Keistimewaan, Keutamaan dan Manfaat Zakat

Tuesday, May 12th 2015. | Berzakat

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Manfaat Zakat – Pengertian Zakat di Ajaran Islam sendiri adalah membayar dlm bentuk harta yg kita miliki dlm jumlah tertentu yg wajib kita keluarkan sebagai seorang Muslim dan diberikan kepada golongan atau orang – orang yg berhak menerimanya seperti Fakir Miskin, Anak Yatim, dan lain sebagainya yg menurut ketentuan yg telah dianjurkan dan tetapkan didalam Ajaran Islam.

Adapun untuk Hukum Membayar Zakat bagi setiap Muslim ialah Wajib karena membayar Zakat merupakan Rukun Islam nomor 3 yang harus dilakukan oleh setiap Muslim diseluruh dunia karena Alloh Swt telah memerintahkan dlm Firmanya yg berbunyi, ” Padahal mereka tdk disuruh kecuali spy menyembah Allah Swt dg memurnikan ketaatan kpdnya dlm menjalankan agama yg lurus dan spy mereka mendirikan Shalat dan menunaikan Zakat dan yg demikian itulah agama yg lurus (QS. Al Bayyinah, Ayat : 05)”.

Melihat Perintah Alloh Swt tentang kewajiban menunaikan Zakat diatas maka bisa di tarik kesimpulan sendiri bahwa Keistimewaan Menunaikan Zakat dan Manfaat Menunaikan Zakat pasti sangat banyak karena Alloh Swt tidak akan memerintahkan sesuatu kepada umatnya tanpa sebab dan akibat yg nyata, Oleh karena itu mulai dari sekarang anda jangan pernah meremehkan atau meninggalkan kewajiban anda dlm membayar zakat.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keutamaan dan Manfaat Membayar Zakat di dalam Islam

keistimewaan, keutamaan dan manfaat zakat

Disini kami akan membahas tentang Keutamaan Membayar Zakat dan Keistimewaan Membayar Zakat secara lengkap sehingga anda bisa mengetahui dg jelas dan detail dari Manfaat Zakat yg dpt diperoleh oleh anda karena hal ini merupakan kewajiban yg harus anda lakukan.

Keutamaan Dan Manfaat Memberikan Zakat


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Disini kami akan memberikan penjelasan dari Keistimewaan Memberikan Zakat dan Keutamaan Memberikan Zakat kepada anda dari aspek atau segi keagamaan secara lengkap dan jelas sehingga bisa dipahami olleh km semua. Adapun Manfaat Zakat dari Aspek Keagamaan antaara laiin, Membayar Kewajiban Zakat akan mendapatkan pahala yg begitu besar karena termasuk kedlm Rukun Islam yg ke 3 (Tiga).

Yang ke-dua Keutamaan Menunaikan Zakat dpt mendekatkan kita kpd Alloh Swt dan dpt menambahkan kadar keimanan kita karena kita mampu melaksanakan kewajiban memberikan sebagian harta kita secara ikhlas hanya karna Allah Ta’ala, Manfaat Zakat yg ke-tiga ialah Allah akan menghapus segala dosa – dosa anda dg membayar Zakat seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Sedekat atau zakat itu memadamkan kesalahan seperti air memadamkan api”.

Sedangkan Manfaat Zakat dari segi keagamaan ialah dimasukkanya ke Surga setiap muslim yg memberikan Zakat secara benar dan ikhlas seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ”Disurga terdapat kamar yg terlihat dari dlmnya dan dikhususkan Bagi orang yg berkata baik, memberikan makan diantaranya lewat Berzakat, Rajin Berpuasa, Shalat karena Allah Swt dimalam hari di saat manusia dg terlelap tidur ”.

Keutamaan dan Manfaat Membayar Zakat 

Sedangkan untuk Keutamaan Berzakat dan Membayar Zakat bagi diri kita sendiri antara lain dapat mensucikan harta benda yg kita miliki agar bersih dari segala macam sifat buruk seperti Bakhil, Kikir dan Egoistis, Manfaat Berzakat juga dpt mententramkan hati kita seperti Firman Allah Swt yg berbunyi, ” Ambilah zakat dari sebagian harta mereka karena dg zakat itu km membersihkan dan mensucikan mereka serta berdoalah untuk mereka, sesungguhnya doa km itu menjadikan jiwa mereka tentram dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui ”.

Manfaat Zakat lainnya ialah dpt menunjukan benarnya suatu iman dan membuat keimanan seorang menjadi sempurna karena harta ialah sesuatu yg sangat dicintai oleh mereka tetapi mereka diwajibkan untuk membayarnya dg ikhlas kpd yg berhak untuk menerima. Keutamaan Zakat berikutnya ialah menjadikan masyarakat islam menjadi keluarga besar dan memadamkan kemarahan orang miskin karena dg membayar zakat kita bisa menolong yg miskin dan mereka menyadari bahwa mereka tidak sendirikan karena banyak kaum yg wajib zakat memperdullikan mereka, Kemudiian yg terakhir dari Manfaat Membayar Zakat ialah dapat menambah harta kita.

Itulah Keistimewaan Berzakat yg bisa kami tulis dan jelaskan kepada anda, ingat bayarlah zakat anda karena hal tersebut merupakan kewajiban anda sebagai seorang muslim dan didalam Zakat tersebut jg mempunyai Manfaat dan Keutamaan yg sangat banyak sehingga jangan pernah takut untuk membayar zakat karena Allah akan membalas kebaikan anda semua.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...