Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Thursday, April 30th 2015. | Bulan Ramadhan
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Keutamaan Bulan Ramadhan – Pengertian Bulan Ramadhan merupakan bulan yg sangat istimewa di dalam agama islam karena didalam Bulan Ramadhan ini telah turun Kitab Suci Al Qur’an pada tanggal 17 Ramadhan dan terdapat Lailatul Qadar yg mempunyai artian satu malam yg sangat indah dan teristimewa sekali yg terjadi di bulan Ramadhan dan hanya dialami oleh orang – orang tertentu yg ahli ibadah. Bulan Ramadhan ini hanya ada di bulan kesembilan dlm penanggalan Hijriyah (Tahun penanggalan agama Islam) sehingga jika kita melihat ke kalendar nasional maka bisa terjadi di bulan2 manapun sekali dlm setahun.

Kemudian di Bulan Ramadhan ini anda sebagai seorang muslim di wajibkan untuk berpuasa selama 30 hari berturut – turut dari waktu imsak sampai terbenamnya matahari dan disunahkan untuk mengerjakan Shalat Tarawih malam hari serta melakukan makan sahur di pagi hari sebelum waktu Imsak. Memang sangat benar bahwa Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Bulan Ramadhan sangat banyak sekali untuk setiap muslim di seluruh dunia karena di Bulan Ramadhan merupakan bulan yg penuh berkah, bulan penuh ampunan dan banyak sekali pahala.

Sehingga sangat baik jika anda memperbanyak ibadah dg mengerjakan Shalat Wajib, Shalat Sunnah, Berpuasa, Bersahur, Mengerjakan Shalat Tarawih dan membaca Ayat Suci Al – Qur’an dg tujuan mendekatkan diri kepada Alloh Swt serta memohon ampunan atas segala dosa – dosa yg telah kita perbuat karena setiap manusia pasti tidak akan pernah luput dari segala dosa dan tipu muslihat setan dlm menjerumuskan ke jalan yg sesat.

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

keistimewaan dan keutamaan bulan ramadhan di islam

Untuk Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Bulan Ramadhan di Islam sendiri sudah di jelaskan didalam Firman Alloh Swt yg berbunyi, ” Bulan Ramadhan merupakan bulan yg didlmnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk umat manusia dan penjelasan2 mengenai petunjuk itu & pembeda antara yg baik dan yg bathil. Oleh karena itu barang siapa diantara kalian hadir di Bulan Ramadhan, maka hendaklah mengerjakaan puasa (QS. Al Baqarah, Ayat : 185)”.

Firman Alloh Swt tentang Kelebihan Bulan Ramadhan di Islam lainnya yg berbunyi, ” Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur’an pd Laialatul Qadar dan tahu kah anda apakah malam kemulian itu ? malam kemulian itu lebih baik dari seribu bulan (QS. Al Qadr)”. dan ” Sesungguhnya kami menurunkan pd suatu malam yg diberkahi dan sesungguhnya kami lah yg memberi peringatan (QS. Ad Dukha)”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sedangkan menurut Sabda Nabi Muhammad Saw tentang Keutamaan Bulan Ramadhan yg berbunyi, ”  Apabila Bulan Ramadhan tiba, maka pintu surga akan dibuka, pintu neraka akan ditutup dan setan pun dibelenggu (HR. Muslim)”. dan ” Sesungguhnya Alloh akan membebaskan beberapa orang dari api neraka pd setiap hari di Bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia meminta atau memanjatkan doa maka pasti akan dikabulkan (HR. Al Bazaar)”.

Untuk itu jika kita melihat beberapa Firman Alloh Swt dan Sabda Nabi Muhammad Saw tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Bulan Ramadhan maka bisa diambil kesimpulan bahwa di Bulan Ramadhan merupakan Bulan dimana penuh pengampunan, Bulan dimana doa – doa seorang muslim bisa dikabulkan oleh Alloh Swt, Bulan yg terdapat malam yg sangat baik dari pada seribu bulan (Malam Lailatul Qadar) dan Bulan dimana setan dibelenggu, pintu neraka ditutup, pintu surga di buka dan penuh kemuliaan serta keberkahan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,