Pengertian Iman Kepada Qada dan Qadar Secara Lengkap

Saturday, March 25th 2017. | Rukun Iman

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Iman Kepada Qada dan Qadar – Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa Pengertian Qada menurut Bahasa yakni Ketetapan, Hukum, Kehendak, Perintah, Penciptaan dan Pemberitahuan. Lalu Pengertian Qadha Menurut Istilah ialah Ketetapan dan Ketentuan Allah SWT dari sejak Zaman Manusia masih berada di dlm Kandungan, Ruh, Alam Lahir dan di Lauhil Makhfudz tentang segala sesuatu yg berkenaan dg Makhluk-nya yakni meliputi Baik dan Buruk, Hidup dan Mati dan seterus-nya sesuai dg Kehendak Allah SWT.

Sedangkan Pengertian Qadar Menurut Bahasa ialah Peraturan, Kepastian dan Ukuran. Lalu Pengertian Qadar Menurut Istilah ialah ketetapan terhadap segala sesuatu yg berkenaan dg makhluk-nya yang sudah ada sejak Zaman Manusia masih berada di dlm Kandungan, Ruh, Alam Lahir dan di Lauhil Makhfudz sesuai dengan kehendak Allah SWT. Perlu kalian ketahui juga bahwa Qadar itu sama saja dengan Takdir Allah SWT yang berlaku untuk semua Makhluk Hidup baik yang akan terjadi, sedang terjadi dan telah terjadi.

Adapun untuk Takdir sendiri terdapat Takdir Mua’llaq yakni Takdir yg berhubungan dengan Ikhtiar (Usaha) Manusia, seperti contohnya jika seseorang ingin menjadi Insinyur Pertanian maka dia harus belajar dengan tekun dan pada akhirnya dia menjadi Insinyur Pertanian. Takdir Kedua ialah Takdir Mubram yakni Takdir yg terjadi pada diri Manusia yang tidak bisa di ikhtiarkan (diusahakan) atau tak bisa ditawar – tawar lagi oleh Manusia, sebagai contoh seseorang yang dilahirkan dengan Mata Sipit ataupun seseorang yang dilahirkan dengan Warna Kulit Hitam.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pengertian, Hikmah dan Macam Iman Kepada Qada dan Qadar

iman kepada qada dan qadhar

Kemudian Pengertian Iman Kepada Qada dan Qadar sendiri ialah beriman, meyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa semua yang ada di Dunia ini dan segala sesuatu yg akan terjadi bagi semua Makhluk Hidup itu merupakan ketentuan, ketetapan dan kehendak Allah SWT dan semua itu telah menjadi bukti Kekuasaan dan Kebesaran Allah SWT.

Didalam Al Qur’an sendiri telah dijelaskan tentang Iman Kepada Qada dan Qadar pada Surat Ar – Ra’d Ayat 11 yang berbunyi, ” Bagi Manusia ada Malaikat2 yg selalu mengikuti-nya bergiliran, di Muka dan di Belakang-nya, mereka menjaga-nya atas Perintah Allah SWT. Sesungguh-nya Allah SWT tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yg ada pd diri mereka sendiri. Dan apabila Allah SWT mengehendaki keburukan terhadap suatu Kaum, maka tidak ada yg bisa menolak-nya dan sekali – kali tak ada pelindung bagi mereka selain Allah SWT (QS. Ar – Ra’d : Ayat 11) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keutamaan Iman Kepada Qada dan Qadar

Keutamaan, Fungsi dan Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar yang bisa diperoleh oleh setiap Muslim dan Muslimah antara lain akan mendapatkan Pahala karena Iman Kepada Qadha dan Qadar termasuk kedalam Rukun Iman yang ke Enam dan Rukun Iman ini merupakan Pilar – Pilar Keimanan didalam Ajaran Islam yang harus dimiliki oleh setiap Muslim dan Muslimah karena didasarkan dari Ayat – Ayat Al Qur’an dan Hadist Shahih Bukhari & Muslim yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab.

Keutamaan Iman Kepada Qada dan Qadar selanjutnya ialah untuk melatih diri agar bisa lebih bersukur kepada Allah SWT, dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat melatih seseorang agar menjadi orang yg terus berusaha dan tidak gampang putus asa, dapat menenangkan jiwa dan hati seseorang, menghindari dari Perilaku Tercela Sombong, melatih untuk bisa bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT karena kita yakin bahwa segala sesuatu itu sudah diatur oleh Allah SWT dan tugas kita hanya terus berusaha dan berdoa kepadanya.

Contoh dan Macam Iman Kepada Qada dan Qadar

Untuk Macam Beriman Kepada Qada dan Qadar antara lain senantiasa bersabar, selalu sadar dan menerima kenyataan, Rajin Berusaha dan tidak gampang menyerah dalam mengejar cita – cita ataupun keinginan, tetap berpikiran Optimis, selalu bertawakal kepada Allah SWT, mengisi kehidupan dengan cara – cara yang positif untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akherat, selalu menaati perintah – perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-nya.

Adapun Contoh Qadha dan Qadar yang lain bisa kalian lihat seperti Matahari Terbit di Siang Hari dari Timur Ke Barat dan Bulan Bintang nampak di Malam Hari, Setiap Makhluk Hidup pasti akan Meninggal, Menetapkan Jenis Laki – Laki maupun Perempuan, Menetapkan kapan seseorang Lahir, Orang Bodoh bisa menjadi Pintar asalkan terus giat belajar dan berdoa kepada Allah SWT, Orang Miskin juga bisa menjadi Kaya asalkan terus berikhtiar (berusaha) dan terus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesuksesan.

Mungkin hanya seperti itu ulasan tentang Pengertian, Macam dan Keutamaan Iman Kepada Qada dan Qadar. Semoga dengan adanya ulasan ini kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah bisa mengenal ataupun memahami apa itu Qada dan Qadar yang termasuk kedalam Rukun Iman didalam Ajaran Islam. Akhir kata saya sebagai penulis memohon maaf jika terdapat penulisan yang salah di dalam artikel ini dan semoga saja ulasan ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...