4 Rahasia dan Keutamaan Shalat Subuh Menurut Hadits

Rahasia dan Keutamaan Shalat Subuh – Pembahasan tentang Shalat Subuh didalam Ajaran Islam adalah termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yang wajib dan harus dilakukan dan dikerjakan oleh tiap tiap umat muslim diseluruh dunia, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Setiap Umat Muslim telah diwajibkan untuk selalu mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu disetiap harinya, dan Shalat Wajib Lima Waktu ini sendiri antara lain : Shalat Subuh Dua Rakaat, Shalat Dzuhur Empat Rakaat, Shalat Ashar Empat Rakaat, Shalat Maghrib Tiga Rakaat dan Shalat Isya Empat Rakaat.

Kewajiban Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu ini telah banyak dijelaskan didalam Al Qur’an seperti didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 110 bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman : ” Dan dirikan’lah Sholat dan tunaikan’lah Zakat. Dan kebaikan apa saja yg km usahakan bagi diri km, tentu km akan memperoleh pahala’nya di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa2 yg km kerjakan (QS. Al-Baqarah, Ayat : 110) ”. Selain itu didalam Al Qur’an Surat Al-An’am Ayat 72 berbunyi : ” dan agar mendirikan sembahyang serta bertakwa kepada’nya. Dan dia’lah Tuhan yg kepadanya’lah km akan dihimpunkan (QS. Al-An’am Ayat 72) ”.

Kemudian didalam Perintah Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu juga telah banyak dijelaskan di Hadits – Hadits Shahih dan seperti didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Umar bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Islam itu terdiri dari 5 Rukun. Mengakui bahwa tak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad itu utusan Allah. Mengerjakan Shalat. Menunaikan Zakat. Puasa di Bulan Ramadhan dan Berhaji ke Baitullah (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim) ”. Lalu didalam Hadits Shahih dari Jabir bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Yang membedakan antara seseorang dan kekufuran ialah meninggalkan Shalat (HR. Bukhari) ”.

4 Rahasia dan Keutamaan Shalat Subuh Menurut Hadits

keutamaan shalat subuh menurut hadits

Setelah melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas maka sudah bisa dipastikan bahwa mengerjakan Shalat Fardhu Subuh itu wajib dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah karena sekali lagi Shalat Subuh termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu. Adapun untuk Shalat Subuh ini terdiri dari Dua Rakaat dan dapat dikerjakan saat munculnya Fajar Shaddiq (Cahaya Putih) melintang di Ufuk Timur sampai terbitnya Matahari. Selain itu dibawah ini telah Penulis tuliskan Keutamaan Mengerjakan Shalat Subuh Menurut Hadits agar dapat dijadikan Motivasi oleh kalian semua.

1. Akan Mendapatkan Pahala Yang Banyak

Keistimewaan Mengerjakan Shalat Subuh Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Banyak karena sekali lagi Shalat Subuh termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu. Selain itu Keistimewaan Shalat Subuh ini setara dg Shalat Malam Semalam Suntuk, dan dalam hal ini bisa kalian didalam Hadits Shahih berbunyi : ” Barangsiapa yg mengerjakan Shalat Isya Berjamaah maka dia seperti Shalat Malam Separuh Malam. Dan barang siapa yg mengerjakan Shalat Subuh Berjamaah maka dia seperti Shalat Malam Satu Malam Penuh (HR. Muslim) ”.

2. Shalat Subuh di Saksikan Oleh Malaikat

Lalu Rahasia Mengerjakan Shalat Subuh Yang Kedua selain akan mendapatkan Pahala dan seperti mengerjakan Shalat Malam Semalam Penuh adalah akan disaksikan oleh Para Malaikat. Dan penjelasan tentang Rahasia Shalat Subuh ini bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 78 bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman : ” Dirikanlah Sholat dari Sesudah Matahari tergelincir sampai Gelap Malam dan dirikan’lah pula Sholat Subuh. Sesungguh’nya Sholat Subuh itu disaksikan oleh Malaikat (QS. Al-Isra Ayat 78) ”.

3. Salah Satu Penyebab Masuk Ke Dalam Surga

Kemudian Hikmah Mengerjakan Shalat Subuh Yang Ketiga adalah sebagai salah satu sebab masuk kedalam Surga, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadist Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg mengerjakan Sholat Bardain (Sholat Subuh dan Sholat Ashar) maka ia akan masuk Surga (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Sholat Subuh juga sebagai salah satu penghalang masuk kedalam Neraka, Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda : ” Tidak’lah akan masuk Neraka orang yg mengerjakan Sholat Sebelum Terbitnya Matahari (Sholat Subuh) dan Sholat Sebelum Matahari Tenggelam yakni Sholat Ashar (HR. Muslim) ”.

4. Berada didalam Jaminan Allah SWT

Manfaat Mengerjakan Shalat Subuh Yang Keempat adalah akan berada di jaminan Allah SWT bagi Setiap Muslim – Muslimah yang selalu menjaga Sholat Subuh dan Sholat Wajib Lainnya. Nabi Muhammad SAW Bersabda : ” Barangsiapa yg Sholat Subuh maka ia akan berada dlm Jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut pada kalian dari jaminan’nya. Karna siapa yg Allah menuntut-nya dg sesuatu dari jaminan-nya, maka Allah pasti akan menemukan-nya, dan akan menelungkupkan-nya di atas wajah’nya dlm Neraka Jahannam (HR. Muslim) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan Shalat Subuh Menurut Hadits Shahih dan tentunya masih banyak sekali Keutamaan – Keutamaan Shalat Subuh yang bisa kalian dapatkan sebagai Seorang Muslim – Muslimah, apalagi jika kalian mengerjakan Shalat Subuh ini Secara Berjamaah maka akan mendapatkan Pahala yang lebih banyak daripada menunaikan Shalat Subuh Secara Sendirian. Lalu sebagai tambahan saja bahwa alangkah baiknya jika di Pagi Hari kalian sebagai Seorang Muslim, dapat menunaikan Sholat Sunnah Dhuha karena dengan Sholat Dhuha ini kebutuhan mu akan dicukupkan oleh Allah SWT sampai Sore Hari.

4 Rahasia dan Keutamaan Shalat Subuh Menurut Hadits | Rukun | 4.5