5 Rahasia dan Keutamaan Sholat Sunnah Sesuai Hadits

Keutamaan Sholat Sunnah – Sebelum membahas terlebih jauh mengenai Rahasia Sholat Sunnah di Ajaran Islam yg bisa didapatkan oleh Setiap Muslim – Muslimah yang selalu menjaga dan mengerjakannya, mungkin ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim untuk terlebih dahulu memahami tentang Apa Itu Sholat Sunnah didalam Ajaran Islam. Adapun untuk Pengertian Sholat Sunnah ini sendiri adalah Ibadah Sholat yang telah dianjurkan dan bisa dikerjakan oleh Setiap Umat Muslim, hanya saja sifatnya Sunnah bukan Wajib sehingga tidak akan mendapatkan Dosa bagi Setiap Muslim yg meninggalkan atau tidak mengerjakan Sholat Sunnah ini.

Tetapi akan mendapatkan Pahala dan Keistimewaan Sholat Sunnah yang banyak bagi Setiap Muslim – Muslimah yg selalu menjaga dan mengerjakan Sholat Sunnah di Setiap Harinya. Hal tersebut dikarenakan telah banyak Hadits – Hadits Shahih menerangkan bahwa Sholat Sunnah dan memperbanyak Sujud (memperbanyak Sholat) itu telah dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dikerjakan dan dilakukan Bagi Setiap Umat Muslim. Dalil Hadits Memperbanyak Sholat (Memperbanyak Sujud) bisa kalian lihat didalam Hadits Riwayat Muslim dibawah ini :

Hadits Shahih dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Sebaik-baiknya Puasa sesudah Puasa di Bulan Ramadhan ialah Puasa di Bulan Allah (Muharram). Sebaik – baiknya Sholat sesudah Sholat Wajib ialah Sholat Malam (Hadits Riwayat Muslim, No. 1163) ”. Kemudian didalam Al Qur’an pada Surat Al Isra Ayat 79 bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman : ” Hendak’nya km gunakan sebagian waktu malam itu untuk Sholat Tahajud, sebagai Sholat Sunnah untuk diri-mu, mudah – mudahan Tuhan mu akan mengangkat km ketempat yg terpuji (QS. Al-Isra, Ayat 79)”.

5 Rahasia dan Keutamaan Sholat Sunnah Sesuai Hadits

5 keutamaan sholat sunnah sesuai hadits lengkap

Setelah kalian sebagai Pembaca Muslim telah sedikit memahami mengenai Dalil Hadits Tentang Mengerjakan Sholat Sunnah, maka dibawah ini bisa kalian pahami dan baca secara seksama ulasan mengenai Keutamaan Mengerjakan Sholat Sunnah Menurut Hadits Shahih. Semoga dengan adanya ulasan ini maka bisa berguna bagi kalian dan bisa menjadi suatu Motivasi tambahan bagi kalian Umat Muslim, supaya bisa lebih menjaga dan mengerjakan Sholat – Sholat Sunnah di Ajaran Islam.

1. Akan Mendapatkan Pahala Yg Banyak

Keistimewaan Mengerjakan Sholat Sunnah Pertama ialah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah yang banyak karena telah dijelaskan bahwa Sholat Sunnah sebaik – baiknya Sholat setelah Sholat Wajib Lima Waktu. Selain itu bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan 1 Sunnah dari Sunnah2 ku, lalu diamalkan oleh Manusia maka ia akan memperoleh (Pahala) seperti Pahala Orang2 yg mengamalkannya, dg tidak mengurangi Pahala mereka sedikit pun ”.

2. Menutupi Kekurangan Pada Sholat Wajib

Rahasia Mengerjakan Sholat Sunnah ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Amalan Manusia yg pertama akan dihisab di Hari Kiamat nanti ialah Sholat. Allah Ta’alaa berkata pda Malaikatnya dan dialah yg lebih tau : ” Lihat-lah di Sholat Hambaku. Apakah Sholat-nya sempurna ataukah tidak ?. Jika Sholat-nya sempurna, maka akan dicatat baginya Pahala yg sempurna.

Tetapi jika dlm Sholat-nya terdapat kekurangan, maka Allah Ta’alaa berfirman: ” Lihat’lah, apakah hambku mempunyai Amalan Sunnah, jika hamba’ku mempunyai amalan sunnah, Allah Berfirman: ” Sempurnakan-lah kekurangan yg ada di Amalan Wajib dg Amalan Sunnah-nya, lalu Amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad) ”.

3. Menghapuskan Dosa dan Ditinggikan Derajatnya

Keutamaan Sholat Sunnah Yang Ketiga ialah dapat menghapuskan Dosa (Kesalahan) dan dapat juga meninggikan derajat Manusia Muslim. Bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi: ” Hendaklah km memperbanyak Sujud (perbanyak Sholat) kepada Allah Ta’alaa karena tidak-lah km memperbanyak Sujud karna Allah melainkan Allah akan meninggikan derajat-mu dan menghapuskan dosa-mu (Hadits Riwayat Muslim. No. 488) ”. Lalu Imam Nawawi Rahimahullah mengatakan bahwa Hadits ini ialah dorongan untuk memperbanyak Sujud dan yg dimaksud ialah memperbanyak Sujud didalam Sholat, baik Sholat Wajib maupun Shalat Sunnah.

4. Akan Dibuatkan Rumah (Istana) di Surga

Hikmah Mengerjakan Sholat Sunnah Yang Keempat adalah akan dibuatkan Istana (Rumah) di Surga jika Seorang Muslim mengerjakan Sholat Sunnah karena Allah Ta’alaa. Hadits Shahih dari Ummu Habibah Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Seorang Muslim mengerjakan Shalat Sunnah yg bukan wajib karna Allah Ta’alaa sebanyak 12 Rakaat di Setiap Harinya, Allah akan membangunkan (membuatkan) baginya sebuah Istana (Rumah) di Surga ”. Setelah mendengarkan Sabda Rasulullah SAW, Ummu Habibah berkata: ” Setelah saya mendengarkan Hadits ini, saya tidak pernah meninggalkan Sholat – Sholat tersebut ”.

5. Hidup Akan Lebih Tenang dan Bahagia

Untuk Keutamaan Sholat Sunnah Yang Kelima adalah termasuk kedalam Orang – Orang yang beriman dan bertaqwa yang akan menjadi Wali Allah SWT yang istimewa. Firman Allah Ta’alaa didalam Al Qur’an Surat Yunus, Ayat 62 dan Ayat 63 berbunyi : ” Ingatlah, sesungguhnya Wali – Wali Allah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati. Yaitu Orang2 yg beriman dan mereka selalu Bertaqwa (QS. Yunus, Ayat 62 dan Ayat 63) ”. Selain itu tentunya masih banyak sekali Keutamaan – Keutamaan Menunaikan Sholat Sunnah didalam Ajaran Islam, sehingga bisa disimpulkan bahwa tidak akan merugi bagi setiap Muslim yang selalu menjaga Sholat Sunnah.

Demikianlah ulasan mengenai Rahasia dan Keutamaan Sholat Sunnah Sesuai Hadits di Ajaran Islam, semoga saja apa yang sudah dituliskan oleh Penulis disini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Indonesia. Kemudian sebagai tambahan informasi kepada kalian Para Pembaca Muslim bahwa beberapa Sholat Sunnah di Ajaran Islam yang bisa kalian lakukan dan kerjakan disetiap harinya antara lain Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Taubat, Sholat Sunnah Rawatib, Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Dhuha, Sholat Sunnah Witir dan Sholat Sunnah Tarawih yang biasanya ditunaikan dan dikerjakan di Bulan Ramadhan.

5 Rahasia dan Keutamaan Sholat Sunnah Sesuai Hadits | Rukun | 4.5