Perkara dan Hal Yang Membatalkan Wudhu di Islam

Sunday, March 29th 2015. | Berwudhu

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hal Yang Membatalkan Wudhu – Pengertian Wudhu menurut bahasa mempunyai artian Bersih dan Indah, sedangkan untuk menurut Syara mempunyai arti membersihkan bagian anggota tubuh untuk menghilangkan Hadats kecil sebelum anda mengerjakan Shalat (Shalat Wajib dan Sunnah) atau untuk keperluan lainnya seperti membaca Al Qur’an dll. Perlu di ingatkan kepada anda semua kaum Muslimin yg beriman bahwa Berwudhu merupakan kegiatan yg harus atau wajib untuk dilakukan oleh anda, sebelum anda mengerjakan Shalat karena Wudhu adalah Syarat Sah Shalat.

Wudhu jg amalan ringan yg cara kerjanya sangat simple tetapi mempunyai manfaat atau Keutamaan Wudhu yg sangat ajaib dan luar biasa karena Manfaat Berwudhu selain untuk menghapus dosa – dosa kecil, Berwudhu jg bisa mengangkat derajat dan kedudukan seseorang didlm Surga. Hal tersebut seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg diriwayatkan oleh HR Muslim 586 yang berbunyi,

” Maukah kalian aku tunjukkan tentang amalan yg dengan-nya Alloh menghapuskan dosa – dosa dan mengangkat derajat – derajat ? ” Lalu mereka (Sahabat) berkata, ”’ Mau, Wahai Rasullullah ” Kemudian Beliau Bersabda ”’ Amalan itu adlh menyempurnakan Wudhu di waktu yg tak menyenangkaan, Banyak-nya langkah menuju Masjid dan Menunggu Shalat Setelah Menunaikan Shalat (HR. Muslim Ayat 586 )”’.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tetapi anda perlu memperhatian HAl – Hal Yang Membatalkan Wudhu atau Perkara Yang Membatalkan Wudlu sehingga anda benar – benar dapat melaksanakan Wudhu ini dg benar dan lengkap atau tidak mubah dan batal. Untuk Hal Yang Dapat Membatalkan Wudhu sudah kami tulisan dibawah ini

Perkara, Sesuatu dan Hal Yang Membatalkan Wudhu

yang membatalkan wudhu

Hal – Hal Yang Membatalkan Wudhu


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

1. Perkara Yang Membatalkan Wudhu pertama ialah keluar sesuatu dari qubul dan dubur seseorang misalnya buang air kecil maupun besar atau keluar Angin (Kentut) dan sebagai-nya.

2. Sesuatu Yang Membatalkan Wudhu Kedua Hilang akal sehat (Gila), Pingsan, Mabuk atau Tertidur nyenyak

3. Hal Yang Membatalkan Wudhu Ketiga ialah tersentuhnya kulit antara Laki – Laki dg Perempuan (Bukan Muhrim) dg tidak memakai penutup. Sedangkan untuk Pengertian Muhrim sendiri keluarga yg tidak boleh di nikah atau ayah, ibu, adik dan kakak.

4. Hal Yang Membatalkan Wudlu Keempat adalah Tersentuhnya Kemaluan baik Qubul atau Dubur dg tapak tangan atau jari – jarinya yg tidak memakai tutup walaupun itu kemaluanya sendiri.

Bacaan Niat Wudhu Terlengkap

bacaan niat wudhu terlengkap

Terjemahan Bacaan Niat Wudhu Latin, ” NAWAITUL WUDLUU-A LIRAF’IL HADATSIL ASH-GHARI FARDLAN LILLAAHI TA’AALAA ”. dan kemudian untuk Artian Bacaan Niat Wudhu diatas ialah ”’ Aku niat berwudlu untuk menghilangkan hadats kecil, Fardlu karena Alloh ”’.

Adapun perlu saya sampaikan kepada para pembaca bahwa membaca Niat Wudhu sebelum Berwudhu ialah Fardlu atau wajib sehingga jika anda mau berwudhu sebaiknya membaca Niat Wudlu.

Bacaan Doa Setelah Wudhu Lengkap

Setelah anda membaca Niat Wudhu dan selesai Berwudhu anda disunahkan membaca Doa Setelah Wudlu sambil menengadah ke kiblat dan mengangkat kedua belah tangan-nya dan Berdoa Setelah Berwudlu seperti dibawah ini

bacaan doa setelah wudhu lengkap

terjemahan doa setelah wudhu latin

Artian Doa Setelah Wudhu di atas ialah, ”’ Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Alloh dan tidak ada yg menyekutukan bagi-nya. Dan aku bersaaksii bahwa Nabi Muhammad Saw adalah hamba-Nya dan Utusan-Nya. Ya Alloh jadikanlah aku orang yg ahli taubat dan jadikanlah aku orang yg suci dan jadikanlah aku dari golongan orang – orang yg Sholeh ”’.

Itulah pembahasan dari kami tentang Hal – Hal Yang Membatalkan Wudhu yang sudah kami tambahkan dg Bacaan Niat Wudhu dan Bacaan Doa Setelah Berwudhu. Semoga tulisan kami yang sederhana ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...