Hukum Menutup Aurat Bagi Perempuan Dalam Islam

Wednesday, June 21st 2017. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hukum Menutup Aurat Bagi Wanita  Pengertian Aurat merupakan merupakan bagian dari tubuh manusia baik itu laki laki dan perempuan yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain atau yang bukan mukhrim dengan menggunakan pakaian. Jadi untuk pengertian aurat perempuan merupakan bagian tubuh wanita yang harus atau wajib ditutupi dari pandangan orang lain (laki laki yang bukan mukhrimnya) dengan menggunakan pakaian.

Terus apa saja Batasan Aurat Perempuan yang wajib ditutupi? Menurut kitab Al Iqna yang disusun oleh Muhammad Al Khotib – ulama Syafi’iyah menjelaskan bahwa Pengertian Aurat Bagi Perempuan ialah seluruh bagian tubuh terkecuali Wajah dan Telapak Tangannya (Perempuan). Hal ini sebagaimana Firman Allah SWT yang ada didalam Al Qur’an Surat An Nur ayat 31 dan menurut Surat An Nur Ayat 31 dalam Al Qur’an maka para Ulama sepakat bahwa Wajah dan Kedua Telapak Tangan bukanlah termasuk ke dalam Aurat Perempuan.

Hukum Menutup Aurat Bagi Perempuan

Untuk pembahasan tentang Hukum Menutup Aurat Bagi Wanita didalam Islam adalah Wajib Hukumnya dan hal ini telah diperintahkan Allah SWT yang telah diterangkan didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 59 yang berbunyi, ” Hai Nabi, katakanlah kepada Istri – Istri kamu, Anak – Anak Wanita Kamu dan Istri – Istri Orang Mukmin (Islam) : ” Hendak lah Mereka mengulurkan Jilbab-nya ke Seluruh Tubuh Mereka ”. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal, karna itu Mereka tidak akan diganggu dan Allah SWT adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Al Ahzab, Ayat : 59) ”.

Kemudian Firman Allah SWT tentang Perintah Menutup Aurat Bagi Perempuan Muslim juga telah dijelaskan pula didalam Surat An Nur Ayat 31 yang berbunyi, ” Dan Katakanlah kepada Wanita – Wanita yg beriman : Hendak-lah Mereka menahan Pandangan-nya dan memelihara kemaluan-nya dan jangan-lah mereka menampakkan perhiasan-nya kecuali yg biasa nampak dari padanya. Dan hendak-lah mereka menutupkan Jilbab (Khumur) nya ke dadanya (QS. An – Nur Ayat : 31)”.

Melihat Kedua Surat didalam Al Qur’an tersebut (Surat Al Ahzab Ayat 59 dan Surat An Nur Ayat 31) maka sudah sangat jelas bahwa Hukum Menutup Aurat Bagi Perempuan Muslim yaitu Wajib. Namun ironisnya di Era Globalisasi seperti sekarang ini banyak sekali Perempuan Muslim yang masih banyak tidak menjaga dan tidak Menutup Aurat yang sesuai dengan Perintah Agama Islam, entah itu karena belum tahu ataupun memang sengaja di perlihatkan secara nyata oleh Wanita Muslim yang kebanyakan dilakukan oleh para Remaja ataupun Anak Muda.

Oleh sebab itu kita Laki – Laki Muslim sangat baik sekali untuk selalu mengingatkan Istri Kita, Saudara Perempuan Kita dan Keluarga Perempuan Kita jika melihat ada yang belum bisa Menutup Aurat secara benar dan janganlah kita mencaci, mencibir dan memarahi mereka karena dari pada Mencaci dan Memarahi mereka, alangkah lebih baik jika kita nasehatin secara benar – benar dan sabar serta tak lupa kita mendoakan mereka agar mau untuk Menutup Aurat dengan benar karena bagaimanapun itu sudah sebagai Kewajiban dan Tugas kita, apalagi jika terhadap Istri kita sendiri.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bagaimana Cara Perempuan Menutup Aurat

Lalu Bagaimana Cara Perempuan Muslim Menutup Aurat yang benar sesuai Syariat Islam? Ini yang perlu diperhatikan secara lebih seksama oleh banyak Wanita Muslim masa kini karena menurut Nabi Muhammad SAW bahwa Wanita mempunyai kewajiban menutup Seluruh Tubuh nya kecuali Wajib dan Telapak Tangannya, seperti yang telah dijelaskan didalam Hadist Riwayat Abu Daud yg berbunyi ” Sesungguhnya jika seorang Perempuan yang sudah Baligh (Dewasa) maka tidak ada yg layak dilihatkan kecuali Wajah dan Telapak Tangan (HR. Abu Daud) ”.

Dari Hadist Riwayat Abu Daud tersebut maka sudah jelas bahwa Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan bahwa Batasan Aurat Bagi Perempuan yakni seluruh Tubuhnya kecuali Bagian Wajah dan Telapak Tangannya. Oleh sebab itu bagi kalian Perempuan Muslim untuk selalu menjaga Aurat kalian karena sekali lagi untuk Hukum Menutup Aurat Bagi Perempuan Muslimah ialah Wajib, baik saat didalam Area Kerjaan dan Area lainnya yang bertemu dengan Orang – Orang Lelaki yang bukan Mukrim dan Mahram nya.

Namun perlu diangkat kepada kalian para Wanita Muslim Indonesia bahwa dalam Berpakaian juga harus perlu diperhatikan karena dimasa Modern yang seperti ini banyak Wanita Muslim yang salah kaprah seperti contohnya ketika mereka telah Berhijab, namun masih memakai Pakaian yang terlihat kurang pantas sehingga lekukan tubuhnya masih terlihat jelas yang dapat menimbulkan Mata Lelaki yang bukan Mukrim melihat dengan Syahwat dan hal tersebut tentunya tidak dibenarkan karena Lekukan Tubuh yang terlihat jelas tersebut merupakan sesuatu yang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan Nafsu (Syahwat) bagi mereka yang melihatnya.

hukum menutup aurat bagi perempuan muslim

Keutamaan Menutup Aurat Bagi Perempuan

Kemudian untuk Keutamaan Menutup Aurat Bagi Perempuan yang terpenting antara lain dapat menghindarkan dari Dosa karena mengumbar aurat, sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa Hukum Menutup Aurat Bagi Perempuan adalah Wajib. Hikmah Menutup Aurat Bagi Wanita selanjutnya ialah dapat menghindari dari Pandangan Negatif dan Fitnah, maksud dari Pandangan Negatif adalah supaya perempuan tidak di pandang sebagai Wanita Penggoda karena Perempuan yang Menutup Aurat akan selalu menghormati dirinya sendiri.

Lalu Hikmah Menutup Aurat Bagi Perempuan Muslim selanjutnya ialah dapat mencegah munculnya Hawa Nafsu bagi Laki – Laki yang bukan Mukrim dan Mahram karena perlu kalian ketahui bahwa Manusia itu mempunyai Hawa Nafsu (Syahwat) yang besar dan Hawa Nafsu terhadap Wanita merupakan yang paling terdepan. Dan Hikmah Menutup Aurat Bagi Perempuan selanjutnya ialah dapat melindungi diri kita dari tindakan Kejahatan, Mencegah Rasa Cemburu terhadap Suami ketika sudah Menikah Dalam Islam karena kita menjaga Aurat kita terhadap orang lain dan dapat melindungi tubuh dan kulit dari Polusi dan Matahari secara tidak langsung.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,