Hukum Membaca Niat Wudhu di Ajaran Islam

Saturday, April 29th 2017. | Hukum Islam

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hukum Membaca Niat Wudhu Pengertian Wudhu menurut Bahasa itu Keindahan, Mensucikan dan Kebersihan, sedang Pengertian Wudhu menurut Istilah Syariat ialah membersihkan atau menyucikan Anggota Tubuh menggunakan air dengan cara tertentu yang dimulai dengan Berniat guna menghilangkan Hadast Kecil sebelum melakukan Shalat. Perlu kalian ketahui juga bahwa Wudhu merupakan termasuk kedalam salah satu Syarat Sah Shalat Wajib sehingga sudah tentu untuk Hukum Wudhu Sebelum Shalat Wajib dan Shalat Sunnah ialah Wajib dilakukan.

Adapun Dalil tentang Wudhu sebagai Perkara Yang Wajib dilakukan sebelum mengerjakan Shalat Fardhu dan sebagai Syarat Sah Shalat Fardhu, telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 bahwa Allah SWT Berfirman yang berbunyi, ” Hai orang – orang yg beriman, apabila km akan mengerjakan Sholat maka Basuhlah Muka Mu dan Tangan Mu sampai dengan Siku dan Sapulah Kepala-Mu dan Basuh Kaki-Mu sampai dgn kedua Mata Kaki dan jika km Junub maka Mandi-lah dan jika kama sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau menyentuh Wanita (Perempuan),

Lalu km tidak mendapatkan Air maka Bertayamum lah dengan Tanah yang Bersih, sapulah Muka Mu dan Tangan Mu dengan Tanah itu. Allah SWT tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Allah SWT hendak membersih-kan (Mensuci-kan) kama dan menyempurnakan Nikmat-nya bagi mu agar kamu bersukur (QS. Al Ma’idah Ayat : 6) ”. Kemudian didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari Muslim telah menjelaskan dari Hammam bin Munabbih bahwa ia mendengar Abu Hurairah ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda ” Tidak akan diterima Shalat seseorang yang Berhadast hingga ia Berwudhu (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Membaca Niat Wudhu di Ajaran Islam

hukum membaca niat wudhu sebelum shalat

Oleh sebab itu dengan melihat Firman Allah SWT dan Sabda Nabi Muhammad SAW diatas maka sudah sangat jelas bahwa Hukum Mengerjakan Wudhu Sebelum Mengerjakan Shalat Fardhu ialah Wajib dan termasuk kedalam Syarat Sah Shalat yang harus dilakukan oleh setiap Muslim dan Muslimah karena jika tidak dikerjakan (Tidak Berwudhu) maka Shalat Wajib Lima Waktu yang dikerjakan oleh kalian tidak akan Sah. Namun Pertanyaan nya sekarang ialah Bagaimana Hukum Niat Wudhu dan apakah harus membaca Niat Wudhu ketika akan melakukan Wudhu ?

Hukum Membaca Niat Wudhu Sebelum Shalat


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Kemudian untuk Hukum Mempunyai Niat Wudhu ialah Wajib dan harus dilakukan oleh setiap Muslim dan Muslimah yang akan melakukan Berwudhu baik ketika akan melakukan Shalat Wajib Lima Waktu, ketika akan mengerjakan Shalat Sunnah dan ketika akan membaca Kitab Suci Al Qur’an ataupun ketika akan melakukan Ibadah – Ibadah lainnya yang harus Berwudhu terlebih dahulu.

Lalu alasan mengapa Hukum Membaca Niat Wudhu itu harus dilakukan oleh setiap Muslim, dikarenakan Niat Wudhu merupakan termasuk kedalam Rukun Wudhu dan untuk pengertian Rukun Wudhu sendiri adalah Ketentuan – Ketentuan Wudhu yang harus dipenuhi (Dilakukan) dan jika kalian tidak melakukan salah satu Rukun Dalam Wudhu maka Wudhu yang kalian lakukan tersebut tidak sah.

Adapun untuk Macam – Macam Rukun Wudhu ini antara lain Yang Pertama Niat Berwudhu , Yang Kedua Membasuh Muka mulai dari Tumbuh-nya Rambut Kepala sampai Bawah Dagu dan dari Telinga Kanan Hingga Telinga Kiri, Yang Ketiga Membasuh Kedua Tangan Sampai Kedua Siku – Siku, Yang Keempat ialah Mengusap sebagian Rambut Kepala, Yang Kelima Membasuh Kedua Belah Kaki sampai Mata Kaki dan Yang Terakhir Keenam ialah Tertib yakni melakukan Rukun Wudhu tersebut secara Berturut – Turut dan Benar urutannya.

Oleh karena itu bisa disampaikan sekali lagi bahwa untuk Hukum Berniat Wudhu Sebelum Berwudhu itu Wajib karena sudah termasuk kedalam Rukun Wudhu sehingga jika tidak mempunyai dan membaca Niat Wudhu maka Wudhu kalian tidaklah sah. Didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim telah menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang berbunyi, ” Amal Ibadah itu tergantung kepada niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai Niatnya (HR. Bukhari dan Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...