Hukum Marah Saat Puasa Ramadhan Lengkap

Saturday, April 16th 2016. | Berpuasa
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hukum Marah Saat Puasa Ramadhan – Puasa Ramadhan merupakan salah satu Puasa Wajib yang harus dilakukan oleh setiap Muslim diseluruh dunia baik itu Wanita atau Pria karena untuk Hukum Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri ialah Wajib dikerjakan oleh setiap Muslim sehingga akan mendapatkan Pahala yang banyak bagi mereka yang mengerjakan Puasa Ramadhan dan akan mendapatkan Dosa Besar bagi mereka yang tidak mengerjakan Puasa Ramadhan, walaupun sehari karena untuk Puasa Ramadhan wajib dikerjakan selama Tiga Puluh hari di Bulan Ramadhan.

Kemudian untuk Waktu Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri dilakukan selama Tiga Puluh hari di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah (Kalender Islam) dan untuk Cara Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri dilakukan dengan menahan Makan (Lapar), Minum (Haus), menahan Nafsu dan hal – hal yang dapat membatalkan puasa lainnya dari masuknya Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari yang biasanya di tandai oleh Adzan Shalat Wajib Maghrib. Adapun didalam Niat Puasa Ramadhan sendiri jangan sampai lupa dibacakan oleh kalian sebelum masuknya Imsak dan anda juga jangan meninggalkan Shalat Sunnah Tarawih yang dikerjakan setelah Sholat Isya serta melakukan aktivitas Sahur karena di dlm Kegiatan Sahur ada keberkahan banyak.

Lalu didalam Keutamaan Mengerjakan Puasa Ramadhan sendiri sangatlah banyak sekali seperti salah satunya akan mendapatkan Pahala Puasa Wajib yg banyak dan akan diberikan perlindungan dan balasan dari Alloh Swt karena tlah melaksanakan apa yg sdh menjadi kewajiban kalian sebagai seorang Muslim. Keistimewaan Puasa Ramadhan datang hanya didalam Bulan Ramadhan, dimana Bulan Penuh Berkah, Bulan penuh kemuliaan, Bulan dimana Pintu Surga dibuka, Bulan dimana terdapat pintu tobat dan Bulan dimana amal perbuatan baik di lipat gandakan sehingga anda sebagai seorang Muslim sudah sewajarkan untuk selalu menjaga Puasa Tiga Puluh Bulan Ramadhan selalu sah dan tidak batal.

Hukum Marah Ketika Puasa Ramadhan di Islam

hukum marah saat mengerjakan puasa ramadhan

Sedangkan untuk pertanyaan – pertanyaan tentang Marah didalam Puasa Bulan Ramadhan seperti akan batal atau tidak kah Puasa Bulan Ramadhan jika kita Marah atau Bagaimana Hukum Puasa Ramadhan jika kita Marah dan Marah di Puasa Ramadhan dapat mengakibatkan Puasa menjadi Batal atau tidak menurut pandangan Ulama yg telah disetujui oleh Ijma ?

Adapun untuk jawaban tentang perkara Marah didalam Puasa Ramadhan bisa kalian lihat dlm Fatwa Syabakah Islamiyah yg menyatakan, ” Orang yg sedang Puasa ketika dia marah ataupun bertengkar dg orang lain maka Puasanya tetap sah atau tidak batal puasanya dan tidak wajib dia ulangi. Baik dia sebagai orang yg mendzalimi ataupun yg didzalimi dg perkara marah tersebut (Fatma Syabakah Islamiyah, no 109481) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Walaupun untuk Hukum Marah didalam Puasa Ramadhan tidak dapat membatalkan Puasa Ramadhan tersebut, tetapi akan mengurangi Pahala Puasa yg akan didapatkannya dan hal ini seperti diterangkan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Puasa ialah membentengi diri maka dari itu apabila dari kalian dihari sedang melakukan Puasa janganlah berkata kotor dan janganlah berteriak – teria. Jika terdapat orang yg memakinya atau mengajak bertengkar maka hendaknya dia menjawab sesungguhnya aku sd melakukan Puasa (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Lalu Nabi Muhammad Saw bersabda yg telah diutarakan oleh Ibnu At Tin dan di Shahihkan oleh Bukhari bahwa, ” Jangan Marah (Sabar) telah menggabungkan semua kebaikan di akherat dan dunia karena Marah dapat memberikan atau membuat permusuhan dan terkadang jg akan menyebabkan dirinya dapat menyakit orang lain yg dimarahinya sehingga bisa mengurangi kadar agamanya (Pahala) ”.

Melihat Hadist tersebut maka dpt ditarik kesimpulan bahwa Marah tak termasuk kedalam Hal Membatalkan Puasa Ramadhan, tetapi hanya akan mengurangi kadar pahala puasa ramadhan itu sendiri sehingga ada baiknya jika kalian tidak marah – marah atau bertengkar jika sedang mengerjakan Puasa Ramadhan karena Nabi Muhammad Saw mengajarkan jika kita dihina, dimaki dan diajak berkelahi oleh orang lain, sebaiknya bersabar dan menyampaikan kepada lawan bicara anda bahwa kalian sedang berpuasa agar mereka mengetahui bahwa kita tidak membalas ajakan atau kedzaliman mereka kepada kita bukan karena takut atau lemah, tetapi karena sedang berpuasa.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,