Hukum Menahan Kentut Saat Shalat di Islam

Hukum Menahan Kentut Ketika Shalat – Pembahasan tentang Shalat di ajaran Islam sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu Shalat Wajib Lima Waktu seperti Shalat Subuh, Shalat Dhuhur, Shalat Ashar, Shalat Maghrib serta Shalat Isya dan yang kedua ialah Shalat Sunnah seperti Shalat Istikharah, Shalat Tahajud, Shalat Taubat, Shalat Dhuha, Shalat Hajat dan Shalat Sunnah lainnya yg ada di Ajaran Islam. Sedangkan untuk pengertian Shalat Wajib Lima Waktu merupakan Shalat yang wajib dikerjakan oleh setiap Muslim baik itu Muslim Pria maupun Muslim Wanita karena jika setiap Muslim mengerjakan Shalat Wajib maka mereka akan mendapatkan Pahala yang besar, tetapi jika mereka meninggalkan Shalat Wajib Lima Waktu baik dari salah satunya atau tidak sama sekali maka mereka akan mendapatkan dosa yg besar.

Untuk perintah wajib mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu tersebut sdh diterangkan di dlm beberapa surat didlm Al Qur’an seperti salah satunya dari Surat An Nisa ayat 77 yg berbunyi, ” dan dirikanlah Sholat dan tunaikanlah zakat dan kebaikan apa saja yg km usahakan bagi diri km, tentu km akan mendapatkan pahalanya pd sisi Alloh. Sesungguhnya Alloh itu maha melihat apa2 yg sedang km kerjakan (QS. An Nisa, Ayat : 77) ”. Kemudian didalam Surat Al Baqarah ayat 83 yang berbunyi, ” dan dirikanlah Sholat, tunaikanlah zakat dan berukulah bersama orang – orang yg ruku (QS. Al – Baqarah, Ayat 83) ”.

Oleh karena itu sudah sepantasnya jika kalian mengerjakan shalat wajib lima waktu dengan benar dan ikhlas karena sdh cukup jelas bahwa Alloh Swt sudah memerintahkan seluruh umatnya didalam Surat – Surat pada kitab suci Al Qur’an untuk selalu mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu setiap hari dan perlu kalian ketahui bahwa Shalat merupakan tiang agama islam sehingga jangan sampai kalian untuk sesekali meninggalkan Sholat Lima Waktu tersebut karena kalian akan mendapatkan dosa setiap tidak mengerjakan salah satu shalat wajib lima waktu disetiap harinya.

Hukum Menahan Kentut Saat Mengerjakan Shalat di Islam

hukum menahan kentut saat shalat di islam

Lalu di dlm pertanyaan – pertanyaan seperti Hukum Menahan Kentut Saat Shalat atau Apakah Menahan Kentut Ketika Shalat dapat membatalkan Shalat tersebut atau Bagaimana pendapat para ulama tentang Menahan Kentut saat menunaikan sholat wajib karena faktanya di kehidupan sehari – hari pasti banyak sekali seorang Muslim yang mengalami hal seperti itu atau menahan kentut saat mereka sedang mengerjakan sholat.

Oleh karena itu sebelum menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas maka ada baiknya kalian melihat Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” tidak ada sholat saat makanan telah dihidangkan atau sambil menahan dua hadast (Hadist Riwayat Ahmad, Muslim dan Abu Daud) ”. Maksud dari tidak ada sholat ialah tidak sempurnanya shalat seseorang dan untuk dua Hadast ialah keinginan untuk buang air besar dan air kecil, untuk kentut juga termasuk kedalam Hadast dan jika seorang Muslim melakukan kentut saat mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah maka Sholat yg dikerjakan tersebut tidak sah atau batal karena mengeluarkan kentut saat shalat merupakan salah satu Hal Yang Membatalkan Shalat sehingga mereka harus melakukan Wudhu dan Shalat kembali.

Sedangkan untuk Hukum Menahan Kentut Saat Mengerjakan Shalat Wajib hukumnya makruh yg sudah disepakati oleh para ulama dan sudah dijelaskan oleh Imam Muhyiddin Syaraf An Nawawi dan Mazhab Syafi’i bahwa menahan kentut saat shalat berhukum makruh karena hal tersebut dapat mengurangi kekhusuan seseorang dlm mengerjakan shalat wajib ataupun shalat sunnah. Adapun untuk pengertian Makruh Shalat sendiri ialah puasanya masih tetap sah tetapi akan mengurangi kadar pahala yang akan didapatkan karena untuk perkara makruh merupakan perkara yg boleh dilakukan tetapi lebih baik ditinggalkan.

Hukum Menahan Kentut Saat Shalat di Islam | Rukun | 4.5