Penjelasan Hukum Puasa di Bulan Ramadhan

Thursday, April 30th 2015. | Berpuasa

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hukum Puasa – Pengertian Puasa di Bulan Ramadhan yaitu salah satu Rukun Islam ke Empat yg harus dilakukan oleh setiap insan manusia muslim diseluruh dunia baik itu laki – laki maupun perempuan dan Berpuasa di Bulan Ramadhan sendiri mempunyai artian menahan makan, minum, lapar, dahaga dan hawa nafsu baik marah – marah, berpikiran buruk, fitnah, berbohong dll yg dimulai dari Waktu Imsak sampai terbenamnya matahari atau kurang lebih berpuasa selama 12 jam.

Berpuasa ialah salah satu Rukun Islam sehingga sudah sangat jelas bahwa Hukum Mengerjakan Puasa ini adalah wajib atau fardhu ain bagi setiap muslim di seluruh dunia yg sudah dewasa, sehat jasmani dan rohani serta mampu untuk mengerjakan Puasa. Sedangkan Waktu Berpuasa sendiri dilakukan disetiap Bulan Ramadhan selama 30 hari berturut – turut, dimana Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan yg sangat istimewa di ajaran islam. Bulan Ramadhan merupakan Bulan yg penuh pahala, berkah, kebahagian dan bulan dimana pintu taubat dibuka oleh Alloh.

Untuk Keutamaan dan Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan yg diperoleh oleh setiap umat muslim yg melakukannya antara lain dapat membuat badan kita sehat karena Nabi Muhammad Saw jg pernah bersabda yg berbunyi, ” Berpuasalah maka kamu sekalian akan sehat dg berpuasa ”. Sehingga selain kita memperoleh pahala yg begitu banyak, badan kita jg akan mendapatkan kesehatan yg begitu besar dan jangan lupa akan keberhakan yg ada di dlm Puasa di Bulan Ramadhan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Puasa di Bulan Ramadhan di Ajaran Islam

penjelasan hukum puasa di bulan ramadhan islam

Puasa merupakan Rukun Islam yg ke Empat sehingga sudah sangat jelas bahwa Hukum Melaksanakan Puasa ialah Fardhu ain atau Hukum Puasa Wajib untuk setiap muslim diseluruh dunia yg sudah baligh dan sehat secara jasmani maupun rohani. Hukum Puasa di Bulan Ramadhan sendiri sudah bisa dijelaskan di berbagai ayat – ayat Al – Qur’an yg memerintahkan setiap insan muslim untuk berpuasa,

Dalam Surat Al Baqarah ayat 183 yg berbunyi, ” Hai orang2 yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana dii wajibkan atas orang – orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. dan firman Alloh Swt tentang Hukum Puasa di Islam lainnya yg berbunyi, ” Telah diwajibkan atas kalian berpuasa (As-Shiyaam)”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Melihat dua firman Alloh Swt diatas, maka sudah sangat jelas bahwa Hukum Berpuasa di Bulan Ramadhan ialah wajib untuk setiap orang muslim di seluruh dunia sehingga kita sebagai seorang muslim harus mengerjakan puasa di bulan Ramadhan dg penuh keikhlasan dan keseriusan sehingga kita mendapatkan pahala dan berkah yg banyak.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...