5 Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits

Keutamaan Sholat Dhuha – Sebelumnya telah Penulis bahas secara lebih detail tentang Bacaan Niat Sholat Dhuha didalam Ajaran Islam, maka dari itu disini Penulis akan memberikan ulasan tentang Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha Menurut Hadits Shahih yang telah dibahas secara detail pula. Hal tersebut dikarenakan Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Sholat Dhuha dan Keutamannya, padahal Sholat Dhuha ini salah satu Sholat Sunnah yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dikerjakan oleh Setiap Muslim – Muslimah.

Dalil dan Hadits Mengerjakan Sholat Dhuha ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abi Zar bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Disetiap Pagi terdapat Kewajiban untuk Bersedekah disetiap Persendian (Ruas). Disetiap bacaan Tasbih itu adalah sedekah, disetiap bacaan Tahlil ialah sedekah, disetiap bacaan Takbir itu adalah Sedekah, dan menganjurkan Kebaikan dan juga mencegah kemungkaran itu adalah Sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan mengerjakan Shalat Dhuha 2 Rakaat (Hadits Shahih Riwayat Muslim) ”. Selain itu bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah berkata bahwa :

” Kekasihku (Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam) memberikan wasiat (pesan) kepada ku dengan 3 hal yg tak pernah aku tinggalkan sampai Aku meninggal nanti. Dan 3 Wasiat itu adalah Puasa Sunnah 3 Hari disetiap Bulan, mengerjakan Sholat Dhuha dan tidur dlm keadaan sudah mengerjakan Sholat Witir (Hadits Riwayat Muslim Bukhari) ”. Adalagi Hadits Shahih dari Imam Thabari yang berbunyi bahwa ” Sholat Dhuha merupakan Wasiat Khusus dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada Abu Hurairah dan kepada Seluruh Umatnya (Umat Muslim) secara umum (Hadits Shahih dari Imam Thabari) ”.

5 Rahasia dan Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits

keutamaan sholat dhuha sesuai hadits lengkap

Kemudian untuk Sholat Sunnah Dhuha itu sendiri adalah salah satu Sholat Sunnah yang bisa kalian amalkan dan kerjakan di Waktu Pagi Hari karena Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha ini dilakukan di Pagi Hari, dimana Matahari telah naik kurang lebih Tujuh Hasta setelah Matahari Terbit sampai masuk Waktu Sholat Dhuhur di Siang Hari. Adapun Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Dhuha ini bisa dikerjakan dengan Minimal Rakaat sebanyak 2 Rakaat dan Maksimal 12 Rakaat, dengan masing – masing 2 rakaat 1 salam didalamnya.

Oleh karena itu maka bisa disimpulkan bahwa Sholat Sunnah Dhuha ini hanya boleh dikerjakan di Pagi Hari sampai Siang Hari (Batas Waktu Dzuhur) karena Sholat Sunnah Dhuha tidak bisa dikerjakan di Waktu Malam Hari, namun kalian bisa menunaikan Sholat Sunnah Malam seperti Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Witir dan Sholat Sunnah Malam lainnya. Lalu untuk Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha Menurut Hadits antara lain :

1. Mendapatkan Pahala Sunnah Yg Banyak

Keutamaan Sholat Dhuha Pertama ialah akan mendapatkan Pahala Sunnah banyak karena Sholat Dhuha termasuk kedalam Sholat Sunnah, apalagi Sholat Sunnah Dhuha ini telah dianjurkan untuk dikerjakan bagi Setiap Umat Muslim. Terdapat Hadits bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan 1 Sunah dari Sunah2 ku, lalu diamalkan oleh Manusia. Maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang2 yg mengamalkannya, dg tak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah) ”.

2. Akan Diampuni Dosa – Dosanya

Lalu Keistimewaan Mengerjakan Sholat Dhuha Sesuai Hadits Yang Kedua selain akan mendapatkan Pahala Sunnah yang banyak adalah akan diampuni Dosa – Dosanya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Siapapun yg mengerjakan Sholat Dhuha dengan langgeng, maka akan diampuni dosa-nya oleh Allah, sekalipun dosa-nya itu sebanyak buih di Lautan (Hadits Riwayat Tirmidzi) ”.

3. Akan Di Jamin Kebutuhannya

Untuk Rahasia Mengerjakan Sholat Dhuha Yang Ketiga adalah akan dijamin kebutuhan mu sampai sore, atau dengan kata lain bisa dikatakan akan dilancarkan rezekinya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Sabda Rasulullah SAW didalam Hadits Qudsi bahwa Allah SWT Berfirman yang berbunyi : ” Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali km malas menunaikan Sholat Dhuha Empat Rakaat karna dengan Sholat tersebut, Aku cukupkan kebutuhan mu pada sore harinya (HR, Hakim dan Thabrani) ”.

4. Sebagai Pengganti Sedekah

Untuk Hikmah Mengerjakan Sholat Dhuha Menurut Hadits Yang Keempat ialah bisa sebagai pengganti Sedekah Setiap Muslim – Muslimah karena terdapat Hadits Shahih dari Abi Zar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Disetiap Pagi terdapat Kewajiban untuk Bersedekah disetiap Persendian (Ruas). Disetiap bacaan Tasbih itu adalah sedekah, disetiap bacaan Tahlil ialah sedekah, disetiap bacaan Takbir itu adalah Sedekah, dan menganjurkan Kebaikan dan juga mencegah kemungkaran itu adalah Sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan mengerjakan Shalat Dhuha 2 Rakaat (HR. Muslim) ”.

5. Akan Dibuatkan Istana di Surga

Setiap Muslim dan Muslimah yang meluangkan waktu untuk mengerjakan Sholat Dhuha sebanyak Dua Belas Rakaat di Awal Hari maka akan mendapatkan Keutamaan Sholat Dhuha yakni akan dibuatkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala istana didalam Surga. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah dan Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Barangsiapa Sholat Dhuha Dua Belas Rakaat, maka Allah akan membuatkan untuknya istana di Surga (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”.

Selain itu terdapat Hadits Shahih dari Abi Dzar RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Bila km mengerjakan Sholat Dhuha 2 Rakaat maka km tak dicatat sebagai Hamba yg lalai, atau 4 Rakaat maka km akan dicatat sebagai hamba yg berbuat baik (Muhsinin), atau 6 Rakaat maka km akan dicatat sebagai hamba yang taat, atau 8 Rakaat maka km akan dicacat sebagai hamba yg sukses, atau 10 rakaat maka di hari ini dosamu tidak dicatat, atau 12 rakaat maka Allah akan membangunkan rumah di surga ”.

Demikianlah pembahasan tentang Rahasia dan Keutamaan Sholat Dhuha yang bisa Penulis sampaikan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Website Rukun Islam ini. Dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua karena sekali lagi tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Dhuha ini merupakan salah satu Sholat Sunnah Dhuha yang telah dianjurkan untuk dikerjakan oleh Setiap Muslim – Muslimah, dan tidak dipungkiri juga bahwa Sholat Sunnah Dhuha ini termasuk kedalam Sholat Sunnah yang sering dikerjakan oleh Setiap Muslim di Indonesia selain Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Taubat, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Istikharah dan Sholat Sunnah Witir.

5 Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Hadits | Rukun | 4.5