Hikmah dan Keutamaan Ziarah Kubur Dalam Islam

Tuesday, September 13th 2016. | Ziarah Kubur
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Keutamaan Ziarah Kubur – Pengertian Ziarah Kubur dalam Ajaran Islami mempunyai artian mengunjungi Pemakaman (Kuburan) dan mendoakan Arwah Ayah, Ibu, Kedua Orang Tua, Kakak, Adik, Suami, Istri, Anak, Para Wali, Para Ulama, Saudara maupun Teman Dekat yang sudah Meninggal Dunia karena untuk Hukum Melakukan Ziarah Kubur didalam Islam sendiri telah dibolehkan atau tidak dilarang karena merupakan salah satu Ibadah yang boleh dilakukan oleh setiap Muslim dan Nabi Muhammad Saw pun sudah memerintahkan kita untuk melakukan Ziarah Kubur.

Adapun Perintah Ziarah Kubur oleh Nabi Muhammad SAW untuk para Umatnya telah dijelaskan didalam beberapa Hadist Shahih yg berbunyi, ” Dahulu aku melarang kalian untuk melaksanakan Ziarah Kubur, tp sekarang lakukanlah Ziarah Kubur karena Ziarah Kubur bisa mengingatkan kalian semua akan Akhirat (Hadist Riwayat Ibnu Maajah no. 1569) ”. Lalu Perintah Melakukan Ziarah Kubur oleh Nabi Muhammad SAW dalam Sabdanya yg telah ditulis didlm Hadist Riwayat Muslim yang berbunyi, ” Berziarah Kuburlah karena Ziarah Kubur dapat mengingatkan Kalian akan Kematian (HR. Muslim no. 108) ”.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa melakukan Ziarah Kubur bukan merupakan perkara Bid’ah karena sekali lagi Ziarah Kubur telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilakukan oleh setiap Muslim dan perintah Nabi Muhammad SAW tentang Ziarah Kubur tersebut telah ditulis didalam Hadist – Hadist yang Shahih. Oleh sebab itu kalian sebagai Muslim Laki – Laki sebaiknya melakukan Ziarah Kubur baik Satu Minggu Sekali, Satu Bulan Sekali, Enam Bulan Sekali maupun Satu Tahun Sekali karena selain telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW, Keutamaan Melakukan Ziarah Kubur dan Manfaat Melakukan Ziarah Kubur sendiri cukup banyak sehingga sangat disayangkan jika tidak pernah melakukan Ziarah Kubur semasa hidupnya.

Hikmah Ziarah Kubur dan Keutamaan Ziarah Kubur dalam Islam

keutamaan-ziarah-kubur

Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang Kelebihan Melakukan Ziarah Kubur, ada baiknya jika kalian sebagai seorang Muslim di Indonesia mengetahui bahwa Waktu Melakukan Ziarah Kubur bisa dilakukan kapan saja karena tidak ada waktu khusus didalam melakukan Ziarah Kubur sehingga kalian sebagai seorang Muslim dapat melaksanakan Ziarah Kubur Setiap Hari atau melakukan di setiap Hari Jum’at, melakukan di Hari Raya Idul Fitri ataupun boleh Berziarah Kubur diwaktu kapanpun yang kalian bisa karena yang terpenting didalam Ziarah Kubur ialah mendoakan Arwah Bapak, Ibu, Kedua Orang Tua, Saudara maupun teman – teman anda yang sudah Meninggal Dunia.

Keutamaan Ziarah Kubur di Ajaran Islam

Kemudian untuk Keistimewaan Melakukan Ziarah Kubur yang pertama ialah akan mendapatkan Pahala Sunnah karena kalian sebagai seorang Muslim telah melakukan apa yang sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW dan Keistimewaan Ziarah Kubur kedua ialah Ziarah Kubur dapat mengingatkan kita sebagai seorang Muslim akan Kematian dan Akhirat, Nabi Muhammad SAW telah bersabda, ” Berziarah Kuburlah karena itu (Ziarah Kubur) bisa mengingatkan mu akan Akhirat (HR. Ibnu Majah) ” dan didalam Hadist Riwayat Muslim yg berbunyi, ” Berziarah Kuburlah karena itu (Ziarah Kubur) bisa mengingatkan mu akan Kematian (HR. Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Lalu didalam Keutamaan Ziarah Kubur ketiga ialah dapat melembutkan hati seperti yang telah disebutkan dalam Hadist Riwayat Al Haakim yg berbunyi, ” Dahulu aku pernah melarang km untuk Berziarah Kubur, namun sekarang ketahuilah hendaklah km Berziarah Kubur karena Ziarah Kubur dapat melembutkan hati, membuat Air Mata Berlinang (Menangis) dan dapat mengingatkan kalian akan Akhirat. Namun jangan sampai km mengatakan perkataan yg tak layak (Jorok) ketika Berziarah (Hadist Riwayat Al Haakim no. 1393 dan telah dishahihkan oleh Al Albani dlm Shahih Al Jaami no. 7584) ”.

Untuk Hikmah Melakukan Ziarah Kubur yang Keempat ialah Ziarah Kubur mampu membuat Hati tak terpaut akan Dunia dan tidak mementingkan terhadap Gemerlap Duniawi saja (ZUHUD), hal ini telah dijelaskan didalam Hadist Riwayat Al Haakim yg berbunyi, ” Dahulu Aku (Nabi Muhammad SAW) pernah melarang km untuk Berziarah Kubur, tetapi sekarang Berziarah Kuburlah kalian karena Ziarah Kubur dapat membuat kalian ZUHUD terhadap Dunia dan dapat mengingatkan kalian akan Akhirat (Hadist Riwayat Al Haakim no. 1387) ”.

Adapun Manfaat Ziarah Kubur selanjutnya ialah kita sebagai seorang Muslim bisa bersilahturahmi dengan mengunjungi Kuburan (Makam) Bapak, Ibu, Kedua Orang Tua, Saudara, Para Wali, Para Ulama dan Orang – Orang Yang Kita Cintai yang sudah Meninggal Dunia dan membaca Doa Ziarah Kubur untuk mereka semua saat melakukan Ziarah Kubur karena Doa kita sangat dibutuhkan bagi mereka yang sudah meninggal dunia, apalagi Doa dari Anak Sholeh sangat dibutuhkan oleh Bapak, Ibu dan Kedua Orang Tua yang sudah meninggal dunia karena terdapat Tiga Amalan (Ibadah) yang tak akan Putus walaupun sudah Meninggal Dunia yakni Ilmu yang bermanfaat, Sedekah Jariyah dan Doa dari Anak Sholeh (HR. Muslim).


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,