Ketentuan dan Syarat Qurban Yang Sah Dalam Islam

Ketentuan dan Syarat Qurban – Pengertian Qurban Dalam Islam juga disebut dengan Adh-Dhahiyyah atau Al-Udhhiyyah yang mempunyai arti Binatang Sembelihan seperti Binatang Sapi, Kerbau, Kambing, Domba dan Unta (Binatang Ternak) yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam Kalenjer Hijriyah dan pada Hari Tasyrik yang jatuh pada tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah (Kalender Islam), sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Adapun untuk Hukum Berqurban didalam Mayoritas Ulama Muslim dari Kalangan Sahabat, Tabiut Tabi’in, Tabi’in dan Ahli Fiqih menyatakan bahwa Berkurban itu Sunnah Muakkad, yakni Ibadah Sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dilakukan oleh Setiap Muslim dan Muslimah karena didalamnya telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW serta didalamnya terdapat banyak Manfaat dan Keistimewaan Berqurban yang bisa didapatkan oleh setiap Muslim dan Muslimah yang Berqurban di Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah).

Didalam Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah menyatakan bahwa Zaid Ibn Arqam bertanya ” Wahai Nabi Muhammad SAW, Apakah Qurban itu ? ”, Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab : ” Qurban ialah Sunnah nya Bapak Kalian (Nabi Ibrahim) ”, Mereka Menjawab (Zaid Ibn Arqam) ” Apa Keutamaan yang akan kami dapatkan dengan Berqurban ? ”, Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab : ” Setiap satu Helai Rambutnya yakni Satu Kebaikan ”, Mereka Bertanya lagi ” Kalau Bulu – Bulunya ? ”, Nabi Muhammad SAW menjawab : ” Setiap Satu Helai Bulunya juga satu kebaikan (Hadist Riwayat Ibnu Majah dan Ahmad) ”.

Melihat Hadist Shahih tersebut maka sudah bisa dibayangkan sendiri oleh kalian sebagai seorang Muslim akan Keutamaan Berqurban yang sangat banyak . Kemudian Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Kausar Ayat 2 juga telah memerintahkan untuk berqurban, yang berbunyi ” Maka Dirikanlah (Kerjakanlah) Sholat karena Tuhan Mu dan Berkurbanlah ( QS. Al Kausar, Ayat : 2) ”. Oleh karena itu dengan melihat Sabda Nabi Muhammad SAW dan Firman Allah SWT diatas maka sudah bijak sekali bagi kalian untuk mengetahui Ketentuan dan Syarat Berqurban didalam Ajaran Islam.

4 Syarat Qurban Bagi Seorang Muslim

Untuk Ketentuan dan Syarat Sah Berqurban Bagi Seorang Muslim dan Muslimah Yang Pertama adalah Seorang Muslim (Beragama Islam) karena Berqurban merupakan Ibadah Sunnah Muakkad bagi seorang Muslim sebagai bentuk Pendekatan Diri kepada Allah SWT, sehingga bagi Seorang Non Muslim tidak diwajibkan dan tidak di Sunnahkan untuk Berqurban.

Syarat Sah Qurban Bagi Seorang Muslim Yang Kedua adalah Orang yang bermukim dan Musafir sehingga Qurban di Sunnah kan bagi seorang Muslim yang tidak melakukan perjalanan jauh dan di Sunnahkan pula bagi mereka yang berpergian Jauh (Musafir), seperti ketika seorang Muslim sedang Berhaji maka dia pun bisa Menunaikan Qurban saat ia Berhaji.

Syarat Qurban Bagi Seorang Muslim Yang Ketiga ialah Mampu dan Berkecukupan (Kaya). Nabi Muhammad SAW bersabda yang diterangkan didalam Hadist Shahih Ahmad dan Ibnu Majah berbunyi, ” Barangsiapa yang mempunyai Kelapangan (Rezeki), namun Dia tidak Berqurban, janganlah ia dekat – dekat Musholla (Masjid) kami (Hadist Riwayat Ibnu Majah, Ahmad dan Al Hakim) ”.

Ketentuan Qurban Bagi Seorang Muslim Yang Keempat ialah Seorang Muslim yang telah Dewasa (Baligh) dan Berakal (Tidak Gila) sehingga tidak di Sunnahkan untuk Berkurban di Hari Raya Idul Adha bagi seorang Muslim yang masih kecil (Belum Dewasa) ataupun seorang Muslim yang Gila.

5 Syarat Hewan Qurban Idul Adha

Kemudian untuk Ketentuan Hewan Qurban Yang Pertama adalah Hewan Qurban harus dari Hewan Ternak seperti Kambing, Domba, Unta, Kerbau dan Sapi. Hal tersebut telah diterangkan didalam Al Qur’an Surat Al Hajj Ayat 34 Berbunyi, ” Dan bagi tiap – tiap Umat (Muslim) telah kami Syariatkan penyembelihan (Qurban), agar mereka menyebut nama Allah SWT terhadap Binatang Ternak yg sudah direzekikan oleh Allah SWT kepada mereka (QS. Al Hajj Ayat : 34) ”.

Syarat Kurban Bagi Hewan Kurban Yang Dikurbankan Kedua adalah Usia Hewan Ternak yang akan Dikurban telah mencapai Umur Minimal yang telah ditentukan Syariat. Lalu untuk Umur Hewan Ternak yang sudah dapat dikurbankan antara lain ” Umur Unta Minimal Umur 5 Tahun dan telah masuk Tahun ke 6, Umur Sapi minimal Umur 2 Tahun dan telah masuk Tahun ke 3, Umur Kambing Berumur 1 Tahun yang sudah masuk tahun ke 2 ”.

Syarat Qurban Bagi Hewan Qurban Yang Ketiga adalah terbebas dari Cacat dan didalam Hadist Shahih terdapat Empat Cacat yang disebutkan yang antara lain ” Terhindar dari Cacat Buta Sebelah Yang Jelas, Cacat Kepincangan Yang Jelas, Cacat Sakit Yang Jelas dan Cacat Kekurusan yang membuat Sumsum Hilang (Tak Bersumsum) ”.

ketentuan dan syarat qurban dalam islam

Syarat Hewan Qurban Yang Keempat adalah Hewan Qurban tersebut benar – benar dimiliki oleh Calon Kurban dan dimiliki (Dibeli) dengan cara yang halal karena Hewan Qurban tidak sah jika didapatkan dengan Mencuri ataupun dibeli dengan Uang Haram seperti Uang Hasil Berjudi dan dengan Cara – Cara Yang Batil lainnya.

Syarat Qurban Hewan Ternak yang akan dikurban Yang Kelima adalah disembelih pada waktu yang sudah ditetapkan atau sudah ditentukan oleh Syariat Islam. Adapun untuk Waktu Menyembelih Hewan Qurban dilakukan setelah mengerjakan Sholat Idul Adha dari Tanggal 10 Dzulhijah sampai Akhir Hari Tasyrik (11 – 13 Dzulhijjah), sehingga jika menyembelih hewan kurban sebelum Sholat Idul Adha dan sesudah Matahari Terbenam di Tanggal 13 Dzulhijjah maka tidaklah sah Qurbannya.

Itulah Ketentuan dan Syarat Qurban Bagi Seorang Muslim dan Untuk Hewan Qurban yang akan di Qurbankan didalam Ajaran Islam. Namun perlu diingatkan sekali lagi bahwa Berqurban merupakan Ibadah Sunnah Muakkad sehingga tidak akan berdosa bagi seorang Muslim yang tidak Bisa (Mampu) untuk melakukan Qurban, hanya saja tidak akan mendapatkan Keutamaan dan Manfaat Berqurban yang sangat banyak didalamnya.

Ketentuan dan Syarat Qurban Yang Sah Dalam Islam | Rukun | 4.5