Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Yang Benar Menurut Agama Islam

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud  | Sholat tahajud merupakan salah satu sarana yang dapat dilakukan oleh seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Allah SWT di sepertiga malam. Momen ini adalah momen yang sangat indah ketika seorang muslim dapat bercengkrama dengan lembut dengan penciptanya. Sesuai dengan namanya, tahajud, yang berarti bangun dari tidur. Rasulullah SAW memang menganjurkan umatnya untuk tidur terlebih dahulu sebelum menunaikan sholat tahajud walaupun hanya sebentar. Namun, sebagian orang menanyakan tentang jumlah rakaat sholat tahajud yang dianjurkan. Apabila anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang sholat tahajud ini, mari simak ulasan artikel pada kali ini.

Jumlah rakaat sholat tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud ini merupakan sholat sunnah muakad yang sangat dianjurkan untuk dilakukan umat muslim. Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW untuk sholat tahajud sebelum turun perintah untuk sholat lima waktu. Berikut ini merupakan ayat-ayat Allah SWT tentang anjuran sholat tahajud :

tahajudlah kamu dimalam hari

 

Sungguh banyak keajaiban sholat tahajud yang akan didapatkan apabila kita melaksanakan perintah Allah SWT. Adapun keutamaan sholat tahajud di dunia dan di akhirat bagi umat muslim adalah sebagai berikut :

  1. Allah SWT akan menjaga dan memelihara hambaNya dari segala macam bencana dan kesusahan.
  2. Seorang hamba tersebut akan dicintai oleh oleh hamba – hamba Allah yang sholeh dan semua manusia.
  3. Akan terlihat di raut mukanya sebuah ketaatan kepada Allah SWT.
  4. Allah akan menjadikan orang tersebut yang bijaksana dengan memberi pemahaman agama Islam.
  5. Orang tersebut akan terjaga lisannya dengan mengucapkan perkataan-perkataan yang baik saja.
  6. Wajah seorang hamba terebut akan berseri ketika dibangkitkan dari kubur pada hari pembalasan tiba.
  7. Muslim tersebut akan mendapatkan keringanan ketika di hisab amalnya.
  8. Seorang muslim tersebut ketika melewati jembatan shirotul mustaqim dengan cepat.
  9. Kemudian catatan amal muslim tersebut akan diberikan di tangan kanan.

Pelaksanaan dan Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud

Apabila anda melakukan suatu ibadah sunnah maupun wajib, alangkah lebih tenang bila melakukannya sesuati dengan tata cara sholat tahajud yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sebenarnya sholat tahajud dilakukan setelah sholat isya hingga sebelum waktu subuh (sepanjang malam). Akan tetapi, terdapat waktu yang utama, yaitu sepertiga malam (setelah isya- pukul 22.00), lebih utama pukul 22.00-01.00, dan paling utama 01.00-subuh.

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa Allah SWT tidak membatasi jumlah rakaat sholat tahajud atau malam ini. Akan tetapi, jumlah rakaat yang dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 11 atau 13 rakaat dimana sholat tahajud ini minimal dilakukan sebanyak dua rakaat. Tata cara yang paling utama adalah dua rakaat sholat iftitah dimana setelah mengerjakan dua rakaat diakhiri oleh satu salam sebagai mana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah biasanya meengerjakan sholat witir setelah menunaikan sholat tahajud dan jumlahnya tidak melebihi 11 sampai dengan 13 rakaat. Sebagaimana sesuai dengan hadist :

hr muslim no 765

Pada intinya, waktu sholat malam atau tahajud ini dilakukan yang paling utama pada pukul 01.00 sampai dengan waktu sebelum subuh. Jumlah rakaat sholat tahajud yang dianjurkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW adalah sebanyak 11 atau 13 rakaat dan dilakukan sebanyak 2 rakaat 2 rakaat yang diakhiri dengan satu salam.

Demikian ulasan diatas mengenai jumlah rakaat sholat tahajud yang masih sering menjadi pertanyaan umat muslim. Semoga dengan mengetahuinya ketentuan Allah SWT dapat menambah keimanan kita sebagai muslim kepada Allah SWT. Mohon maaf apabila dalam penulisan terdapat kesalahan atau kekurangan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.  

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Yang Benar Menurut Agama Islam | Rukun Islam | 4.5