Hukum Ziarah Kubur Bagi Pria dan Wanita di Islam

Monday, September 12th 2016. | Ziarah Kubur
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hukum Ziarah Kubur  Pembahasan dan Pengertian Ziarah Kubur didalam Islam ialah mengunjungi Kuburan (Makam) Bapak, Makam Ibu atau Makam Kedua Orang Tua, Makam Sanak Keluarga, Makam Teman Dekat, Makam Para Ulama atau Wali yang sudah Meninggal Dunia karena kita sebagai seorang Muslim masih tetap bisa bersilahturahmi kepada setiap Muslim yang sudah Meninggal dan kita sebagai seorang Anak Muslim pun masih bisa berbakti kepada Bapak, Ibu ataupun Kedua Orang Tua yg telah Meninggal Dunia dg cara mengunjungi Makamnya (Berziarah Kubur) dan mendoakan arwah beliau semua.

Karena Nabi Muhammad SAW sudah pernah bersabda tentang Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia didalam Sabdanya yg berbunyi, ” Masih tetap ada bentuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia dan bentuknya ialah Mendoa’akan keduannya, meminta ampun kepada Allah Swt untuk Kedua Orang Tua kita, memenuhi Janji mereka setelah Meninggal Dunia, menjalin Hubungan Silahturahmi sama keluarga dari Kedua Orang Tua kita yg tak pernah terjalin dan memuliakan Teman Dekat Kedua-nya (HR. Abu Daud no. 5142 dan Ibnu Majah no 3664) ”.

Oleh karena itu jika kalian melakukan Ziarah Kubur maka jangan sampai lupa membaca Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal dengan tujuan memohon ampunan kepada Allah Swt agar diampuni segala dosa – dosa Kedua Orang Tua, dilapangkan Kuburnya dan dihindarkan dari Siksa Kubur karena Orang Tua baik Bapak dan Ibu maupun setiap Muslim Muslimah yg tlah meninggal sangat membutuhkan doa – doa dari seorang Anak Sholeh dan Seorang Muslim yg masih hidup. Hadist Riwayat Muslim no 1631 telah menerangkan Sabda Nabi Muhammad SAW yg berbunyi, ” Jika Seseorang telah Meninggal Dunia maka terputuslah semua perkara amalan-nya (Pahala-nya) kecuali Tiga Perkara yakni Sedekah Jariyah, Ilmu yg bermanfaat dan Doa dari Anak yg Sholeh (HR. Muslim no. 1631) ”.

Hukum Ziarah Kubur Bagi Laki – Laki dan Perempuan

hukum-ziarah-kubur

Kemudian untuk Hukum Ziarah Kubur Bagi Laki – Laki atau Hukum Melakukan Ziarah Kubur didalam Ajaran Islam sendiri dibolehkan dan tidak dilarang karena setiap Muslim sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk melakukan Ziarah Kubur. Hal tersebut tertera didalam Perintah Ziarah Kubur oleh Nabi Muhammad SAW dlm Sabdanya yg berbunyi, ” Dulu aku melarang kalian untuk melakukan Ziarah Kubur, tetapi sekarang lakukan-lah Ziarah Kubur karna Ziarah Kubur dapat mengingatkan kamu semua akan Akhirat (HR. Ahmad no. 1236 yang diSahihkan oleh Syuaib Al – Arnauth) ”.

Lalu Perintah Nabi Muhammad SAW untuk Berziarah Kubur juga sudah dijelaskan didalam Sabdanya yang lain dan dijelaskan oleh Hadist Riwayat Ibn Hibban yang berbunyi, ” Lakukanlah Ziarah Kubur karna Ziarah Kubur dapat mengingatkan kalian tentang Kematian (HR. Ibn Hibban no. 3169) ”. Oleh karena itu Hukum Berziarah Kubur dalam Islam dibolehkan dan tidak dilarang. Adapun untuk Hukum Ziarah Kubur Pada Hari Raya Idul Fitri Bagi Laki – Laki maupun Perempuan sendiri tentu dibolehkan, hanya saja tidak boleh mengkhususkan waktu tertentu untuk berziarah karena pada hakekatnya Waktu Ziarah Kubur bisa dilakukan kapanpun dan di Hari mana pun, tidak harus di Hari Jum’at, tidak harus di Hari Raya Idul Fitri karena sekali lagi Ziarah Kubur dapat dilakukan kapan saja.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sedangkan untuk Hukum Ziarah Kubur Bagi Perempuan sendiri dibolehkan dan tidak dilarang, tetapi tidak boleh sering melakukan Ziarah Kubur karena biasanya Wanita akan mudah menangis, berteriak dan mudah sedih karena Hati perempuan yg lembut sehingga mereka tidak bisa tegar dan menyembunyikan kehilangan sosok yang ditinggalkannya. Oleh karena itu sekali lagi Hukum Ziarah Kubur Bagi Wanita Muslim dibolehkan, tetapi jangan terlalu sering sehingga kalian sebagai seorang Muslimah bisa menggantinya dg mendoakan Kedua Orang Tua dan Saudara yg telah tiada dirumah saat selesai mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu disetiap harinya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,