4 Rahasia dan Keutamaan Sholawat Nabi Menurut Hadits

Keutamaan Sholawat Nabi Muhammad SAW – Langsung saja didalam Pengertian Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam di ajaran Islam adalah Pujian dan Doa yang ditujukan kepada Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang bisa diamalkan (dibacakan) oleh Setiap Muslim, sebagai bukti rasa hormat dan rasa cinta kita kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Dan perlu kalian ketahui bahwa Keutamaan Membaca Sholawat Nabi itu sangat banyak karena Sholawat Nabi ini termasuk kedalam Amalan Ibadah Sunnah Muakkad.

Dasar Hukum Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang Sunnah Muakkad tersebut, karena ada banyak Firman Allah SWT dan Sabda Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan dan menganjurkan Seorang Muslim untuk Bersholawat Nabi. Salah satunya bisa kalian lihat didlm Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an berbunyi : ” Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang2 yg beriman, bersholawatlah km untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada -nya (QS. Al-Ahzab, Ayat : 56) ”.

Adapun Dalil dan Hadits tentang Bersholawat Nabi, dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Janganlah kalian menjadikan rumah2 kalian kuburan, dan jangan-lah kalian menjadikan kuburan-ku sebagai tempat perayaan. Bershalawatlah kepada ku karna sesungguh-nya ucapan shalawat kalian akan sampai kepada ku dimanapun kalian berada (HR. Abu Daud) ”. Selain itu terdapat Hadits lainnya bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Orang yg pelit itu ialah orang yg ketika disebut namaku dia enggan bersholawat (HR. Tirmidzi) ”.

4 Keutamaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Sesuai Hadits

keutamaan sholawat nabi muhammad saw sesuai hadits

Setelah kalian cukup memahami tentang Perintah dan Anjuran Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah dijelaskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mengetahui Keutamaan dan Keistimewaan Sholawat Nabi Muhammad SAW yang bisa kalian dapatkan jika diamalkan (dibacakan) oleh kalian. Mungkin bisa kalian lihat dibawah ini ulasan tentang Keutamaan Sholawat Nabi Menurut Hadits yang antara lain :

1. Mendapatkan Pahala Banyak

Langsung saja untuk Keistimewaan Membaca Sholawat Nabi Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala yang banyak, karena kalian sebagai Orang Yang Beriman (Umat Mukmin) telah mengamalkan suatu Amalan Ibadah Sunnah Muakkad dan selain itu telah dijelaskan diatas bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pun telah memerintahkan dan menganjurkan bagi Setiap Muslim untuk membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

2. Dapat Menggugurkan Dosa

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Sesuai Hadits Yang Kedua adalah akan mendapatkan pahala, akan ditinggikan derajatnya di surga kelak dan akan digugurkan (dihapuskan) dosanya. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa membaca Shalawat kepada ku 1 kali, maka Allah akan membalasnya 10 kali, dan digugurkan dosanya 10 kali dan ditinggikan derajat baginya di Surga Kelak ”.

3. Akan Mendapatkan Syafa’at di Hari Kiamat

Lalu Rahasia Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Yang Ketiga adalah akan mendapatkan Syafaat dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam di hari kiamat nanti. Rahasia Bersholawat Nabi ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Amr bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa membaca Shalawat kepada ku dan meminta supaya mendapatkan wasilah dari ku. Maka ia berhak mendapatkan Syafa’at ku dihari kiamat kelak ”.

4. Dekat Dengan Rasulullah di Hari Kiamat

Manfaat Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Menurut Hadits Shahih Yang Keempat adalah akan dekat dengan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, dan Hadits Shahih Riwayat Baihaqi dlm Sunan Al Kubro bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Perbanyaklah bershalawat kepada ku di hari Jum’at karna sholawat umat ku akan diperlihatkan kepada ku di hari jumat. Barang siapa yg banyak bershalawat kepada ku, dialah yg paling dekat dengan ku besok dihari kiamat kelak ”.

Demikianlah ulasan tentang Keutamaan Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam menurut hadits shahih, dan semoga saja pembahasan tentang Sholawat Nabi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Setiap Pembaca Muslim – Muslimah di laman Rukun Islam ini karena Penulis Rukun Islam sangat meyakini bahwa diluar sana masih cukup banyak Pembaca Muslim Online yang belum begitu memahami tentang Keutamaan Membaca Sholawat Nabi sehingga dengan adanya ulasan ini maka bisa berguna bagi mereka yang membutuhkannya.

Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa sangat dianjurkan sekali bagi Kalian Umat Muslim untuk selalu membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan sangat baik jika dibacakan ketika kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya dan dibacakan (diamalkan) bebarengan saat ketika kalian membaca Dzikir Setelah Sholat Wajib┬ákarena perlu kalian ketahui juga sebagai Pembaca Muslim, bahwa Berdzikir merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang bisa kalian amalkan dan bacakan disetiap harinya.

4 Rahasia dan Keutamaan Sholawat Nabi Menurut Hadits | Rukun | 4.5