7 Keutamaan Shalat Berjamaah dan Dalil Hadistnya

Keutamaan Shalat Berjamaah – Pengertian tentang Shalat Berjamaah didalam Ajaran Islam adalah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu yang dilakukan oleh Umat Muslim secara bersama – sama (Berjamaah), yang dilakukan dengan Jumlah Orang Minimal Dua Orang Muslim yang terbagi menjadi Imam Shalat dan lainnya sebagai Makmum Shalat yang dikerjakan baik di Masjid maupun tempat lain seperti Rumah, Kantor dan lain lain.

Untuk Hukum Mengerjakan Shalat Berjamaah Menurut Mazhab Al Imam As Syafi’i adalah Fardhu Kifayah yakni kewajiban jika sudah ada yang menjalankannya (Mengerjakan Shalat Berjamaah) didalam suatu Kaum maka kewajiban tersebut menjadi Sunnah bagi yang lain, tetapi jika tidak ada yang mengerjakan Shalat Wajib Secara Berjamaah maka kita wajib mengerjakannya.

Lalu Hukum Mengerjakan Shalat Wajib Berjamaah Menurut Mazhab Hanafi dan Mazhab Maliki adalah Sunnah Muakkad yakni Ibadah Sunnah yang sangat ditekankan untuk dikerjakan oleh setiap Muslim. Walaupun jika tidak dikerjakan (ditinggalkan) tidak akan berdosa, namun sangat disayangkan sekali jika seorang Muslim tidak mengerjakan Shalat Wajib Secara Berjamaah karena Kelebihan Shalat Wajib Berjamaah yang sangatlah banyak dibandingkan Shalat Secara Sendirian.

Nabi Muhammad SAW sendiri telah memerintahkan kita sebagai seorang Muslim untuk mengerjakan Shalat Wajib Berjamaaah yg telah dijelaskan dlm Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim yg berbunyi, ” Kembalilah kalian dan jadi lah bersama mereka dan ajari lah mereka dan Shalat lah kalian, jika sudah datang Waktu Shalat hendak lah salah seorang dari kalian untuk Beradzan dan hendak lah orang yang paling Tua (Berilmu tentang Al Kitab dan As Sunah serta yang paling banyak Hafalan tentang Surat Al Qur’an) diantara kalian untuk mengimami Shalat kalian (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Oleh karena itu sudah sangat baik sekali bagi kita sebagai seorang Muslim dan Muslimah untuk selalu mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu Secara Berjamaah disetiap harinya karena telah dijelaskan diatas bahwa Nabi Muhammad SAW pun telah memerintahkan kita untuk mengerjakan Shalat Berjamaah. Namun perlu ditekankan disini bahwa Hukum Shalat Berjamaah bukan Fardhu Ain sehingga seorang Muslim tetap boleh dan tidak berdosa jika mengerjakan Shalat Wajib Secara Sendirian, hanya saja akan melewatkan Keutamaan Mengerjakan Shalat Wajib Secara Berjamaah.

Keutamaan Shalat Berjamaah di Ajaran Islam

Kemudian untuk Macam – Macam Keutamaan Shalat Wajib Berjamaah yang pertama adalah akan mendapatkan pahala yang lebih besar daripada mengerjakan Shalat Wajib Secara Sendirian yakni lebih besar 27 kali Pahala Shalat Berjamaah. Hal tersebut seperti diterangkan didalam Hadist Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Shalat Secara Berjamaah itu 27 kali lebih baik daripada Shalat Secara Sendirian (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Keutamaan Mengerjakan Shalat Berjamaah Kedua adalah akan diangkat kedudukannya dan akan dihapuskan dosanya. Hal tersebut seperti diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Ibnu Majah dan Muslim yang berbunyi, ” Seseorang yang berjalan ke Masjid untuk mengerjakan Shalat Berjamaah maka tiap langkah kakinya akan diberikan 1 Pahala, dihapuskan 1 Dosa dan akan dinaikkan 1 derajat oleh Allah SWT (Hadist Riwayat Ibnu Majah dan Muslim) ”.

Lalu Keutamaan Shalat Berjamaah Yang Ketiga adalah akan didoakan oleh Malaikat bagi seseorang yang mengerjakan Shalat Secara Berjamaah. Dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Shalatnya seorang Laki – Laki Secara Berjamaah itu melebihi Shalatnya secara sendirian dan jika ia Shalat maka Para Malaikat memohon Rahmat kepada Allah SWT dan mendoakannya selama ia masih berada di tempat shalat dlm keadaan tidak berhadast. (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majah dan Muslim) ”.

Keistimewaan Mengerjakan Shalat Wajib Berjamaah Yang Keempat adalah akan diselamatkan dari Neraka. Seperti diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Seseorang yang selalu mengerjakan Shalat Secara Berjamaah selama 40 Hari tanpa tertinggal Takbir yang pertama (Bersama Imam) maka akan mendapatkan 2 Jaminan yakni akan diselamatkan dari Neraka dan Bebas dari Sifat Munafik (HR. Tirmidzi) ”.

keutamaan shalat berjamaah

Keistimewaan Shalat Berjamaah Yang Lima adalah terhindar dari Sifat Munafik karena telah dijelaskan didalam Hadist Bukhari bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Tidak ada Shalat yg lebih berat dari Orang – Orang Munafik kecuali Shalat Subuh dan Shalat Isya. Seandainya mereka mengetahui kebaikan yg ada pd kedua Shalat tersebut maka mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak (HR. Bukhari Nomor 617) ”.

Keutamaan Shalat Berjamaah Yang Keenam ialah akan mendapatkan Cahaya pada saat Hari Kiamat. Hal tersebut diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Ibnu Majah bahwa Nabi Muhammad Saw Bersabda yang berbunyi, ” Sampaikan lah kabar gemberi kepada mereka yg selalu berjalan ke Masjid di Malam yang gelap bahwa mereka akan memperoleh Cahaya yang sempurna di Hari Kiamat Kelak (HR. Ibnu Majah) ”.

Keutamaan Shalat Berjamaah Yang Ketujuh ialah akan mendapatkan Naungan Allah SWT di Hari Kiamat seperti yang dijelaskan didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari Nomor 620 bahwa ” Ada 7 Golongan Manusia yang akan mendapatkan Naungan Allah SWT dihari Kiamat kelak dan salah satunya dari 7 Golongan tersebut ialah seorang Pemuda yang Hatinya terpaut dg Masjid dan Seorang Pemuda yg Hatinya terikat dengan Masjid (HR. Bukhari Nomor 620) ”.

Itulah penjelasan tentang 7 Macam Keutamaan Shalat Berjamaah dan tentunya masih banyak keutamaan – keutamaan sholat berjamaah yang lainnya. Kesimpulannya adalah Shalat Berjamaah itu lebih baik sekali daripada mengerjakan Shalat Wajib Secara Sendirian sehingga bagi kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah diharapkan untuk selalu mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu Secara Berjamaah, walaupun mengerjakan Shalat Secara Sendiri dibolehkan dan tidak berdosa.

7 Keutamaan Shalat Berjamaah dan Dalil Hadistnya | Rukun | 4.5