Perkara dan Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Friday, May 1st 2015. | Berpuasa
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hal Yang Membatalkan Puasa – Pengertian Puasa Ramadhan adalah kegiatan menahan makan dan minum yg dilakukan pada siang hari di Bulan Ramadhan dari waktu Imsak sampai terbenamnya matahari yg dilakukan oleh setiap Muslim di seluruh dunia. Hukum Puasa di Bulan Ramadhan sendiri wajib bagi setiap pemeluk agama islam karena Berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan salah satu Rukun Islam yg harus dilakukan oleh setiap insan muslim yg sudah baligh atau cukup umur dan sehat secara jasmani maupun rohani.

Puasa sendiri bisa dilakukan disetiap hari Senin dan Kamis atau di hari – hari tertentu yg boleh untuk melakukan Berpuasa dan paling wajib untuk dilakukan sudah pasti Berpuasa di Bulan Ramadhan karena perintah Alloh Swt sudah sangat jelas di dalam Firman-nya yg berbunyi, ” barang siiapa diiantara kalian hadir di Bulan Ramadhan, maka hendaklah mengerjakaan puasa (QS. Al Baqarah, Ayat : 185)”.

Untuk itu sudah sangat jelas bahwa kita diwajibkan untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan sehingga kita harus benar – benar menjalankan dg penuh keikhlasan, semangat dan berhati – hati jangan sampai puasa kita batal atau makruh sehingga tidak mubaziir puasa kitta. Adapun untuk Perkara Batal Puasa dan Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan sendiri sudah saya terangkan di bawah.

Perkara dan Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

hal yang membatalkan puasa ramadhan

Perkara Yang Membatalkan Puasa dan Hal Yang Membatalkan Puasa antara lain, Makan dan Minum secara sengaja namun jika mereka maka bisa di maafkan karena tidak disengaja seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Apabila seseorang yg makan dan minum dlm keadaan lupa atau tidak disengaja, hendaklah dia tetap menyempurkan puasa-nya karena Alloh telah memberi dia makan dan minum ”.

Kemudian Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan kedua ialah memuntahkan sesuatu secara sengaja seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Barang siapa yg muntah tidak sengaja sedangkan dia dlm keadaan puasa maka tidak ada qadha baginya. Tapi apabila dia muntah dg sengaja maka wajib baginya membayar Qadha ”. Perkara Yang Membatalkan Puasa ketiga ialah ketika wanita mengalami Haidh dan Nifas, Nabi Muhammad Saw sudah menjelaskan dlm Sabda-nya yg berbunyii, ” Bukanlah wanita jika mereka Haid tidak Shalat dan tidak berpuasa ? (HR. Bukhari)”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hal Yang Membatalkan Puasa yg keempat ialah Bersetubuh dg sengaja di waktu siang hari atau sedang mengerjakan Puasa walaupun itu dg Istri atau Suaminya karena sudah dijelaskan diatas bahwa Puasa bukan hanya menahan makan dan minum tetapi menahan hawa nafsu juga. Disini disebutkan pula bahwa keluar Mani saat Beronani atau berciuman atau mesra – mesraan tanpa ada pembatas maka hal tersebut bisa membatalkan puasa anda.

Itulah Sebab – Sebab Batal Puasa Ramadhan yg bisa kami jelaskan kepada anda sekalian, ingat bahwa Puasa Di Bulan Ramadhan itu wajib dan di Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan yg sangat istimewa dan penuh berkah sehingga banyak – banyak lah melakukan ibadah dan semoga saja artikel yg saya tulis ini bermanfaat bagi anda sekalian.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,