4 Rahasia dan Keutamaan Shalat Ashar Menurut Hadits

Rahasia dan Keutamaan Shalat Ashar – Pembahasan tentang Shalat Ashar didalam Ajaran Islam adalah termasuk kedalam salah satu Shalat Wajib Lima Waktu yang wajib dan harus dilakukan oleh setiap Umat Muslim – Muslimah di seluruh dunia, hal ini dikarenakan Hukum Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu adalah Fardhu Ain, yakni wajib dilakukan dan dikerjakan oleh setiap Umat Muslim – Muslimah. Adapun didalam Shalat Wajib Lima Waktu sendiri antara lain Shalat Wajib Subuh Dua Rakaat, Shalat Wajib Dzuhur Empat Rakaat, Shalat Wajib Ashar Empat Rakaat, Shalat Wajib Maghrib Tiga Rakaat dan Shalat Wajib Isya Empat Rakaat.

Kemudian Hukum Shalat Wajib yang Fardhu Ain tersebut bisa kalian lihat dalilnya didalam Firman Allah SWT di Al Qur’an Surat An Nur Ayat 56 berbunyi: ” Dan dirikan’lah Sembahyang, tunaikanlah Zakat dan taatlah kpd Rasul, agar km diberi rahmat (QS. An-Nur, Ayat : 56) ”. Selain itu bisa kalian lihat juga Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Hud Ayat 114 berbunyi: ” Dan dirikanlah Sembahyang itu pd kedua tepi siang (Pagi dan Petang) dan pd bahagian permulaan daripada malam. Sesungguh’nya perbuatan2 yg baik itu menghapuskan dosa perbuatan2 yg buruk. Itulah peringatan bagi orang2 yg ingat (QS. Hud, Ayat : 114) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Firman Allah SWT didalam Surat – Surat Al Qur’an diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim) telah diwajibkan dan telah diperintahkan untuk selalu mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu di Setiap Harinya. Untuk itu akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan yang banyak bagi setiap umat muslim yang selalu menjaga Shalat Wajib Lima Waktu, tetapi akan mendapatkan Dosa Besar jika salah satu saja Shalat Wajib Lima Waktu ini ditinggalkan atau tidak dikerjakan secara sengaja oleh Setiap Muslim – Muslimah disetiap harinya karena sekali lagi menunaikan Shalat Wajib itu Fardhu Ain.

4 Rahasia dan Keutamaan Shalat Ashar Menurut Hadits

keutamaan shalat ashar menurut hadits lengkap

Kembali lagi ke Shalat Wajib Ashar bahwa pembahasan mengenai Shalat Wajib Ashar ini termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yang terdiri dari Empat Rakaat dan waktu mengerjakan shalat wajib ashar ini diawali ketika panjang suatu bayang – bayang benda melebihi panjang dari benda itu sendiri, dan waktu mengerjakan shalat ashar ini berakhir ketika Matahari terbenam. Kemudian dibawah ini Penulis telah menuliskan beberapa Keutamaan Shalat Ashar menurut hadits shahih yang bisa dijadikan suatu Motivasi kepada kalian para Pembaca Muslim – Muslimah di Laman Rukun Islam ini.

1. Akan Mendapatkan Pahala Yang Banyak

Keutamaan Mengerjakan Shalat Ashar Pertama ialah akan mendapatkan Pahala Yg Banyak karena kalian sebagai Umat Muslim sdh melakukan apa yg tlah menjadi kewajiban kalian sebagai Umat Muslim. Selain itu dianjurkan sekali jika Shalat Ashar ini dilakukan secara berjamaah karena Pahala Shalat Ashar Berjamaah itu akan lebih banyak, jika dibandingkan dengan mengerjakan Shalat Ashar Secara Sendirian. Sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi : ” Mengerjakan Shalat Dzuhur Berjamaah, Shalat Ashar Berjamaah dan Shalat Maghrib Berjamaah masing2 akan dilipat gandakan pahalanya sebanyak 27 kali (HR. Muslim, NO : 1038) ”.

2. Akan Masuk Surga dan Terhindar dari Neraka

Rahasia Mengerjakan Shalat Ashar Kedua ialah salah satu penyebab masuknya Orang Muslim ke dalam Surga dan terhindar dari Siksa Api Neraka. Rahasia Shalat Ashar ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yg menunaikan Shalat Subuh dan Shalat Ashar (Shalat Bardain) maka ia akan masuk Surga (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih Riwayat Muslim lainnya bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Tidak akan masuk ke Neraka bagi seorang pun yg menunaikan Shalat Sebelum Matahari Terbit (Shalat Subuh) dan Sebelum Matahari Terbenam (Shalat Ashar) ”.

3. Shalat Yang Disaksikan Oleh Para Malaikat

Keistimewaan Mengerjakan Shalat Ashar Ketiga adalah Shalat yg disaksikan oleh para Malaikat. Keistimewaan Shalat Ashar ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam Bersabda yg berbunyi: ” Para Malaikat Malam dan Malaikat Siang silih berganti mendatangi kalian. Dan Para Malaikat berkumpul saat Sholat Subuh dan Sholat Ashar. Lalu Malaikat yg menjaga kalian naik ke atas sampai Allah SWT bertanya pada mereka, dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka, ‘ Dlm keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba2ku ? ‘, Para Malaikat menjawab : ‘ Kami tinggal-kan mereka dlm keadaan sedang sedang mengerjakan Sholat. Begitu jg saat kami mendatangi mereka, mereka sd mengerjakan Sholat (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

4. Shalat Adalah Cahaya di Dunia dan di Akherat

Kemudian didalam Manfaat Mengerjakan Shalat Ashar Yang Keempat sebagai salah satu Shalat Wajib Lima Waktu didalam Ajaran Islam adalah dapat menghapuskan dosa – dosa dan sebagai Cahaya di dunia maupun di Akherat. Dan Hikmah Mengerjakan Shalat Ashar ini bisa kalian lihat didalam Hadits dari Abdullah bin Amr bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: ” Siapa yg menjaga Sholat Lima Waktu, baginya Cahaya, Bukti dan Keselamatan di Hari Kiamat. Siapa yg tak menjaga’nya, maka dia tidak memperoleh cahaya, bukti dan jg tidak memperoleh keselamatan. Pada Hari Kiamat nanti, ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Kholaf (Hadits Riwayat Ahmad) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan Shalat Ashar Menurut Hadits Shahih di Ajaran Islam, dan semoga saja ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi para Pembaca Muslim di Laman Website Rukun Islam ini karena Penulis meyakini bahwa diluar sana masih ada Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim yg belum mengetahui tentang Keutamaan Shalat Ashar di Ajaran Islam. Selain itu sebagai tambahan informasi saja bahwa di tuatan Bacaan Niat Shalat Ashar dan terjemahan lengkap, telah dijelaskan lebih detail mengenai Shalat Wajib Ashar di Ajaran Islam sehingga jika kalian ingin mengetahui secara lebih detail tentang Shalat Ashar ini maka kalian bisa menuju ke tautan tersebut dan semoga bisa bermanfaat bagi semua yg membutuhkannya.

4 Rahasia dan Keutamaan Shalat Ashar Menurut Hadits | Rukun | 4.5