Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat Menurut Hadits

Keutamaan Membaca Dzikir – Setelah sebelumnya membahas secara lebih lengkap tentang Bacaan Dzikir Pendek Setelah Shalat Wajib maka tiba saatnya bagi Penulis untuk memberikan informasi secara lebih detail pula tentang Keutamaan Membaca Dzikir Sesudah Sholat Wajib kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Website Rukun Islam ini. Hal ini dikarenakan Penulis sangat meyakini bahwa banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang mengetahui tentang Dzikir Setelah Sholat, tetapi masih banyak juga Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami tentang Keutamaan dan Rahasia Membaca Dzikir Setelah Sholat Wajib.

Kemudian didlm Hukum Membaca Dzikir Setelah Sholat itu Sunnah Muakkad, yakni suatu Amalan Ibadah sangat dianjurkan sekali bagi Umat Muslim untuk dilakukan karna akan mendapatkan Pahala yg banyak. Selain itu Berdzikir tlah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan bagi Setiap Orang Yang Beriman (Umat Muslim), dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT di Kitab Suci Al Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 41 dan Ayat 42 yang berbunyi : ” Hai Orang-Orang Yg Beriman, Berdzikirlah (dg menyebut nama) Allah, Dzikir yg sebanyak – banyaknya. Dan bertasbilah kepada’nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Al-Ahzab, Ayat 41 dan 42) ”.

Selain itu Hadits dari Abu Darda RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah ku beritahukan padamu suatu Amalan yg paling baik dan paling suci disisi Tuhan mu, dan paling menaikkan derajat’mu, dan lebih baik bagi’mu daripada menginfak’kan Emas dan Perak, dan lebih baik bagi’mu daripada berjuang melawan musuk, km membunuh musuk ataupun musuh membutuh’mu ”. Lalu Para Sahabat : ” Ya Rasul ”. Lantas Rasulullah SAW menjawab : ” Dzikrullah ” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi). Selain itu Hadits dari Muadz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Ahli Surga tak akan menyesali apapun didunia ini, kecuali atas waktu yg sudah mereka lalui tanpa berdzikir didalamnya (HR. Thabrani) ”.

Rahasia dan Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat Wajib Menurut Hadits

keutamaan membaca dzikir setelah sholat wajib lengkap

Setelah kalian cukup memahami tentang Perintah Membaca Dzikir sebanyak – banyaknya, baik didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah dijelaskan diatas maka dibawah ini Penulis telah memberikan informasi penting tentang Rahasia Membaca Dzikir Setelah Sholat Wajib Menurut Hadits Shahih yang perlu kalian pahami dan ketahui sebagai Pembaca Muslim – Muslimah di Laman Rukun Islam ini.

Akan Mendapatkan Pahala Yg Banyak

Keistimewaan Membaca Dzikir Pertama ialah akan mendapatkan pahala banyak karena Dzikir termasuk Amalan Ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah. Terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah ku beritahukan padamu suatu Amalan yg paling baik dan paling suci disisi Tuhan mu, dan paling menaikkan derajat’mu, dan lebih baik bagi’mu daripada menginfak’kan Emas dan Perak, dan lebih baik bagi’mu daripada berjuang melawan musuk, km membunuh musuk ataupun musuh membutuh’mu ”. Lalu Para Sahabat : ” Ya Rasul ”. Lantas Rasulullah SAW menjawab : ” Dzikrullah ” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Dapat Menghapuskan Dosa – Dosa

Lalu Hikmah Membaca Dzikir Setelah Sholat Yang Kedua ialah menghapuskan kesalahan (dosa) bagi yang menjaga dan membaca Dzikir, walaupun dosanya sebanyak buih dilautan. Hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi : ” Siapa yg mengucapkan Tasbih, Takbir dan Tahmid setelah mengerjakan Shalat sebanyak 33 kali dan menutupnya dg membaca La ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir, maka dosa – dosanya akan diampuni walaupun sebanyak buih di lautan (HR. Malik) ”.

Akan Beruntung & di ingat Oleh Allah SWT

Manfaat Membaca Dzikir Setelah Sholat Ketiga adalah akan beruntung dan akan diingat oleh Allah SWT. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah SWT di Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 152 berbunyi : ” Karna itu, ingat’lah km kepada-ku niscaya Aku ingat pula kpd’mu, dan bersyukur’lah kepada-ku, dan jangan-lah km mengingkari nikmat’ku (QS. Al Baqarah Ayat 152) ”. Selain itu bisa kalian lihat juga Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Jumu’ah Ayat 10 berbunyi : ” Apabila tlah dikerjakan Shalat, maka bertebaran’lah km di muka bumi, dan carilah Allah dan ingat’lah Allah banyak2 agar km beruntung (QS. Al Jum’ah Ayat 10) ”.

Ahli Dzikir Diharamkan Baginya Neraka

Kemudian Keutamaan Membaca Dzikir Yang Keempat ialah akan diharamkan Neraka bagi mereka yang menjaga Dzikir. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari I’taban bin Malik RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Tak akan datang seorang hamba yg mengucapkan Laa ilaaha illallah semata-mata karna Allah di Hari Kiamat nanti, kecuali akan diharamkan baginya Neraka (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits dari Muadz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Ahli Surga tak akan menyesali apapun didunia ini, kecuali atas waktu yg sudah mereka lalui tanpa berdzikir didalamnya (HR. Thabrani)

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat Menurut Hadits Shahih, semoga saja apa yang telah ditulis dan dibahas ini bisa bermanfaat bagi Para Pembaca Muslim karena sekali lagi perlu ditekankan kepada kalian bahwa berdzikir itu telah dianjurkan dan telah diperintahkan untuk dilakukan oleh Allah SWT bagi Setiap Muslim – Muslimah, dan sangat dianjurkan sekali jika Dzikir Setelah Sholat ini diamalkan dan dibacakan sebelum membaca Doa Setelah Sholat Wajib karena salah satu waktu terbaik untuk membaca doa dan berdzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah ketika selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu.

Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat Menurut Hadits | Rukun | 4.5