4 Rahasia dan Keutamaan Sholat Taubat Menurut Hadits

Keutamaan Sholat Taubat – Selepas dipertemuan sebelumnya telah membahas lengkap tentang Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha Menurut Hadits, maka dipertemuan sekarang ini Penulis bergantian akan membahas secara lengkap pula ulasan tentang Keutamaan Mengerjakan Sholat Taubat. Karena tak bisa dipungkiri bahwa Sholat Taubat ini termasuk ke dlm salah satu Sholat Sunnah yg sering sekali dikerjakan dan dilakukan oleh setiap Muslim sehingga Penulis sangat berharap, dengan adanya ulasan ini maka Pembaca Muslim semakin termotivasi untuk menunaikan Sholat Sunnah Taubat.

Selain itu Sholat Sunnah Taubat ini telah dianjurkan sekali oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk dikerjakan bagi Setiap Muslim – Muslimah. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Dalil dan Hadits Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat dari Abu Bakar Ash Shiddiq bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Tidaklah Seorang Hamba melakukan Dosa, lalu dia bersuci (berwudhu) dg baik, lalu berdiri untuk mengerjakan Sholat Dua Rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuni dosanya. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam membaca Surat Ali Imran Ayat 135 (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Abu Daud) ”.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 135 berbunyi: ” Dan (juga) orang2 yg apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu meminta ampun atas dosa2 mereka dan siapa lagi yg dapat mengampuni dosa selain daripada Allah ?. Dan mereka tidak melakukan lagi perbuatan kerjinya itu, sedang mereka mengetahui (QS. Ali Imran, Ayat : 135) ”. Dengan melihat Sabda Nabi Muhammad SAW dan Firman Allah SWT tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa kalian (Umat Muslim) tlah diperintahkan untuk bertaubat dan Sholat Sunnah Taubat termasuk kedalam salah satu cara bertaubat kepada Allah SWT.

4 Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat Menurut Hadits

keutamaan sholat taubat menurut hadits lengkap

Kemudian didalam Pengertian Sholat Sunnah Taubat ini adalah salah satu Sholat Sunnah yg bisa kalian (Umat Muslim) kerjakan sehingga kalian akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Taubat yang banyak bagi mereka yang mengerjakannya, tetapi tidak akan mendapatkan dosa dan tidak apa apa jika kalian tidak menunaikan Sholat Taubat ini karena sekali lagi Hukum Mengerjakan Sholat Taubat ini adalah Sunnah bukanlah wajib.

Hanya saja sangat disayangkan sekali jika kalian tidak menunaikan Sholat Sunnah Taubat ini karena selain telah dianjurkan untuk dikerjakan, ternyata Keutamaan Sholat Sunnah Taubat sangatlah banyak. Dan dibawah ini telah Penulis beriman ulasan tentang Keistimewaan Mengerjakan Sholat Taubat Menurut Hadits yang bisa kalian bacakan dan bisa menjadi Motivasi bagi kalian Setiap Pembaca Muslim – Muslimah yang ada di Indonesia.

1. Mendapatkan Pahala Sholat Sunnah Banyak

Keistimewaan Sholat Taubat Menurut Hadits Yang Pertama ialah akan mendapatkan Pahala yang banyak karena kalian telah mengerjakan dan menghidupkan apa yang menjadi Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Dalil dan Hadits Menghidupkan Sunnah Nabi, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan satu sunnah dari sunnah – sunnah ku, lalu diamalkan oleh Manusia. Maka ia akan memperoleh Pahala seperti pahala orang2 yg mengamalkan -nya, dg tak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah) ”.

2. Akan Diampuni Dosa – Dosa Kalian

Hikmah Mengerjakan Sholat Taubat Kedua ialah akan diampuni dosa – dosanya oleh Allah SWT, asalkan kalian bertaubat secara serius (Taubat Nasuha) dan tidak melakukan perbuatan dosa itu lagi. Hadits Shahih dari Abu Bakar Ash Shiddiq bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Tidaklah Seorang Hamba melakukan Dosa, lalu dia bersuci (berwudhu) dg baik, lalu berdiri untuk mengerjakan Sholat Dua Rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuni dosanya. Lalu Rasulullah membaca Surat Ali Imran Ayat 135 (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Abu Daud) ”.

3. Akan Dimudahkan Segala Sesuatu

Manfaat Mengerjakan Sholat Taubat Ketiga adalah dimudahkan segala sesuatunya oleh Allah SWT baik dimudahkan urusannya, kesehatannya dan juga dilancarkan rezekinya. Firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Nuh Ayat 10 – 12 berbunyi : ” Maka aku katakan pada mereka; ‘ Mohonlah ampun kepada Tuhan mu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepada mu dg lebat. Dan mem’perbanyak’kan harga dan anak2mu, dan mengadakan untuk mu kebun2 dan mengadakan pula didlmnya untukmu sungai-sungai (QS. Nuh, Ayat 10 – 12) ”.

4. Ditinggikan Derajatnya oleh Allah

Sedangkan untuk Keajaiban Sholat Taubat Menurut Hadits Shahih Yang Keempat adalah akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT karena kalian telah memperbanyak Sujud dengan mengerjakan Sholat Sunnah Taubat dan Sholat Sunnah yang lainnya. Hadits Shahih Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Hendaklah km memperbanyak Sujud (memperbanyak Shalat) kepada Allah karena tidaklah km memperbanyak Sujud karna Allah melainkan Allah akan meninggikan derajat mu dan akan menghapuskan dosanya (Hadits Shahih Riwayat Muslim, No. 488) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan Sholat Taubat Menurut Hadits Shahih yang telah dibahas secara lebih detail oleh Penulis kepada kalian Para Pembaca Muslim. Dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua karena sekali lagi pembahasan tentang Sholat Sunnah Taubat ini cukup banyak dicari selain Niat Sholat Sunnah Hajat, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Dhuha dan Sholat Sunnah Istikharah. Namun yang mesti ditekankan disini bahwa kalian Seorang Muslim, jangan sampai lalai dan lupa untuk selalu mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu di Setiap Harinya karena itu sudah menjadi kewajiban kita setiap Umat Muslim.

4 Rahasia dan Keutamaan Sholat Taubat Menurut Hadits | Rukun | 4.5