4 Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah Menurut Hadits

Keutamaan Shalat Istikharah – Sebelum membahas terlebih dalam tentang Keutamaan Mengerjakan Shalat Istikharah, mungkin ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim di Rukun Islam ini untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Pengertian Shalat Istikharah didalam Ajaran islam. Dan langsung saja bahwa Shalat Istikharah ini adalah salah satu Shalat Sunnah didalam Ajaran Islam yang bisa kalian kerjakan ketika kalian sedang bingung atau bimbang dalam memilih suatu pilihan, dan ingin meminta Petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar diberikan petunjuk dalam memilih mana yang terbaik buat kita.

Sebagai contoh jika kalian sedang bingung dalam memilih Universitas mana yang akan dipilih oleh kalian, ataupun bimbang dalam mengambil suatu keputusan apakah Calon Suami/Istri mu itu terbaik buat km, maka kalian Sebagai Seorang Muslim – Muslimah bisa mengambil Wudhu dan mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah untuk memohon dan meminta Petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar bisa memilih pilihan mana yang benar – benar terbaik buat kalian. Selain itu mengerjakan Shalat Sunnah Istikharah ketika sedang Bimbang dan Bingung, telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Jabir bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi: ” Jika salah satu dari kalian Bimbang akan suatu Keputusan yg akan diambil maka kerjakanlah Shalat Sunnah Dua Rakaat dan berdoa… (HR Bukhari) ”. Dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Bukhari tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Sunnah Istikharah ini dianjurkan untuk dikerjakan oleh kalian (Umat Muslim), jika kalian sedang mengalami kebimbangan dan kebingungan dalam memilih suatu Keputusan (Pilihan).

Kemudian sebelum membahas tentang Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah, mungkin kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa Waktu Mengerjakan Shalat Istikharah ini bisa dilakukan kapan pun karena bisa dikerjakan di Waktu Siang dan Waktu Malam, hanya saja tidak boleh dilakukan disaat masuk Waktu Dilarang Mengerjakan Shalat Sunnah. Selain itu Jumlah Rakaat Shalat Istikharah ini bisa dikerjakan Minimal sebanyak 2 Rakaat dan Maksimal sebanyak 12 Rakaat, dengan masing – masing 2 Rakaat terdapat Satu Salam didalamnya sehingga jika kalian akan menunaikan Shalat Istikharah 2 Rakaat maka dilakukan sekali.

4 Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah Menurut Hadits

keutamaan shalat istikharah menurut hadits lengkap

Setelah kalian cukup memahami dan mengetahui tentang Shalat Sunnah Istikharah, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Keutamaan dan Manfaat Mengerjakan Shalat Istikharah Menurut Hadits – Hadits Shahih karena tidak bisa dipungkiri bahwa didalam Shalat Sunnah Istikharah ini terdapat keutamaan yang cukup banyak sehingga sangat baik sekali bagi kalian Para Pembaca di Laman Rukun Islam ini untuk mengetahuinya, paling tidak dengan adanya ulasan ini maka bisa memberikan suatu Motivasi kepada kalian untuk mengerjakan Shalat Sunnah Istikharah.

Meminta Petunjuk Pada Allah SWT

Untuk Keutamaan Shalat Istikharah Yang Pertama adalah sebagai salah satu sarana Seorang Muslim – Muslimah untuk meminta dan memohon diberikan Petunjuk ketika kalian sedang Bingung dan Bimbang dlm mengambil suatu Keputusan. Dan dalam hal ini kalian bisa lihat Hadits Shahih diatas sekali lagi bahwa dari Jabir bin Abdullah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Jika salah satu dari kalian Bimbang akan suatu Keputusan yg akan diambil maka kerjakanlah Shalat Sunnah Dua Rakaat dan berdoa… (HR Bukhari) ”.

Akan Mendapatkan Pahala Banyak

Lalu Keistimewaan Mengerjakan Shalat Istikharah Yang Kedua adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yang banyak karena kalian telah mengerjakan Shalat Sunnah yang telah dianjurkan dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, dan ganjarannya adalah akan mendapatkan Pahala Sunnah yang banyak.

Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Barangsiapa yg menghidupkan 1 Sunah dari Sunah – Sunah ku, dan diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang-Orang yg mengamalkannya, dengan tak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah) ”.

Sebagai Menutup Kekurangan Shalat Wajib

Lalu Rahasia Mengerjakan Shalat Istikharah Ketiga adalah sebagai menutup kekurangan Amalan Shalat Wajib yang dikerjakan oleh setiap Muslim – Muslimah. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Sesungguhnya Amalan yg pertama kali akan dihisab (dihitung) pada Manusia di Hari Kiamat Kelak ialah Sholat. Allah Azza Wa Jalla berkata kepada Malaikat nya dan Dia lah yg lebih Tau,

” Lihatlah pd Sholat hambaku, apakah Sholatnya sempurna atau-kah tidak ?. Jika Sholatnya sempurna maka akan dicatat baginya Pahala yg Sempurna. Namun jika dlm Sholatnya ada Sedikit Kekurangan, maka Allah berfirman : ” Lihatlah, apakah hamba ku mempunyai Amalan Sunnah. Jika Hamba-Ku mempunyai Amalan Sunah, Allah SWT Berfirman ; ‘ Sempurnakan kekurangan yg ada di Amalan Wajib dg Amalan Sunnahnya ‘. Lalu Amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini (Hadits Shahih Abu Daud, Ibnu Majah dan Akhmad) ”.

Terhindar Dari Dosa Besar Musyrik

Kemudian Keutamaan Shalat Istikharah Keempat adalah terhindar dari Perbuatan Musyrik yang Berdosa Besar karena kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah ketika sedang Bingung dan Gundah akan suatu Masalah dan Pilihan selalu meminta hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, bukan ke orang lain. Selain itu hal tersebut bisa membuat Seorang Muslim semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan Insa Allah akan selalu berada dalam lindungannya.

Bisa kalian lihat didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dlm Al Qur’an Surat Al Baqarah, Ayat 186 yang berbunyi : ” Dan apabila Hamba2 ku bertanya kepada Mu tentang Aku, maka jawab-lah bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yg berdoa apabila dia memohon kepadaku, maka hendak -lah memenuhi segala Perintah-ku dan hendak-lah mereka beriman kepada ku, supaya mereka selalu berada dlm kebenaran (QS. Al-Baqarah, Ayat : 186) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan Shalat Istikharah Menurut Hadits Shahih dan semoga ulasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Rukun Islam, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Shalat Sunnah Istikharah merupakan salah satu Shalat Sunnah yang sering dikerjakan oleh Umat Muslim di Indonesia selain Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Taubat, Shalat Sunnah Hajat dan Shalat Sunnah Witir di setiap harinya. Untuk itu sekali lagi saya selaku Penulis di Rukun Islam sangat berharap bahwa ulasan ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia…

4 Manfaat dan Keutamaan Shalat Istikharah Menurut Hadits | Rukun Islam | 4.5