Keutamaan Sholat Witir Dan Manfaatnya Yang Perlu Anda Ketahui

Keutamaan Sholat WitirSholat witir merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari yang diibaratkan sebagai penutup sholat malam lainnya, seperti sholat tahajjud ataupun sholat taraweh. Sholat witir pada dasarnya berhukum  sunnah muakad dan bagi beberapa ulama ada yang mengatakan bahwa sholat witir ini hukumnya wajib bagi penutup sholat malam. Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya mengapa Rasulullah SAW melakukan sholat witir padahal beliau juga sudah mengerjakan sholat malam? Apabila anda penasaran, silahkan simak ulasan dibawah ini mengenai manfaat dan keutamaan sholat witir yang jarang diketahui oleh umat muslim.

Keutamaan Sholat Witir

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat witir adalah sholat sunnah yang dilakukan pada rentang waktu setelah isya sampai dengan waktu sebelum subuh. Sholat witir ini sering disebut dengan sholat penutup malam. Namun, waktu yang paling utama adalah pada akhir malam. Tata cara melakukan sholat witir diikuti niat dahulu sebelum sholat witir. Sholat sunnah ini dapat dilakukan satu raka’at, tiga raka’at bahkan lebih. Akan tetapi, apabila anda ingin melakukan sholat witir ini tiga raka’at sekaligus tidak perlu menggunakan duduk tasyahud awal (langsung saja tiga raka’at sekaligus).

Keutamaan Sholat Witir

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya mengetahui dahsyatnya sholat witir yang banyak memiliki manfaat dan keutamaan sholat witir.

Sholat witir sebagai sholat tambahan

Apabila seorang muslim juga mengerjakan sholat witir, maka akan mendapatkan pahala tambahan sholat sunnah diantara waktu isya sampai subuh. Sebagai mana pada hadist berikut ini :

waktu shalat witir

Sebagai penyempurna sholat malam

Sholat witir ini adalah sholat penutup dari semua sholat malam yang dikerjakan umat muslim. Sholat malam akan menjadi sempurna apabila ditutup dengan sholat witir. Sebagaimana dijelaskan pada hadits berikut ini :

witir penutup shalat

Allah mencintai sholat witir

Seperti yang diketahui, Allah SWT sangat mencintai sesuatu yang ganjil. Rahasia sholat witir yang lain adalah akan dicintai Allah SWT karena raka’at sholat witir yang berjumlah ganjil, yaitu 1 raka’at atau 3 raka’at. Sebagaimana hal ini juga disebutkan di dalam hadist antara lain :

 

Sholat witir merupakan sholat yang lebih baik daripada unta merah

Daam sebuah hadist dijelaskan bahwa keutamaan sholat witir setiap malam adalah lebih baik daripada unta merah, sehingga dapat disimpulkan bahwa sholat witir lebih baik nilainya dari unta merah.

Akan dikabulkannya doa-doa

Waktu pelaksanaan sholat witir merupakan waktu yang sangat nyaman untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Doa-doa yang dipanjatkan ketika itu insya Allah akan dijabah oleh Allah SWT.

Malaikat akan menyaksikan sholatnya  seorang muslim tersebut

Barang siapa yang mengerjakan sholat malam di penguhujung malam, maka sholatnya akan disaksikan oleh malaikat dan malaikat tersebut akan ikut mendoakan seorang muslim tersebut kepada Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan pada hadist berikut :

Allah SWT memberi petunjuk dan kekuatan kepada hamba tersebut

Seorang muslim yang mengerjakan sholat witir akan kuat dalam menghadapi cobaan dan doanya akan senantiasa didengar oleh Allah SWT. Sholat witir ini disertakan doa qunut yang berfungsi sebagai doa pemohon petunjuk dan keselamatan Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dan keutamaan sholat witir. Ulasan belum semuanya tertulis tentang keutamaan sholat witir setiap hari dan tentunya masih manfaatnya dari mengerjakan sholat witir.  Semoga dengan mengetahuinya dapat kita terapkan dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan ataupun kekurangan dalam penulisan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Harapannya semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca artikel dan terima kasih.

Keutamaan Sholat Witir Dan Manfaatnya Yang Perlu Anda Ketahui | Rukun Islam | 4.5