4 Rahasia dan Keutamaan Sholat Rawatib Menurut Hadits

Keutamaan Sholat Rawatib – Pengertian Sholat Sunnah Rawatib Menurut Wikipedia Indonesia adalah salah satu Sholat Sunnah di dalam Ajaran Agama Islam yang bisa kalian kerjakan sebagai Seorang Muslim – Muslimah karena didalamnya terdapat keutamaan dan keistimewaan sholat rawatib sangat banyak yg bisa kalian dapatkan. Namun sebelumnya perlu kalian tau bahwa didalam Sholat Sunnah Rawatib ini terdapat Dua Macam Sholat Sunnah Rawatib yang antara lain Sholat Sunnah Rawatib Qabliyah (Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Mengerjakan Sholat Wajib) dan Sholat Sunnah Rawatib Ba’diyah (Sholat Sunnah Rawatib Sesudah Mengerjakan Sholat Wajib).

Kemudian perlu kalian tahu bahwa Sholat Sunnah Rawatib ini termasuk kedalam Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan termasuk kedalam Sholat Sunnah yang telah dianjurkan untuk dikerjakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bagi setiap Muslim – Muslimah. Dalil dan Hadits Mengerjakan Sholat Sunnah Rawatib ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Mughaffal RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Diantara 2 Adzan itu ada Sholat, diantara 2 Adzan itu ada Sholat, diantara 2 Adzan itu ada Sholat. Lalu di Ucapakan Rasulullah yg ketiga ia menambahkan, ‘ Bagi yg mau ‘ (Muttafaq Alaih) ”.

Selain itu bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih lainnya yakni Hadits dari Ibnu Umar Ra bahwa Ibnu Umar RA berkata : ” Aku sholat bersama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam 2 Rakaat Sebelum Sholat Dzuhur dan 2 Rakaat Sesudah Sholat Dzuhur, 2 Rakaat Sesudah Sholat Jum’at, 2 Rakaat Sesudah Sholat Maghrib dan 2 Rakaat Sesudah Sholat Isya (Muttafaq ‘Alaih) ”. Hadits Shahih lainnya lagi dari Ibnu Umar RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Allah akan merahmati urusan seseorang jika dia mengerjakan Sholat Empat Rakaat Sebelum mengerjakan Sholat Ashar (Hadits Shahih Riwayat Ahmad dan Tirmidzi) ”.

4 Rahasia dan Keutamaan Sholat Rawatib Menurut Hadits

keutamaan sholat rawatib menurut hadits

Setelah kalian cukup memahami tentang Sholat Sunnah Rawatib yang telah dijelaskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mengetahui tentang Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib Menurut Hadits. Hal tersebut dikarenakan Penulis meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang Keutamaan Mengerjakan Sholat Rawatib sehingga dengan adanya ulasan ini diharapkan bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi suatu motivasi tambahan agar kalian dapat menunaikan Sholat Sunnah Rawatib sebelum mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu.

1. Mendapatkan Pahala Sunnah Yg Banyak

Langsung saja untuk Keutamaan Sholat Rawatib Menurut Hadits Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah yang banyak karena Sholat Sunnah Rawatib ini merupakan salah satu Sholat Sunnah yang dianjurkan dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan bagi Setiap Muslim – Muslimah. Selain itu menunaikan Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Subuh itu lebih baik daripada Dunia dan seisinya, dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Aisyah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” 2 Rakaat Sholat Sunnah yg ditunaikan sebelum Subuh, itu lebih baik daripada dunia dan seisinya (Hadits Riwayat Muslim) ”.

2. Akan Dibangunkan Rumah di Surga

Lalu Rahasia Mengerjakan Sholat Rawatib Yang Kedua selain akan mendapatkan Pahala yang banyak adalah akan dibangunkan rumah di surga bagi mereka yg menjaga Sholat Sunnah Rawatib. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Ummu Habibah RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Barangsiapa Sholat dlm sehari semalam sebanyak 12 rakaat akan dibangunkan untuknya rumah di Surga, yakni 4 Rakaat Sebelum Sholat Dzuhur, 2 Rakaat Setelah Sholat Dzuhur, 2 Rakaat Setelah Sholat Maghrib, 2 Rakaat Setelah Sholat Isya dan 2 Rakaat Sebelum Sholat Subuh (Hadits Riwayat At Tirmidzi) ”.

3. Akan Terhindari dari Api Neraka

Kemudian Hikmah Mengerjakan Sholat Rawatib Menurut Hadits Shahih Yang Ketiga selain diatas adalah akan terhindar dari Siksa Api Neraka bagi mereka yang selain menjaga Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah Rawatib Sebelum dan Sesudah Sholat Wajib. Hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Ummu Habibah RA bahwa Nabi Muhammad¬†Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Barangsiapa yg menjaga Sholat 4 Rakaat Sebelum Sholat Dzuhur dan Sholat 4 Rakaat Sesudah Sholat Dzuhur, maka Allah akan mengharamkan’nya dari Api Neraka (Hadits Riwayat Abu Daud dan At Tirmidzi) ”.

4. Meninggikan Derajat dan Menghapuskan Dosa

Lalu Manfaat Mengerjakan Sholat Rawatib Menurut Hadits Shahih Yang Keempat adalah dapat meninggikan Derajat dan menghapuskan dosa – dosa bagi mereka yang selalu menjaga Sholat Sunnah Rawatib karena Sholat Rawatib termasuk kedalam Sholat Sunnah. Penjelasan ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Tsauban bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Hendaklah km memperbanyak Sujud (perbanyak Sholat) kepada Allah karna tidak-lah km memperbanyak sujud karna Allah melainkan Allah akan meninggikan derajat’mu dan menghapuskan dosa mu (Hadits Shahih Riwayat Muslim) ”.

Demikianlah Keutamaan Sholat Rawatib yang bisa kalian dapatkan bagi yang selalu menjaga Sholat Sunnah Rawatib, tentu masih banyak sekali Keistimewaan Mengerjakan Sholat Rawatib yang lainnya. Dan Semoga saja ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Rukun Islam karena tidak bisa dipungkiri bahwa Sholat Sunnah Rawatib ini termasuk kedalam Sholat Sunnah yang sering dikerjakan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia selain Niat Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Istikharha, Sholat Sunnah Taubat dan Sholat Sunnah Dhuha.

4 Rahasia dan Keutamaan Sholat Rawatib Menurut Hadits | Rukun | 4.5