Keutamaan Sedekah Menurut Al Qur’an dan Hadist

Keutamaan Sedekah dalam Islam – Pembahasan dan Pengertian Sedekah didalam Ajaran Islam adalah pemberian Seseorang (Muslim) yang dilakukan atau diberikan secara Ikhlas kepada Seorang Muslim maupun diberikan kepada Allah SWT tanpa dibatasi oleh Waktu dan Jumlah yang tertentu karena Bersedekah atau memberikan Sedekah sendiri tidak hanya berupa Uang ataupun Harta, tetapi memberikan Senyuman, Berdzikir dan Membantu Urusan Orang lain pun tergolong kedalam Bersedekah sehingga kalian sebagai seorang Muslim harus benar – benar memahami dan mengerti apa itu Sedekah dan Macam – Macam Bersedekah didalam Islam.

Adapun untuk Jenis dan Macam Sedekah selain memberikan Uang ataupun Harta yang dapat kalian lakukan setiap hari antara lain Berdzikir (Membaca Tasbih, Tahmid dan Tahlil), melakukan Amar Ma’ruh Nahi Mungkar (Menyuruh dan mengajak untuk melakukan Hal2 yg baik dan menyuruh untuk mencegah melakukan Hal2 yg buruk bagi Masyarakat), Membantu Urusan Orang Lain, Menjenguk Orang Sakit dan Bertakziah, Memberikan Senyum atau Berwajah Manis terhadap sesama Muslim pun termasuk kedalam Sedekah. Lalu Bentuk Bersedekah selanjutnya ialah melakukan Hubungan Suami Istri yang Sah dan Halal, Mendamaikan Dua Pihak yang berselisih, Bekerja dan Memberikan Nafkah kepada Sanak Keluarganya, serta Berlomba – lomba dlm melakukan Amalan Baik.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Sedekah memiliki artian yang lebih luas dan berbeda dengan Zakat karena Zakat sendiri termasuk kedalam Rukun Islam yang ke Tiga sehingga Zakat harus dan wajib di keluarkan oleh setiap Muslim dengan ketentuan yang sudah ditetapkan seperti mengeluarkan Zakat Fitrah yang wajib dikeluarkan menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Zakat Mall (Zakat Harta) yang dikeluarkan menurut perhitungan dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan untuk Hukum Mengeluarkan Sedekah sendiri adalah Sunnah karena sekali lagi Sedekah diberikan secara Ikhlas dan Sukarela tanpa ada batasan Waktu dan Jumlah tertentu.

Keistimewaan dan Keutamaan Sedekah di Ajaran islam

keutamaan-sedekah

Walaupun Hukum Bersedekah dalam Islam disunnahkan dan bukan wajib, tetapi sangat baik dan bagus sekali bagi kalian seorang Muslim dan Muslimah untuk Bersedekah karena selain memiliki Keistimewaan Sedekah yang banyak, melakukan atau mengeluarkan Sedekah sangatlah mudah dan gampang sekali karena tidak harus dalam bentuk Uang dan Harta.

Keutamaan Sedekah dalam Al Qur’an dan Hadist

Untuk Keutamaan Mengeluarkan Sedekah yang telah dijelaskan didalam Al Qur’an antara lain dengan Bersedekah dapat melipat gandakan dan akan memperoleh Pahala yang banyak. Hal ini seperti telah di Firmankan oleh Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Hadid Ayat 18 yang berbunyi, ” Sesungguh-nya Orang Orang yg bersedekah baik itu Laki – Laki ataupun Perempuan dan meminjam-kan kepada Allah SWT pinjaman yg baik, niscaya akan dilipat gandakan (ganjaran-nya) kepada mereka dan bagi mereka akan diberikan Pahala yg banyak (QS. Al Hadid Ayat : 18) ”.

Lalu Manfaat Sedekah atau Manfaat Bersedekah selanjutnya dapat menjadi sarana untuk menghapus sebagian dosa – dosa atau kesalahan – kesalahanmu, hal ini seperti dijelaskan didalam Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 271 yang berbunyi, ” Jika km menampakan (Menunjukan) sedekah mu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika km menyembunyikan-nya dan km berikan kpd Orang2 Fakir, maka menyembunyi-kan itu lebih baik bagi kamu. Dan Allah SWT akan menghapuskan dari km sebagian kesalahan – kesalahanmu dan Allah SWT mengetahui apa yg km kerjakan (QS. Al Baqarah Ayat 271) ”.

Sedangkan Keutamaan Bersedekah Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW antara lain terdapat pintu surga yang hanya bisa dimasuki oleh Orang yang sedekah, Pahala orang yang bersedekah akan dilipat gandakan Pahalanya oleh Allah SWT, Orang yang bersedekah akan merasakan kelapangan dada dan hati bahagia, Pahala Bersedekah terus berkembang serta Keutamaan Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dlm Jual Beli seperti Sabda Nabi Muhammad SAW yg berbunyi, ” Wahai para pedagang, sesungguh-nya Setan dan dosa kedua-nya hadir dlm Jual Beli. Maka dari itu hiasilah Jual Beli kalian dengan Sedekah (HR. Tirmidzi no 1208) ”.

Lalu Kelebihan Mengeluarkan Sedekah atau Kelebihan Bersedekah selanjutnya ialah akan memberikan Keberkahan pada harta yang disedekahkan dan Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Harta tak akan berkurang dg bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah SWT tambahkan kewibawaan bagi-nya (Hadist Riwayat Muslim no 2588) ”. Bersedekah juga menjadi bukti Keimanan Seseorang seperti sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi, ” Sedekah itu adalah Bukti (HR. Muslim no 223) ”. Dan Sedekah juga dapat membebaskan dari Siksa Kubur karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yg berbunyi, ” Sedekah akan memadamkan api siksaan didalam Kubur (HR. Thabrani) ”.

Kemudian Manfaat Mengeluarkan Sedekah Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW yang lain ialah Sedekah dapat menghapus dosa dan hal ini seperti diterangkan didlm Sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi, ” Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana Air yang memadamkan Api (HR. Tirmidzi no 614) ”. Tetapi perlu kalian ingatkan bahwa diampuni dosanya dengan syarat disertai dengan Taubat atas dosa – dosa yang pernah dilakukan oleh kalian dan jika bersedekah dengan hasil yang dilarang oleh Agama seperti

Bersedekah dengan hasil uang Korupsi, Memakan Riba, Berbuat Curang, Mencuri dan Mengambil Hak Anak Yatim maka hal tersebut bukan termasuk kedalam Sedekah, malahan akan mendapatkan Dosa Besar dari Allah SWT sehingga Bersedekah akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sedekah yang banyak jika dilakukan dengan cara yang benar dan halal.

Keutamaan Sedekah Menurut Al Qur’an dan Hadist | Rukun | 4.5