Niat, Cara, Hukum dan Waktu Zakat Fitrah

Thursday, May 14th 2015. | Zakat Fitrah

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Waktu Zakat Fitrah – Zakat Fitrah ialah Zakat yg wajib di keluarkan oleh setiap umat muslim yg sudah masuk kedalam Syarat Wajib Zakat baik pria maupun wanita. Sedangkan untuk kata Fitrah mempunyai artian suci atau merujuk kpd keadaan manusia saat baru diciptakan atau kembali fitrah, Hukum Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Hukum Membayar Zakat Fitrah tentu saja wajib karena Zakat Fitrah sama saja dg Zakat yg merupakan Rukun Islam ke tiga dlm Islam.

Adapun untuk Keistimewaan, Keutamaan dan Manfaat Membayar Zakat Fitrah antara lain akan mendapatkan pahala yang begitu besar, dibukakan pintu surga kepada anda, menyempurnakan islam seseorang yg membayar zakat, mensucikan jiwa dan harta yg km milliki. Kemudian untuk Perintah Membayar Zakat Fitrah dlm Firman Allah Ta’ala yg berbunyi ” Sesungguhnya beruntunglah orang yg membersihkan diri dan dia mengingat nama tuhannya lalu dia shalat ”. Sedangkan Rasullullah Swt jg bersabda yg berbunyi

” Bagi orang merdeka dan beragama islam baik pria maupun wanita, anak2 atau orang dewasa dari kaum muslimin beliau Nabi Muhammad Saw memerintahkan untuk wajib membayar Zakat Fitrah jika mereka msh memiliki makanan untuk dirinya serta keluarganya selama karena zakat tersebut lebih diutamakan dari sesuatu yg lebih bermanfaat bagi fakir miskin ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat, Cara, Hukum dan Waktu Zakat Fitrah di dalam Islam

penjelasan waktu zakat fitrah terlengkap

Untuk penjellasan dari Niat Membayar Zakat Fitrah dan Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah bisa anda lakukan hanya dg mengucapkan Bismillah saja karena Niat Zakat Fitrah kuncinya ialah Ikhlas memberikan Zakat Fitrah dg memohon Ridho Allah Swt dan diberikan kepada yg benar – benar membutuhkan menurut ketentuan di Ajaran Islam karena jika anda membayar Zakat Fitrah tetapi tidak dg Ikhlas maka Zakat yg anda berikan tidak berarti apa – apa dan sedangkan untuk Hukum Zakat Fitrah ialah Wajib atau Fardhu ain.

Cara Membayar Zakat Fitrah Yang Benar


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sedangkan untuk Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Cara Menghitung Zakat Fitrah bisa anda lakukan dg cara membayar sebesar 1 (Satu) Sha’ dan 1 sha =  4 Mud dan 1 Mud = 675 Gr. Perhitungan Mengeluarkan Zakat Fitrah lebih umum lagi kira2 setara dg 3.5 Liter or bissa jg 2.7 Kg Makanan pokok seperti tepung, gandum,beras, kurma, aqith atau makaanan pokok yg biasanya dikonsumsi didaerah atau negara yg bersangkutan. Sebagai contoh jikka Cara Zakat Fitrah diIndonesia dilakukan dg membayar beras sebanyak 2.7 Kg dan bissa dibayarkan dlm bentuk Uang yg disetarakan dg besaran harga beras dan dikalikan dg jumlah beras yg wajib dibayarkan.

Penjelasan Waktu Zakat Fitrah Terlengkap

Kemudian untuk Waktu Membayar Zakat Fitrah dan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah sendiri bisa anda lakukan saat bulan puasa Ramadhan dan paling lambat atau batas waktunya sebelum orang2 melaksanakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id. Perlu saya diingatkan kpd km bahwa jika anda menyerahkan Zakat Fitri sdh melewati batas Waktu Zakat Fitrah yg ditentukan maka Zakat Fitrah anda tidak berlalu atau masuk ke dlm kategori Sedekah biasa bukan Zakat.

Kesimpulan dari Waktu Zakat Fitrah ini sendiri ialah Zakat Fitrah dibayarkan disaat bulan puasa ramadhan dan batas Waktu Zakat Fitrah dibayarkan ketika sudah mengerjakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id sehingga jika sebelum batas waktu tersebut anda bisa mengeluarkan dan membayar zakat di jam manapun.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...