan ” Sungguh Umat-ku kelak akan datang pd hari kiamat dlm keadaan muka dan kedua tangan’nya kemilau bercahaya karena bekas Berwudhu ”. dan ” Barang siapa tidur di malam hari dlm keadaaan Berwudhu maka Malaikat akan tetap mengikuti-nya, ketika dia bangun niscaya Malaikat akan berdoa ‘ Ya Alloh ampunilah hamba mu si fulan karena ia tidur di malam hari dlm keadaan Suci (HR. Ibnu Hibban) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Melihat Sabda – Sabda Nabi Muhammad Saw diatas maka bisa dipastikan bahwa Penting Berwudhu dan Manfaat Berwudhu itu sangat banyak sehingga anda harus benar – benar memperhatikan Cara Mengerjakan Wudhu dg benar. Beberapa Cara Berwudhu yg perlu di perhatikan antara lain seperti Fardhu Wudhu, Syarat – Syarat Wudhu, Sunah – Sunah Wudhu dan Yang membatalkan Wudhu.

Fardhu Wudhu, Syarat Wudhu dan Sunah Wudhu

fardhu dan sunah wudlu terlengkap

Fardhu Wudhu atau Wajib Wudhu di Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Didalam Fardhu Wudhu di Ajaran Islam sendiri mempunyai 6 perkara yg antara lain ; ” Membaca Niat Wudhu ketika membasuh muka, Membasuh seluruh muka mulai, Membasuh 2 (Dua) tangan sampai siku – siku, Mengusap sebagian Rambut kepala, Membasuh 2 (Dua) belah kaki sampai mata kaki dan Fardhu Wudlu yg terakhir Tertib (Berturut – turut) artinya mendahulukan mana yg harus didahulukan dan mengakhirkan mana yg harus diakhirkan.”

Syarat – Syarat Wudhu di Islam

Kemudian untuk Syarat Wudhu yg dianjurkan di ajaran Islam sendiri mempunyai 6 perkara yg antara lain ; ”’ Beragama Islam, Tamyiz atau bisaa membedakan baik buruk-nya sesuatu pekerjaan, Tidaak Berhadats besar, Berwudhu dg Air yg Suci laggi Mensuciikan, Tidak ada sesuatu yg menghalangi Air, sampai ke Anggota Wudhu contoh’nya getah, cat dll, dan Syarat Wudlu yg terakhir adalah Mengetahui mana yg wajib dan mana yg sunah. ”’

Hal – Hal Yang Membatalkan Wudhu

Untuk Perkara yang Membatalkan Wudhu sendiri ada 4 jenis, ” Keluar Sesuatu dari Qubul dan Dubur (Air Kecil maupun Besar, Kentut dll), Hilang Akal Sehat (Gila, Pingsan, Mabuk dan Tertidur), Tersentuhnya kulit antara Pria dan Wanita yg bukan Muhrim dan Tersentuhnya Kemaluan baik Qubul dan Dubur dg telapak tangan atau jari – jarinya tanpa adanya penutup (Baju, kain, Celana dll) walaupun itu punyanya sendiri.

Sunah – Sunah Wudhu di Islam

Sedangkan untuk Sunah Wudhu di Ajaran Islam mempunyai 10 macam yg antara lain ; ”” Membaca Bismillah pd permulaan Wudhu, Membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan, Berkumur – kumur, Membasuh lubang hidung sebelum niat, Menyapu seluruh kepala dg Air, Mendahulukan anggota kanan daripada kiri, Menyapu kedua Telinga luar dan dalam, Membasuh sebanyak 3 kali, menyela – nyela jari – jari tangan dan kaki dan Sunah Wudlu terakhir membaca Doa Setelah Wudhu.

Itulah penjelasan dari kami terkait Syarat, Sunah dan Fardhu Berwudlu yg sudah kami berikan penjelasanya dg lengkap dan detail sehingga bisa berguna dan bermanfat bagi anda semua-nya. Sebelumnya kamii mengucapkan banyak rasaa terima kasih kepada anda karena telah mengunjungi blog kami yg sederhana ini.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...