Hukum Sahur Puasa di Bulan Ramadhan

Hukum Sahur Puasa – Pengertian Sahur Puasa Di Bulan Ramadhan sendiri ialah makan atau minum yg dilakukan di malam hari sebelum melakukan puasa untuk keesokan harinya di bulan Ramadhan. Sahur sendiri jika dilihat dari segi pemikiran manusia biasanya dilakukan untuk memberikan asupan makanan atau minuman untuk menahan daya lapar kita dalam menjalani puasa selama hampir 12 jam dari waktu imsak sampai terbenamnya matahari (Masuk Waktu Shalat Maghrib).

Namun jika kita melihat secara lebih dalam ternyata Keistimewaan, Keutamaan dan Manfaat Sahur Puasa di Bulan Ramadhan sendiri sangat lah banyak karena terkandung keberhakan begitu banyak yg dapat kita peroleh dari Bersahur. Manfaat Makan Sahur Puasa seperti Sabda – Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Makan Sahurlah karenna sesungguh-nya pd sahur itu terdapat berkah ” dan ” Sahur merupakan makanan yg penuh berkah, oleh karena ittu janganlah kamu meninggalkan sahur sekalipun hanya dg minum seteguk air karena sesungguhnya Alloh dan para malaikat bershalawat kpd orang – orang yg makan Sahur ”.

Penjelasan Hukum Sahur Puasa di Bulan Ramadhan

hukum sahur puasa di bulan ramadhan gambar

Sedangkan untuk Hukum Sahur Puasa di dalam Islam sendiri ialah Sunnah yang mempunyai artian akan mendapatkan pahala jika mereka mengerjakan dan tidak mendapatkan dosa jika mereka meninggalkannya. Hanya saja Makan Sahur di Bulan Puasa sendiri sudah diperintahkan langsung oleh Nabi Muhammad Saw dalam Sabda-nya yg berbunyii, ” Barang siapa yg ingin Berpuasa, maka hendaklah kamu Bersahur  karena dg Makan Sahur maka akan semakin kuat Berpuasa nya”.

Kemudian untuk Waktu Makan Sahurdi Bulan Puasa atau Bersahur di Bulan Ramadhan sendiri sebaiknya dilakukan pada pertengahan hari sekitar pukul 01.00 pagi hiingga 03.00 pagi or 04.00 pagii sebelum masuk waktu imsak atau waktu dimana sudah dilarang untuk melakukan Makan Sahur di Bulan Ramadhan atau anda bisa menerka – nerka sendiri waktu kapan yg pas untuk Bersahur karena Cara Makan Sahur sendiri sangatlah mudah yaitu memakan atau meminum sesuatu walaupun sedikit sebelum masuk waktu imsak dan yg terpenting jangan sampai lupa untuk membaca Bacaan Niat Puasa untuk keesokan harinya.

loading...