Hukum Berkumur Saat Mengerjakan Puasa Ramadhan

Hukum Berkumur Ketika Puasa Ramadhan – Pengertian Puasa di Bulan Ramadhan merupakan aktivitas Puasa sebulan penuh atau tiga puluh hari di Bulan Ramadhan dalam kalender Hijriah dan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim baik Laki – Laki maupun Perempuan diseluruh dunia yang sudah termasuk kedalam Wajib Mengerjakan Puasa Bulan Ramadhan.

hukum berkumur saat puasa di islam

Karena untuk Hukum Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri Wajib yang akan mendapatkan Pahala banyak jika setiap Muslim mengerjakan Puasa Ramadhan tersebut, tetapi mereka akan mendapatkan dosa yg banyak juga jika mereka meninggalkan Puasa di Bulan Ramadhan dan harus mengganti Puasa Ramadhan yg ditinggalkannya tersebut dilain hari. Adapun Puasa Ramadhan ini sendiri dilakukan di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah dan dapat dikerjakan dari Waktu Imsak (Terbitnya Fajar) sampai terbenamnya Matahari yg biasanya ditandai oleh Adzan Sholat Maghrib selama Satu Bulan Penuh atau tiga puluh hari.

Lalu Perlu kalian ketahui bahwa di Bulan Ramadhan sendiri merupakan Bulan yg paling Mulia, Istimewa, Penuh keberkahan, Penuh Ampunan, Bulan dimana pahala di lipat gandakan, Pintu Surga dibuka dan Pintu Neraka ditutup sehingga kalian harus benar – benar mengerjakan dan menjaga Puasa Ramadhan biar sukses atau sah sampai tiga puluh hari karena hal tersebut akan memberikan pahala dan keutamaan yg banyak serta merupakan kewajiban kalian sebagai seorang Muslim.

Hukum Berkumur Saat Mengerjakan Puasa Ramadhan

Sedangkan untuk pertanyaan bahwa Bolehkan Berkumur – Kumur Saat Berpuasa Ramadhan atau Bagaimana Hukum Berkumur Ketika Sedang Melakukan Puasa Ramadhan Batal atau Tidak menurut pandangan para Ulama yang sudah disahkan oleh Ijma atau telah disetujui dan ditetapkan didalam Ajaran Islam.

Terdapat Hadist Shahih dari Ibnu Taimiyah Rahimahullah yg berkata, ” Adapun berkumur dan menghirup air dlm hidung (Beristinsyaq) itu disyariatkan atau dibolehkan bagi orang yg sedang mengerjakan puasa dan hal tersebut juga telah disepakati oleh para ulama, Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya jg melakukan berkumur – kumur dan berintinsyaq saat mereka berpuasa. Hanya saja Nabi Muhammad Saw telah berkata pada Laqith bin Shabirah bahwa, ” Bersungguh – sungguhlah dlm menghirup air dlm hidung (Berinstinsyaq) kecuali jika engkau berpuasa ”. Lalu yg dilarang disini ialah dilarang berlebihan ketika melakukan Istinsyaq.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Hukum Berkumur – Kumur didalam Wudhu dan Menyikat Gigi saat mengerjakan Puasa Ramadhan ialah dibolehkan dan tidak membatalkan puasa, asalkan dilakukan secara tidak berlebih – lebihan sehingga tidak terdapat air yang masuk kedalam tenggorokan kalian saat sedang melakukan Kumur.

Hanya saja lebih baik kalian sebagai seorang Muslim yg sd mengerjakan Puasa Ramadhan ataupun Puasa Sunnah lainnya untuk tidak Berkumur – kumur baik saat mengambil Wudhu atau dikesempatan lainnya karena ditakutkan secara tidak sengaja Air Kumuran didalam mulut tersebut masuk kedalam Tenggorokan yg menyebabkan Puasa kita batal ataupun Makruh.

loading...